Aktifkan COD (Bayar di Tempat), Kepercayaan Pembeli Lebih Mudah Didapat

Hai, Seller! Apakah kamu termasuk satu dari banyak Seller yang ingin Tokopedia punya fitur COD (Bayar di Tempat)? Untuk menampung aspirasi dan memudahkan Seller menarik pembeli baru, Tokopedia kini menghadirkan COD (Bayar di Tempat). Dengan adanya pilihan pembayaran ini, pembeli pasti akan lebih tertarik untuk belanja di tokomu

Baca Juga: Cara Jadi Agen Loket Pembayaran Tagihan PLN dan Tagihan Rumah Tangga Lainnya

Fitur COD (Bayar di Tempat) punya banyak banget keuntungan dan berbagai keunggulan yang akan membantu penjual khususnya dalam memudahkan transaksi, terutama untuk masyarakat yang lebih nyaman untuk membayar non-tunai.  

Apa itu COD (Bayar di Tempat)? 

Fitur COD (Bayar di Tempat) adalah mekanisme pembelian barang di Tokopedia dengan melakukan pembayaran secara tunai kepada kurir setelah barang telah diterima. Dengan begitu, baik Seller dan pembeli sama-sama diuntungkan. Bagi Seller, fitur ini akan mendatangkan kepercayaan dari banyak calon pembeli, terutama kalangan yang belum terbiasa belanja online maupun tidak memiliki akses pembayaran non-tunai (kartu debit/kredit). Sementara untuk pembeli, fitur Bayar di Tempat menawarkan pengalaman belanja yang mudah, aman, dan nyaman.

Nah, ada kabar gambira nih untuk Seller, kini, fitur COD (Bayar di Tempat) sudah bisa digunakan oleh seluruh pengguna Tokopedia baik pengguna baru maupun pengguna yang sering bertransaksi di Tokopedia.

Apa saja keuntungan mengaktifkan COD (Bayar di Tempat) bagi Seller?

1. Jangkau lebih banyak calon pembeli

Fitur COD (Bayar di Tempat) ini juga bisa digunakan oleh seluruh pengguna Tokopedia. Ada banyak sekali kalangan yang bisa kamu jangkau dan raih kepercayaannya dengan fitur ini, di antaranya mereka yang masih lebih nyaman dengan metode pembayaran konservatif (tunai), dan mereka yang belum memiliki akses ke pembayaran online (kartu debit/kredit). Bila pembelanjaan pertama pengguna baru dengan Bayar di Tempat ini sukses, akan tumbuh rasa percaya dari pembeli terhadap tokomu. Setelah itu, diharapkan pembeli akan melakukan repeat order walau tidak lagi menggunakan metode Bayar di Tempat.

2. Transaksi terjamin

Sebagai Seller, kamu gak perlu khawatir jika barang hilang/rusak selama perjalanan, karena seluruh pengiriman menggunakan layanan Bayar di Tempat dilindungi asuransi. Selain itu, serah terima barang hanya dilakukan setelah pembeli memastikan kesesuaian produk dan melakukan pembayaran. Jika produk tidak diterima pembeli, produk akan dikembalikan ke Seller, lalu biaya kirimnya akan ditanggung Tokopedia.

3. Tanpa Biaya

Seller tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk mengaktifkan Bayar di Tempat.

Tampilan fitur COD (Bayar di Tempat) di mata pembeli

Pembeli bisa melihat produk mana yang bisa menggunakan fitur COD (Bayar di Tempat) ini dengan logo biru bertuliskan “COD (Bayar di Tempat)”.

Cara Kerja fitur COD (Bayar di Tempat)

1. Aktivasi fitur COD (Bayar di Tempat)

Aktifkan kurir SiCepat terlebih dahulu. Langkah selanjutnya, aktifkan fitur Bayar di Tempat melalui halaman pengaturan toko, pada tab “Layanan”. Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Masuk ke akun Seller atau Halaman Tokopedia Seller lalu pilih “Pengaturan Toko” dan klik “Layanan”

 2. Cek ke bagian “Bayar di tempat” lalu klik “saya setuju SnK” dan pilih “Aktifkan Layanan”

2. Aktifkan layanan Sicepat

Masih pada halaman Pengaturan Toko, lalu masuk ke bagian “Pengiriman” lalu klik kurir SiCepat

3. Terima Pesanan

Lakukan proses ini seperti pada pesanan lain. Setelah terima pesanan berhasil, kamu akan menerima nomor resi booking yang dapat dilihat pada tab Konfirmasi Pengiriman.

4. Konfirmasi Pengiriman

Pada tab “Konfirmasi Pengiriman”, pastikan kamu mencetak label pengiriman dengan klik “Cetak” pada pesanan. Lalu, tempelkan label pengiriman yang mengandung barcode resi pengiriman pada paket yang akan dikirim. Seluruh pengiriman Bayar di Tempat wajib mencetak label pengiriman agar kurir dapat membedakan paket Bayar di Tempat dari paket biasa dan melakukan penagihan pembayaran pada pembeli.

5. Request Pick Up

Setelah barang siap dikirim, klik “Request Pickup” pada pesanan SiCepat. Penjemputan (pickup) akan dilakukan maksimal 1×24 jam sejak Seller melakukan request pickup (tidak termasuk hari libur). Setelah itu, pesanan akan pindah ke tab Status Pengiriman.

*Ketika kurir SiCepat datang untuk menjemput barang, kurir akan melakukan scan barcode resi pengiriman. Sesudah di-scan, dalam waktu maksimal 1 jam, status pesananmu akan otomatis berubah menjadi “Dalam pengiriman” sehingga kamu tidak perlu lagi menginput resi, dan pembeli pun sudah bisa mulai melacak status pengiriman.

6. Transaksi berhasil

Ketika barang sudah diantarkan kurir dan diterima oleh pembeli, kemudian pembeli menyelesaikan transaksi, dana penjualan akan otomatis masuk ke Saldo Penghasilan Seller (dipotong biaya pengiriman). Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi membayar biaya pengiriman ke kurir ataupun agen SiCepat.

Baca Juga: Tips & Trik Pemasaran Bisnis dengan Budget Terbatas

Syarat dan ketentuan penggunaan fitur COD (Bayar di Tempat)

  1. Fitur COD (Bayar di Tempat) di Tempat hanya berlaku menggunakan kurir SiCepat.
  2. Maksimal harga barang dalam satu transaksi Bayar di Tempat adalah Rp2.500.000
  3. Seluruh kategori produk dapat diikutsertakan dalam fitur Bayar di Tempat, kecuali produk kategori Makanan & Minuman
  4. Penjual wajib mencetak label pengiriman dan menempelkannya pada paket yang akan dikirim. Jika label tidak disertakan, seluruh potensi kerugian akan ditanggung oleh Seller.
  5. Bila menerima pesanan Bayar di Tempat, Seller tidak dapat melakukan pergantian kurir.
  6. Fitur ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna di Tokopedia baik pengguna baru maupun pengguna yang pernah bertransaksi di Tokopedia dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pengguna baru: dapat menggunakan fitur ini secara gratis (tanpa biaya jasa COD) pada 3 (tiga) transaksi pertama, dan seterusnya akan dikenakan biaya jasa 2% dari nilai transaksi (nilai produk, ongkos kirim, dan asuransi – apabila menggunakan)
    2. Pengguna lama: dapat menggunakan fitur ini dengan dikenakan biaya jasa COD sebesar 2% dari nilai transaksi (nilai produk, ongkos kirim, dan asuransi – apabila menggunakan)

Fitur COD (Bayar di Tempat) tersedia di daerah-daerah berikut

Kini fitur bayar di tempat sudah dapatdinikmati oleh calon pembeli di beberapa daerah. Untuk mengetahui daerah kamu termasuk wilayah jangkauan fitur Bayar di Tempat atau tidak, cek di sini ya!


Hal yang sering ditanyakan

1. Apakah uang pembayaran akan diantarkan kurir ke Seller setelah menerimanya dari pembeli?

Kurir tidak perlu mengantarkan uang kepada Seller. Dana penjualan akan secara otomatis masuk ke Saldo Tokopedia Seller setelah transaksi berhasil dilakukan.

2. Bagaimana jika pembeli tidak ada di tempat/menolak untuk membayar tagihan?

  • Pembeli dapat melakukan pengembalian barang atau retur bila belum membuka paket dan tidak perlu memberikan uang pembayaran kepada kurir.
  • Apabila paket sudah dibuka namun pembeli ingin melakukan pengembalian, pembeli wajib membayar kemudian mengajukan komplain pengembalian barang atau retur melalui Pusat Resolusi.

3. Apakah Fitur COD (Bayar di Tempat) memiliki biaya tambahan lain?

  • Seller tidak akan dikenakan biaya apa pun
  • Untuk pengguna/pembeli baru akan dikenakan biaya layanan sebesar 2% (dua persen) dari total transaksi mulai transaksi keempat.
  • Untuk pengguna yang sudah pernah bertransaksi di Tokopedia akan dikenakan biaya layanan sebesar 2% (dua persen) dari total transaksi

Aktifkan layanan COD (Bayar di Tempat), supaya toko kamu semakin ramai pembeli.

Aktifkan Sekarang

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller