Fitur Alokasi Stok! Langkah Mudah Pantau Stok Produk untuk Diskon Toko dan Kejar Diskon

Hai Seller, kini ada fitur baru, fitur Alokasi Stok, fitur ini akan muncul pada halaman Daftar Produk setelah kamu berhasil membuat campaign Tokopedia seperti Diskon Toko dan Kejar Diskon. Dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah memantau pembagian stok produk antara stok utama dan stok campaign dengan lebih efisien.

Cara kerja fitur Alokasi Stok

Berikut mekanisme fitur Alokasi Stok.

  1. Fitur ini hanya akan muncul pada halaman Daftar Produk setelah produkmu berhasil terdaftar pada campaign Diskon Toko dan Kejar Diskon.
  2. Jumlah stok maksimum yang dapat dialokasikan menjadi stok campaign adalah sejumlah stok utama.

Perhatikan ilustrasi berikut

3. Ketika produkmu telah berhasil terdaftar pada Kejar Diskon atau Diskon Toko, jumlah stok produk pada stok utama akan otomatis berkurang karena telah dialokasikan untuk stok campaign tersebut meskipun periode campaign Diskon Toko dan Kejar Diskon belum dimulai.

4. Setelah periode Kejar Diskon atau Diskon Toko berakhir, sisa stok campaign akan dikembalikan secara otomatis ke stok utama produkmu.

Cara kerja fitur Alokasi Stok

Berikut ilustrasi cara kerja fitur Alokasi Stok.

A. Cara kerja fitur Alokasi stok pada Diskon Toko

  1. Masuk ke halaman Iklan & Promosi lalu pilih Diskon Toko.
  2. Pada halaman pengaturan diskon, pilih produk untuk Diskon Toko.
  3. Atur harga diskon/diskon persentase, kuota, maks order per invoice, serta periode diskon, lalu klik ‘Simpan’.
  4. Pada halaman Daftar Produk, setelah diskon berhasil diaktifkan, seller akan menemukan tombol Atur Alokasi sesuai dengan kuota yang sudah diisi pada halaman pengaturan diskon.

Baca juga: Mudahnya Atur Diskon dengan Fitur Diskon Toko Khusus Official Store

B. Cara kerja fitur Alokasi stok pada Kejar Diskon

  1. Masuk ke halaman Iklan & Promosi Toko lalu pilih ‘Flash Sale’
  2. Pilih tipe Flash Sale Kejar Diskon yang ingin kamu ikuti dan klik Daftar.
  3. Pada halaman flash sale, pilih produkmu dan masukkan harga campaign dan stok campaign. Lalu klik “Ajukan Produk”
  4. Kamu tinggal menunggu proses seleksi selesai dan kembali untuk cek hasil seleksi produk diterima/ditolak setelah seleksi selesai pada Kejar Diskon yang kamu daftarkan.
  5. Jika produkmu diterima untuk mengikuti campaign, kamu akan menemukan tombol Atur Alokasi pada halaman Daftar Produk sesuai dengan stok campaign yang sudah diisi pada halaman pengaturan Flash Sale.

Baca juga: Langkah Mudah Mendaftarkan Produk pada Kejar Diskon

Hal yang sering ditanyakan

1. Apakah saya bisa melakukan penambahan atau pengurangan stok utama pada saat periode Diskon Toko/Kejar Diskon sedang berlangsung?

Bisa. Stok utama produkmu dapat kamu ubah ketika campaign berlangsung. Kamu dapat mengubah stok utama produkmu dengan cara manual melalui halaman Daftar Produk maupun secara sekaligus menggunakan fitur ‘Ubah Sekaligus’.

Baca juga: Ubah Informasi Produk Sekaligus dengan fitur ‘Ubah Sekaligus’

2. Apakah saya bisa melakukan penambahan atau pengurangan stok campaign pada saat periode Diskon Toko/Kejar Diskon sedang berlangsung?

Tidak. Stok campaign hanya bisa diatur sebelum pada saat Status Diskon produk tersebut “Akan Datang”, yaitu sebelum periode Diskon Toko dimulai. Pada Kejar Diskon, kamu bisa mengubah Stok campaign pada produk yang sudah kamu ajukan selama masih dalam periode pendaftaran produk, setelah masa pendaftaran ditutup Stok campaign tidak dapat diubah.

3. Bagaimana jika terjadi pembatalan pesanan ketika Diskon Toko/Kejar Diskon berlangsung?

Jika terjadi pembatalan pesanan ketika periode diskon berlangsung, maka jumlah stok yang dibatalkan pada pesanan tersebut akan kembali ke Stok campaign, sehingga produk tersebut masih bisa dibeli selama periode Diskon Toko/Kejar Diskon masih berlangsung. 

Namun, jika pesanan dibatalkan karena “Stok Habis” Stok campaign produkmu menjadi 0 (nol) dan Diskon Toko yang masih berlangsung pada produk tersebut akan otomatis dihentikan oleh sistem. 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller