Info COVID-19: Imbauan untuk Seller Tokopedia di Tengah Pandemi Virus Corona

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang sedang kita hadapi, penting bagi kita untuk tetap tenang dan ikut berperan aktif dalam mencegah penyebarannya. 

Pemerintah menyarankan masyarakat untuk tinggal di rumah agar penularan virus Corona dapat diatasi dengan cepat. Belanja online merupakan salah satu solusi meredam penyebaran virus Corona karena masyarakat dapat membeli kebutuhan mereka dari rumah dan mengurangi risiko penularan dengan pergi ke tempat ramai.

9 hal yang bisa Seller Tokopedia lakukan di tengah pandemi virus Corona

Berikut 8 hal yang bisa kamu lakukan sebagai wujud mengambil langkah nyata dalam berkontribusi positif bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi virus Corona. 

1. Berikan harga jual produk sewajarnya

Di tengah masa sulit ini, penting bagi kita bersama memastikan harga-harga tetap terjaga normal agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan. Harga produk yang tidak sewajarnya dapat menyebabkan produkmu diturunkan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Tokopedia.

Baca selengkapnya:  Syarat dan Ketentuan Tokopedia

2. Jangan menimbun barang yang dibutuhkan oleh masyarakat

Penanganan virus Corona memerlukan gotong-royong setiap pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Mari pastikan ketersediaan kebutuhan pokok terus tersedia dan mudah dijangkau oleh pembeli.

Tokopedia akan memberikan pemotongan biaya layanan sebesar 100% di beberapa kategori, khususnya bagi produk kesehatan dan kebutuhan sehari-hari. Informasi lengkap kebijakan ini dapat dilihat di sini.

3. Segera request pick up paket setelah siap

Apabila lokasi tokomu berada di pusat perbelanjaan atau pertokoan, dan ada batasan jam operasional oleh pengelola selama masa tanggap COVID-19 , segera proses pesanan yang masuk ke dengan lebih cepat dan segera request pick up.  Hal ini untuk menghindari barang gagal terpick up karena jam operasional pusat perbelanjaan sudah tutup, dan menyebabkan durasi proses pengiriman menjadi lebih lama.

Contoh :

Jam Operasional Pertokoan  SLA untuk pickup Instant Kurir 1 Jam SLA untuk pickup Same Day Service 4 Jam
09:00 – 15:00 Maksimum request pickup jam 13:00 Maksimum request pickup jam 10:00
08:00 – 17:00 Maksimum request pickup jam 15:00 Maksimum request pickup jam 12:00

* Sebaiknya Seller memberikan jeda waktu 1 jam sebelum SLA pickup tersebut agar lebih aman dan bisa di-pickup oleh kurir.

4. Gunakan penamaan produk yang benar

Gunakan rumus penamaan produk “Nama/Jenis Produk + Merek + Keterangan” agar masyarakat dapat menemukan produk sesuai dengan barang yang mereka cari. Penamaan produk dengan keterangan yang tidak relevan dapat menyebabkan produkmu tidak optimal di pencarian pembeli.

5. Lakukan transaksi penjualan pada platform Tokopedia 

Agar transaksi penjualanmu terjamin keamananya, lakukan transaksi penjualan pada platform Tokopedia saja. Hubungi pembeli melalui aplikasi Tokopedia dan kirim barang dengan partner-partner logistik yang tersedia.

Baca juga: Penyebab tokomu dimoderasi

6. Tolak pesanan pembeli jika tidak bisa memenuhi pesanan tersebut

Jika kamu tidak bisa memenuhi pesanan pembeli karena satu dan lain hal, kamu bisa menolak pesanan pembeli dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke halaman pesanan, pelajari pesanan dari pembeli dengan saksama.
  • Jika dirasa tidak bisa memenuhi pesanan tersebut, klik 3 titik di sebelah tombol ‘Terima Pesanan’ seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik ‘Tolak Pesanan’.
  • Berikan alasan kenapa kamu menolak pesanan tersebut. Klik ‘Selanjutnya’.

  • Kemudian klik ‘Tolak Pesanan’ untuk menolak pesanan tersebut. Ingat, pastikan kamu menolak pesanan pembeli sebelum pesanan tersebut kamu terima agar skor performa tokomu tidak berkurang.

7. Atur status tokomu menjadi ‘Tutup’ jika kamu ingin tutup toko sementara

Jika kegiatan operasional toko mu terganggu di tengah masa sulit ini dan kamu ingin tutup toko sementara, lakukan langkah-langkah berikut untuk tutup tokomu agar tidak menerima pesanan dari pembeli. 

  • Masuk ke halaman pengaturan toko
  • Pada bagian ‘Status Toko’, isi tanggal tutup tokomu kemudian klik ‘Tutup Sekarang’ lalu klik ‘Atur’ untuk mengaktifkan jadwal tutup toko.

8. Berikan promo pada produk ataupun tokomu

Sebagaimana masyarakat disarankan untuk tinggal di rumah agar penularan virus Corona dapat diatasi dengan cepat, kamu bisa berikan promo pada tokomu agar jadi pilihan pembeli. Gunakan fitur Voucher Toko untuk mengatur promo sesuai budget tokomu.

Baca juga: Atur Promo Sesuai Budget dengan Voucher Toko!

9. Ikut berdonasi untuk tenaga medis COVID-19

Seller, dengan kerendahan hati yang terdalam, Tokopedia mengajak kamu untuk ikut membantu tenaga medis pejuang COVID-19 dengan donasi. Dana yang terkumpul akan langsung disalurkan melalui WeCare.id, BenihBaik.com, dan Human Initiative dalam bentuk alat pelindung diri bagi tenaga medis yang menangani kasus COVID-19.

Baca juga: Seller, Yuk Bantu Tenaga Medis Para Pahlawan COVID-19!

Meskipun sedang menghadapi kondisi yang sulit, mari tetap optimis bahwa kondisi ini akan segera membaik dan kita semua bisa beraktivitas normal kembali. Ayo ikut ambil bagian dalam menghadapi situasi ini dengan melakukan 7 hal yang sudah disebutkan di atas. Tetap semangat ya, Seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller