Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Cara Cepat Proses Pesanan dengan Filter, Urutkan, dan Pencarian!

Mudah prioritaskan pesanan dengan fitur Filter dan Urutkan

Diperbarui 10 Aug Baca 2 menit

Hai, Seller! Kamu pasti pernah deh merasa kerepotan karena banyaknya pesanan yang masuk, siap dikirim, hingga harus Request Pick Up. Tenang! Sekarang kamu bisa dengan mudah menyortir pesanan sesuai kebutuhanmu pakai fitur Pencarian, Filter, dan Urutkan.

Dengan menggunakan cara ini, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk scroll halaman Pesanan sampai bawah. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Pencarian, Filter, dan Urutkan?

Pencarian, Filter, dan Urutkan adalah fitur yang terdapat pada halaman Pesanan di Tokopedia yang dapat mempermudah Seller untuk memproses dan menentukan prioritas pesanan dengan lebih cepat dan tanpa khawatir terlewat, dengan detail sebagai berikut:

1. Pencarian

Mencari informasi pesanan melalui nama pembeli, nama produk, nomor resi atau invoice.

2. Filter

Memfilter jenis pesanan berdasarkan tipe pesanan, jenis kurir, dan label.

  • Baru! Tipe pesanan meliputi Pre Order, Request Pick Up, Bayar di Tempat, hingga Dilayani Tokopedia dan Non-Dilayani Tokopedia. Sebagai informasi, pilihan Dilayani Tokopedia dan Non-Dilayani Tokopedia akan otomatis muncul khusus untuk Seller yang tergabung dengan Dilayani Tokopedia, sehingga Seller lebih mudah untuk memfilter tipe pesanannya.
  • Kurir meliputi TIKI, JNE, SiCepat, Anteraja, GrabExpress, GoSend, dan lainnya
  • Label meliputi label yang Belum Dicetak dan Sudah Dicetak

3. Urutkan

Mengurutkan informasi pesanan berdasarkan transaksi terbaru atau terlama

Cara menggunakan Pencarian, Filter, dan Urutkan di Desktop

  1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller lalu klik Pesanan
  2. Jika kamu ingin melakukan pencarian nama pembeli, produk, nomor resi, atau invoice kamu dapat ketik informasi yang kamu butuhkan di kolom pencarian, lalu tekan Enter. Dalam beberapa detik, informasi yang kamu butuhkan akan keluar.

Catatan: Jangan lupa atur jarak tanggal pesanan yang ingin kamu cek, misalnya 1 Maret 2022 hingga 1 Juni 2022 karena biasanya pesanan Pre-Order memiliki jarak tanggal yang lebih lama

article

3. Jika kamu ingin memfilter pesanan berdasarkan tipe pesanan, jenis kurir, atau label, maka klik kolom Pilih Filter, lalu pilih jenis filter yang diinginkan.

article

Catatan: Khusus untuk Seller Dilayani Tokopedia, pilihan Dilayani Tokopedia dan Non-Dilayani Tokopedia akan otomatis muncul seperti dibawah ini.

article

4. Jika kamu ingin mengurutkan pesanan berdasarkan waktu pesanan, maka klik kolom Urutkan, kemudian pilih jenis sortir yang diinginkan.

article

Cara menggunakan Pencarian, Filter, dan Urutkan di aplikasi Tokopedia dan Tokopedia Seller (khusus Android)

  1. Pilih menu Pesanan
  2. Jika kamu ingin melakukan pencarian nama pembeli, produk, nomor resi, atau invoice, ketik informasi yang kamu butuhkan di kolom pencarian, lalu beberapa detik kemudian pesanan yang dicari akan otomatis muncul.

Catatan: Jangan lupa atur jarak tanggal pesanan yang ingin kamu cek, misalnya 1 Maret 2022 hingga 1 Juni 2022 karena biasanya pesanan Pre-Order memiliki jarak tanggal yang lebih lama

article

3. Jika kamu ingin memfilter pesanan berdasarkan tipe pesanan, jenis kurir, atau label, maka klik kolom Filter, lalu pilih jenis filter yang diinginkan, lalu klik Tampilkan

article

Catatan: Khusus untuk Seller Dilayani Tokopedia, pilihan Dilayani Tokopedia dan Non-Dilayani Tokopedia akan otomatis muncul seperti dibawah ini.

article

4. Jika kamu ingin mengurutkan pesanan berdasarkan waktu pesanan masuk, maka klik kolom “Filter’ lalu pilih urutan yang diinginkan.

 

article

Mudah banget kan Seller? Yuk, proses pesanan lebih praktis dengan memanfaatkan Filter, Urutkan, dan Pencarian yang ada di halaman Pesananmu!

Baca Juga: Praktis Proses Pesanan Pembeli melalui Aplikasi Tokopedia Seller

Apakah informasi ini membantu?

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual