Kapan Stok Produk di Toko Akan Berkurang? Cari Tahu Prosesnya Yuk!

Hai Seller, pernah nggak penasaran gimana proses stok produk kamu berkurang? Pengurangan stok produk akan terjadi ketika pembayaran dari pembeli telah diterima oleh Tokopedia.

Lihat ilustrasi berikut:

Apa keuntungan dari sistem pengurangan stok produk ini?

Tokopedia sebagai marketplace selalu berusaha maksimal untuk membantu mempermudah Seller dan pembeli dalam melakukan transaksi. Sistem pengurangan ini dibuat untuk melindungi Seller dalam setiap transaksi yang terjadi. Tokopedia berusaha memastikan produk kamu diprioritaskan untuk pembeli yang telah melakukan pembayaran. Hal ini untuk mencegah adanya pembeli atau kompetitor yang berniat tidak baik, misalnya memesan produk hingga sold out, tetapi tidak berniat untuk menyelesaikan transaksi.

Namun, dengan sistem ini ada kemungkinan terjadinya overbooking (jumlah pesanan melebihi stok yang tersedia) dan auto cancel ketika kamu menjual barang yang diminati banyak orang. Banyak pembeli yang melakukan pemesanan tetapi tidak segera melakukan pembayaran sehingga stok tetap tersedia. Kemudian pembeli-pembeli tersebut melakukan pembayaran pada waktu yang bersamaan.

Contoh:

Kamu menjual tas handmade dengan jumlah stok produk sebanyak 100 buah. Saat launching produk tersebut, banyak calon pembeli yang menyukai tas buatanmu sehingga jumlah pesanan yang masuk ke toko kamu sebanyak 200 pesanan. 

Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini contohnya, Seller:

  1. 100 pembeli pertama yang telah memesan baru hanya 50 melakukan pembayaran, sehingga stok masih 50 tersedia
  2. Kemudian ada 50 Pembeli berikutnya yang berhasil memesan juga
  3. Lalu kemudian para pembeli ini membayar pada waktu yang bersamaan
  4. Sehingga jumlah pesanan yang kamu terima adalah 150
  5. Pesanan akan tetap diteruskan oleh Tokopedia ke kamu karena kami memberikan kebebasan 

Kalau sudah overbook seperti ini, apa yang harus dilakukan? Nggak perlu khawatir, kamu bisa melakukan ini:

Sebelum penjualan produk berlangsung

Untuk toko Reguler Merchant dan Power Merchant, kamu bisa memberikan penjelasan kepada pembeli bahwa produk yang kamu jual memiliki stok terbatas dan pembeli yang membayar paling cepat yang akan mendapatkan produknya. Sehingga kamu akan memproses pesanan pembeli berdasarkan urutannya kecepatan pembayaran. Ada kemungkinan jika sebagian pesanan yang masuk akan kamu tolak karena stok produk yang tidak memenuhi jumlah pesanan.

Contoh pengumuman sebelum launching produk:

“Hai teman-teman, kami akan launching tas handmade terbaru yang hanya akan kami jual di Tokopedia. Karena stok produk ini  terbatas, kami akan memproses pesanan sesuai urutan pembayaran tercepat. Teman-teman yang terlambat membayar ada kemungkinan kami terpaksa menolak pesanan. 

Saat penjualan produk berlangsung

  1. Terima pesanan berdasarkan urutan, karena urutan sudah sesuai dengan urutan pembayaran.
  2. Kamu dapat menolak pesanan jika persediaan produk telah habis. Agar tidak mempengaruhi performa toko, kamu bisa memberi keterangan detail kepada pembeli saat menolak pesanan. Ada beberapa opsi yang ditambah sehingga kamu tidak perlu memilih opsi “Lainnya” yang terkesan membingungkan pembeli. Baca selengkapnya di sini!
  3. Respon pembeli yang tidak dapat mendapatkan produk, misalnya dengan:

“Hai Pembeli yang terhormat, berhubung banyaknya permintaan pesanan terhadap produk ini, kami mohon maaf karena tidak dapat memproses pesanan Anda. Terima kasih telah antusias dengan produk kami dan nantikan produk ini tersedia kembali”.

Tetap semangat berjualan dan berikan yang terbaik untuk para Pembelimu ya, Seller!

ATUR STOK SEKARANG!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller