Info COVID-19: Imbauan untuk Seller Tokopedia di Tengah Pandemi Virus Corona

Sudah 6 bulan lamanya Indonesia dihadapkan dengan pandemi virus Corona (COVID-19), angka penyebaran virus Corona ini terus bertambah hingga diterapkannya PSBB Jilid 2 di DKI Jakarta. Melihat situasi pandemi yang belum juga kondusif, penting bagi kita untuk tetap tenang dan ikut berperan aktif dalam mencegah penyebarannya. 

Baca juga: Kebijakan PSBB di Wilayah DKI Jakarta

Pemerintah menyarankan masyarakat untuk tinggal di rumah dan mematuhi protokol kesehatan jika harus keluar rumah agar penularan virus Corona dapat diatasi dengan cepat. Dengan kebijakan PSBB  yang mulai berlaku tanggal 14 September 2020, belanja online merupakan salah satu solusi meredam penyebaran virus Corona karena masyarakat dapat membeli kebutuhan mereka dari rumah dan mengurangi risiko penularan dengan pergi ke tempat ramai.

8 hal yang bisa Seller Tokopedia lakukan di tengah PSBB Jakarta dan pandemi COVID-19

Berikut 8 hal yang bisa kamu lakukan sebagai wujud mengambil langkah nyata dalam berkontribusi positif bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi virus Corona. 

1. Membatasi ruang kerja maksimal 25% dari kapasitas ruangan

Pemerintah DKI Jakarta menganjurkan para pelaku usaha untuk membatasi jumlah orang di dalam ruang kerja dengan maksimal 25% dari kapasitas ruangan. Nggak hanya itu, ajak karyawanmu untuk menaati protokol kesehatan seperti selalu berjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun sebelum mulai bekerja.

2. Berikan harga jual produk sewajarnya

Di tengah masa sulit ini, penting bagi kita bersama memastikan harga-harga tetap terjaga normal agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan. Harga produk yang tidak sewajarnya dapat menyebabkan produkmu diturunkan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Tokopedia.

Baca selengkapnya: Syarat dan Ketentuan Tokopedia

3. Jangan menimbun barang yang dibutuhkan oleh masyarakat

Penanganan virus Corona memerlukan gotong-royong setiap pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Mari pastikan ketersediaan kebutuhan pokok terus tersedia dan mudah dijangkau oleh pembeli. 

4. Gunakan penamaan produk yang benar

Gunakan rumus penamaan produk “Nama/Jenis Produk + Merek + Keterangan” agar masyarakat dapat menemukan produk sesuai dengan barang yang mereka cari. Penamaan produk dengan keterangan yang tidak relevan dapat menyebabkan produkmu tidak optimal di pencarian pembeli.

5. Lakukan transaksi penjualan pada platform Tokopedia 

Agar transaksi penjualanmu terjamin keamananya, lakukan transaksi penjualan pada platform Tokopedia saja. Hubungi pembeli melalui aplikasi Tokopedia dan kirim barang dengan partner-partner logistik yang tersedia.

Baca juga: Penyebab tokomu dimoderasi

6. Lakukan pengiriman barang sesuai tata tertib COVID-19

Agar pengiriman paket tetap aman selama pandemi COVID-19, kamu dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Lakukan serah terima barang dengan minim kontak (contactless delivery) seperti menggantung barang di atas pagar atau tempat yang telah disepakati oleh kurir
  • Semua masyarakat (sehat maupun sedang kurang enak badan) wajib memakai masker kain ketika beraktivitas di luar rumah, khususnya saat melakukan serah terima barang
  • Kurangi transaksi dengan uang fisik dan gunakan pembayaran online atau Non Tunai
  • Setelah memegang paket, hindari menyentuh area wajah
  • Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik setelah serah terima barang

Baca juga: Tips Serah Terima Barang yang Aman di Tengah Pandemi COVID-19

7. Tolak pesanan pembeli jika tidak bisa memenuhi pesanan tersebut

Jika kamu tidak bisa memenuhi pesanan pembeli karena satu dan lain hal, kamu bisa menolak pesanan pembeli dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke halaman pesanan, pelajari pesanan dari pembeli dengan saksama.
  • Jika dirasa tidak bisa memenuhi pesanan tersebut, klik 3 titik di sebelah tombol ‘Terima Pesanan’ seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik ‘Tolak Pesanan’.
  • Berikan alasan kenapa kamu menolak pesanan tersebut. Klik ‘Selanjutnya’.

  • Kemudian klik ‘Tolak Pesanan’ untuk menolak pesanan tersebut. Ingat, pastikan kamu menolak pesanan pembeli sebelum pesanan tersebut kamu terima agar skor performa tokomu tidak berkurang.

8. Atur status tokomu menjadi ‘Tutup’ jika kamu ingin tutup toko sementara

Jika kegiatan operasional toko mu terganggu di tengah masa sulit ini dan kamu ingin tutup toko sementara, lakukan langkah-langkah berikut untuk tutup tokomu agar tidak menerima pesanan dari pembeli. 

  • Masuk ke halaman pengaturan toko
  • Pada bagian ‘Status Toko’, isi tanggal tutup tokomu kemudian klik ‘Tutup Sekarang’ lalu klik ‘Atur’ untuk mengaktifkan jadwal tutup toko.

Meskipun sedang menghadapi kondisi yang sulit, mari tetap optimis bahwa kondisi ini akan segera membaik dan kita semua bisa beraktivitas normal kembali. Ayo ikut ambil bagian dalam menghadapi situasi ini dengan melakukan 8 hal yang sudah disebutkan di atas. Tetap semangat ya, Seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller