Cerita Seller: Irulia Shop, Ibu Rumah Tangga yang Sukses jadi Pengusaha

Kembali ke tahun 2013, Ibu Irulia membuka platform jual-beli online Tokopedia untuk mencari buku-buku dan bahan mengajar mahasiswa-mahasiswi yang ia ajar kala itu. Siapa sangka, setelah 6 tahun berlalu ia justru memiliki toko online-nya sendiri, Irulia Shop, yang telah berhasil menjual lebih dari 40,000 produk.

Memulai untuk lebih dekat dengan keluarga

Menjalani keseharian sebagai dosen IT di sebuah universitas swasta, dunia jual-beli online bukanlah hal asing bagi Ibu Irulia. Tokopedia, membantunya menemukan buku dan berbagai bahan untuk menunjang materi yang ia ajarkan kepada mahasiswa-mahasiswinya.

Namun, sebagai platform jual-beli online, Tokopedia bisa membantu Ibu Irulia lebih dari itu. Ibu Irulia yang ingin memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga melihat Tokopedia sebagai peluang sekaligus tantangan baru baginya. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti mengajar sebagai dosen dan merintis toko online bernama Irulia Shop, sebuah online shop yang ia ambil dari namanya sendiri.

Transformasi bisnis dan perjalanan panjang Irulia Shop

Meski kini berbagai produk busana syar’i bisa ditemukan di Irulia Shop, Ibu Irulia justru merintis toko online ini dengan berjualan produk makanan. Setelah memberanikan diri untuk berhenti mengajar dan fokus merintis toko online, cokelat merupakan produk awal yang ia coba pasarkan.

Tak berhenti disana, Ibu Irulia kemudian mencoba menjajal bisnis usaha busana muslim.

“Awalnya saya masih membeli produk dari Tanah Abang (untuk dijual kembali). Alhamdulilah lumayan laku banyak. Kemudian saya coba produksi sendiri. Semakin berkembang terus, dan kini Irulia Shop juga menjual bahan baku seperti kainnya juga,” terang Ibu Irulia mengenai perjalanannya memulai dan mengembangkan Irulia Shop.

Kegigihan yang menjadi inspirasi

Selain bereksperimen dengan produk yang dijual, hari-hari Ibu Irulia mengelola Irulia Shop tidak selalu cerah. Mulai dari penjualan yang lesu, keuangan toko yang tak baik, hingga strategi promosi yang tak berhasil pernah ia hadapi.

“Dua tahun lalu, saya kemudian memutuskan menjadi Power Merchant. Setelah menjadi Power Merchant, penjualan meningkat lebih dari 50%. Pembeli jadi makin percaya dengan toko saya,” ucap Ibu Irulia.

Pelajari Power Merchant di sini

Kunci sukses sebagai pengusaha adalah untuk tidak patah semangat lanjutnya. Ia juga berpesan kepada para penjual lainnya yang masih dalam perjalanan merintis toko online itu untuk berani mengeksplorasi fitur-fitur serta layanan Tokopedia agar bisa terus meningkatkan penjualan.

Tak pernah terbayangkan oleh Ibu Irulia jika kini Irulia Shop memiliki gudang tesktil sendiri. Bisnis yang awalnya ia rintis untuk bisa lebih dekat dengan keluarganya ini bahkan menjadi inspirasi bagi anggota keluarganya yang lain untuk memulai bisnis online mereka sendiri.

Perjalanan bisnis online yang belum usai

Kini, Ibu Irulia terus belajar untuk merancang produk-produk yang ia produksi sendiri. Irulia Shop juga telah memberi lapangan pekerjaan baru untuk 4 karyawan yang sekarang membantu menjalankan operasional Irulia Shop sehari-hari. Pembeli yang ia layani bahkan telah tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan dan Papua.

Namun, Ibu Irulia masih memiliki mimpi yang lebih jauh. Masih banyak hal yang ingin ia lakukan untuk mengembangkan toko online rintisannya. Ia masih terus belajar merancang busana muslim. Memiliki tim penjahit sendiri, hingga menambah gudang tekstil merupakan beberapa goal besar Ibu Irulia yang masih ia kejar.

Ia percaya bahwa perjalanan bisnis online yang telah dilaluinya bukanlah sukses yang instan melainkan proses yang membutuhkan kesabaran. Menghadapi beragam kondisi dan tuntutan pembeli hingga terus memperbarui wawasan dan pengetahuan akan dunia teknologi industri yang ia geluti merupakan contoh proses-proses yang terus Ibu Irulia jalani untuk menggapai kesuksesan yang lebih besar lagi.

Bagaimana denganmu? Beranikah kamu untuk memulai meraih mimpimu? #MulaiAjaDulu

RAIH MIMPIMU, JADI POWER MERCHANT SEKARANG!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller