Etika Jualan Online yang Perlu Kamu Tahu

Etika Jualan Online – Ketika kamu memutuskan untuk masuk ke dunia usaha, baik itu usaha online maupun offline, kamu harus sudah menyiapkan semuanya dengan matang, salah satunya adalah mengetahui etika bisnis. Etika dalam berbisnis harus diperhatikan karena kamu akan sering berkomunikasi dengan banyak orang. Seperti saat memulai usaha online, kamu tidak akan melihat secara langsung konsumen yang akan membeli produkmu. Oleh karena itu, etika sangatlah penting dalam upaya untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Banyak kegagalan transaksi online terjadi karena konsumen yang tidak percaya kepada sang penjual. Oleh karena itu, etika seorang pebisnis harus sangat diperhatikan. Kita harus bisa membuat konsumen percaya dan puas atas pelayanan yang kita berikan.

Untuk itu, kamu yang baru ingin memulai usaha online harus belajar dan lebih memperhatikan etika saat berkomunikasi dengan konsumen agar produk usahamu dicintai karena rasa puas yang mereka terima. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Etika Jualan Online

1. Selalu Bersikap Ramah Kepada Pembeli

Saat berjualan online kamu akan menemukan tipe karakter konsumen yang pastinya berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu harus selalu bersikap ramah kepada konsumen untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Tidak hanya kesan pertama, mempertahankan image sebagai toko online yang baik dan ramah harus selalu dipertahankan karena keramahan adalah salah satu hal yang dapat membuat pembeli kembali lagi untuk membeli.

 Baca juga: Tips Meningkatkan Pelayanan Toko

2. Membalas Semua Pertanyaan yang Diajukan Pembeli

Terkadang konsumen online akan lebih sering bertanya untuk memastikan barang yang akan dia beli memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Kamu sebagai penjual harus membalas semua pertanyaan yang diajukan oleh konsumen agar mereka merasa lebih yakin dengan produk yang dijual. Dengan begitu, mereka tidak akan ragu untuk lagi untuk membeli di tokomu.

3. Selalu Menyapa dengan Panggilan yang Sopan

Untuk awal yang baik saat dimulainya komunikasi biasakan untuk memanggil konsumen dengan panggilan bapak atau Ibu. Tetapi tergantung juga dari target konsumenmu, panggilan bisa berdasarkan dari usia dan gender. Sebagai komunikasi awal kamu harus memanggil mereka dengan sebutan yang sopan sehingga konsumen merasa lebih dihormati.

4. Tidak Menyalahgunakan Data Pembeli

Dalam proses jual beli online, konsumen otomatis akan memberikan alamat atau nomor telepon secara lengkap karena data tersebut diperlukan untuk transaksi dan pengiriman barang yang telah dipesan. Walaupun kamu telah mengetahui data yang bersifat pribadi itu, kamu tidak berhak untuk menggunakannya diluar kepentingan transaksi. Itu karena privasi konsumen harus selalu dijaga secara rahasia.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Pemasaran dalam Bisnis Online Ini!

5. Jujur dalam Menuliskan Deskripsi Barang

Kejujuran merupakan hal yang penting dalam memulai usaha apapun. Jika kamu tidak jujur sudah pasti usaha kamu tidak akan maju. Salah satu kejujuran yang harus diperhatikan adalah saat kamu menaruh deskripsi penjelasan seputar barang yang kamu jual. Kamu harus memberikan penjelasan yang benar tentang produk. Jika sampai kamu memberikan keterangan palsu, maka konsumen tidak akan percaya pada tokomu. 

6. Packing Barang dengan Rapi

Sebagai penutup atau balasan terima kasih kepada konsumen karena telah membeli barang jualan, jangan lupa untuk membungkus barang dengan rapi dan baik agar barang sampai ditujuan dengan selamat dan hal itu menambah kesan baik usahamu di mata konsumen.

Baca juga: Kemasan Yang Mengesankan, Kunci Kesuksesan!

Itu dia beberapa etika yang harus kamu perhatikan saat memulai usaha online. Bersikap baik tentu saja tidak hanya dilakukan saat kamu memiliki usaha, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah kalau etika adalah kesan awal orang lain melihat karakter pribadimu.

Terutama dalam berusaha online, etika merupakan hal yang penting karena kamu tidak akan bertemu langsung dengan konsumen. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Sellers!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller