[Admin Toko] 8 Peran Admin Ini Bikin Makin Sat-Set Waktu Banjir Pesanan

Anti panik waktu ada lonjakan orderan saat Anniversary Tokopedia, Admin Toko bikin pengelolaan toko makin efisien!

Diperbarui 30 Apr  • Baca 3 menit

Tahukah kamu bahwa momen ulang tahun Tokopedia adalah salah satu momen yang ramai dikunjungi calon pembeli? Nah, biar kamu nggak kewalahan dalam memproses pesanan sudah saatnya kamu memanfaatkan peran Admin Toko nih!

Admin Toko bisa bantu kamu untuk mengelola pesanan biar kamu nggak membatalkan pesanan dan juga tetap gercep balas chat dari calon pembeli. Pembatalan pesanan dapat berakibat fatal untuk trafik tokomu kedepannya, simak tips berikut agar hal tersebut dapat kamu hindari.

Mau tahu cara mengoptimalkan operasional toko saat momen Tokopedia Anniversary? Yuk, langsung baca handbook-nya di bawah ini

Lebih jelasnya tentang peran Admin Toko, cek di bawah ini ya!

Nah, itulah 8 peran Admin Toko Tokopedia yang dapat kamu bagikan kepada admin tokomu. Kamu bisa menggunakan Admin Toko dengan bebas biaya atau berbayar dengan ketentuan di bawah ini.

Perbedaan penggunaan Admin Toko berdasarkan jenis toko

  1. Official Store berhak menggunakan 5 Admin Toko dengan bebas biaya dan mendapatkan tambahan peran untuk Kelola Keuangan.
  2. Power Merchant & Power Merchant PRO dapat menggunakan 1 Admin Toko dengan bebas biaya.

Nah, jika kamu ingin menambah atau menggunakan fitur Admin Toko, kamu akan dikenai biaya per adminnya. Biaya penggunaan Fitur Admin Toko adalah Rp150.000/3 bulan. Harga berlaku kelipatan sesuai dengan periode yang kamu inginkan.

Misalnya:

Tokomu adalah Power Merchant. Kamu sudah menggunakan 1 admin toko dan ingin menambah 1 admin toko lagi. Kamu mendaftarkan 1 admin toko lagi selama 6 bulan, maka kamu harus membayar Rp300.000.

Nah, fitur Admin Toko ini baru bisa kamu atur di Desktop saja ya. Buat kamu yang belum pernah menggunakan fitur Admin Toko, yuk ketahui bagaimana cara menambah fitur Admin Toko di Tokopedia.

Cara Menggunakan fitur Admin Toko

Fitur Admin Toko hanya dapat diakses melalui desktop. Berikut cara menggunakan fitur ini.

1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller, lalu klik dan klik ‘Tambah Admin’

2. Pada halaman ini, kamu harus mengatur beberapa hal sebelum melakukan pembayaran.

  1. Pilih periode akses admin toko dan jumlah Admin Toko yang ingin kamu daftarkan.
  2. Setelah itu, masukkan nomor HP admin tokomu sesuai nomor HP yang digunakan admin tokomu untuk akun Tokopedia-nya ya.
    PENTING: Kamu hanya bisa menambahkan admin yang sudah memiliki akun Tokopedia.
  3. Periksa kembali apakah nama dan email terdaftar admin kamu sudah sesuai.
  4. Pilih jenis akses yang ingin kamu berikan kepada Admin Toko kamu. Di sini, kamu boleh memilih lebih dari 1 akses.
  5. Klik ‘Pilih Pembayaran’ untuk Admin Toko di luar kuota bebas biaya dari Tokopedia (Jika kamu memiliki kuota bebas biaya, maka lewati langkah ini dan klik ‘Kirim Akses’).

3. Masukkan kode OTP tokomu lalu klik ‘Lanjut Bayar’

4. Cek kembali detail pesananmu, setelah sesuai, klik ‘Pilih Metode Pembayaran’ dan lakukan pembayaran dengan segera.

5. Jika pembayaranmu berhasil, maka kamu telah sukses menambahkan slot admin toko di tokomu dan mengundang admin tersebut untuk menjadi salah satu admin tokomu.
PENTING: Admin yang sudah kamu undang harus mengonfirmasi undangan kamu terlebih dahulu sebelum bisa menjalankan tanggung jawabnya sebagai admin tokomu, ya!

Cara Admin Menerima Undangan

Sekarang, beralih ke admin kamu. Setelah kamu melakukan 5 hal di atas, maka admin yang kamu undang akan mendapatkan notifikasi di Pusat Notifikasi (Notification Center) di akunnya. Notifikasi undangan ini dapat diakses di semua platform Tokopedia (Desktop, Android, iOS). Berikut 3 langkah yang harus admin lakukan:

  1. Admin harus mengonfirmasi undangan kamu agar dapat membantumu mengoperasikan toko. Caranya, klik notifikasi undangan yang diterima melalui Pusat Notifikasi (Notification Center), baik di platform Desktop, Android, maupun iOS. Pastikan untuk segera klik undangannya, karena undangan admin hanya berlaku selama 7 hari.

2. Klik ‘Terima Akses’ pada halaman terima/tolak akses admin. Jika admin yang diundang belum memiliki email terdaftar pada akun Tokopedia-nya, maka admin akan diarahkan untuk sekaligus mengisi dan melakukan verifikasi email agar operasional toko lebih lancar.

3. Klik ‘Masuk Toko’ dan selesai deh. Admin Tokomu siap membantumu. Jangan lupa untuk ajarkan mereka mengelola tokomu ya.

Baca juga:

Cara Seller Memantau Proses Undangan Admin

Selama admin masih dalam proses menerima undangan kamu, kamu juga bisa pantau status undangannya melalui halaman Pengaturan Admin. Ada 2 status admin yang penting untuk kamu ketahui:

  1. Menunggu konfirmasi admin: Admin kamu belum terima maupun tolak undangan kamu. Kamu juga bisa melihat kapan masa berlaku 7 hari undangannya habis. Notifikasi undangan akan secara otomatis dikirim ke admin setiap hari selama admin belum terima atau tolak akses.
  2. Admin menolak undangan: Admin kamu menolak undangan kamu, atau masa berlaku undangannya sudah habis. Kamu bisa langsung mengirim ulang undangannya sebanyak 1 kali. Masa berlakunya tetap sama, yaitu 7 hari.

Mudah kan? Kamu juga bisa menambahkan akses Admin Toko lainnya juga lho, caranya ikuti tahapan-tahapannya seperti di atas.

[Catatan khusus]

Pastikan admin yang pada saat ini sudah menjadi Admin Toko kamu juga melakukan verifikasi nomor HP. Hal ini penting untuk membantu kelancaran operasional toko dan meningkatkan keamanan akun Admin!

Baca juga:

Jika ada admin, kamu nggak lagi ribet mengurus penjualan dan tokomu, jadi, jangan ragu-ragu untuk mencobanya ya, Seller! Yuk gunakan fitur Admin Toko sekarang!

Baca juga:

Yuk, cari tahu lagi!

Fitur Admin Toko

Akses Melalui Desktop

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual