Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Tips cepat dapat pesanan
  2. Penting! Cashback Produk Akan Segera Ditiadakan

Penting! Cashback Produk Akan Segera Ditiadakan

Per 20 Juni 2022, fitur Cashback Produk akan dimatikan. Tenang, kamu tetap bisa kasih cashback untuk produk pilihan dengan Kupon Produk!

Diperbarui 13 May Baca 2 menit

Hai, Seller! Ada info penting, nih. Mulai tanggal 20 Juni 2022 hingga 1 Juli 2022, Cashback Produk akan ditiadakan secara bertahap.

Ini artinya, pembeli tidak akan mendapatkan cashback langsung dari pembelian produk tokomu yang sedang dipasangkan Cashback Produk. Namun, kamu masih bisa kasih cashback ke pembeli melalui fitur Kupon Produk yang fungsinya serupa.

article

article

Makanya, ayo buruan ganti Cashback Produk ke Kupon Produk sebelum fiturnya pergi! Untuk melihat Cashback Produk yang masih aktif, Seller dapat mengakses Daftar Produk dan atur filter “Dengan Cashback” melalui halaman Tokopedia Seller.

Cek Cashback Aktif di Daftar Produkmu

Apa itu Kupon Produk?

Kupon Produk adalah salah satu promosi berupa kupon dengan manfaat cashback maupun gratis ongkir yang dapat kamu atur untuk pembelian produk-produk tertentu di tokomu. Untuk mendapatkan manfaatnya, pembeli harus memenuhi ketentuan yang berlaku dari Kupon Produkmu, seperti minimal transaksi, durasi promosi, dan kuota pemakaian.

Jika telah memenuhi ketentuan tersebut, pembeli akan dapat menggunakan Kuponnya di halaman keranjang, Setelah menyelesaikan transaksi, cashback akan langsung diterima pembeli dalam bentuk GoPay Coins dan bisa digunakan kembali untuk berbelanja.

Perbedaan Kupon Produk vs Cashback Produk

Agar lebih paham bedanya Kupon Produk dan Cashback Produk, simak tabel perbandingannya di bawah ini:

article

Tutorial Mengatur Kupon Produk

Kamu dapat mengatur Kupon Produk melalui desktop dan aplikasi Tokopedia Seller. Akses fiturnya melalui halaman Daftar Produk maupun halaman Iklan dan Promosi. Gimana sih caranya? Yuk, simak melalui video berikut:

Baca juga: Kupon Produk: Kini Voucher Cashback Dapat Dipasang di Produk Pilihanmu!

Hal yang sering ditanyakan

1. Apa yang harus saya lakukan dengan Cashback Produk yang masih aktif sebelum tanggal 20 Juni 2022?

Sebaiknya Seller segera mengganti Cashback Produk dengan Kupon Produk untuk produk yang sudah ditetapkan, agar pembeli tetap dapat menikmati promosi berupa cashback. Pastikan kamu sudah menonaktifkan Cashback Produk setelah diganti dengan Kupon Produk, supaya transaksi produk tidak terpotong dengan 2 tipe promosi.

2. Kapan pembeli mulai tidak bisa memakai Cashback Produk?

Pembeli tidak bisa memakai Cashback Produk secara bertahap mulai dari tanggal 27 Juni hingga 1 Juli 2022. Maka itu, mulai tanggal 1 Juli 2022 pembeli tidak bisa memanfaatkan Cashback Produk secara keseluruhan. Sementara itu, Seller tidak bisa mengatur Cashback Produk mulai dari tanggal 20 Juni. Per tanggal tersebut, Seller hanya bisa menggunakan Kupon Produk untuk pengaturan cashback produk-produk tertentu.

3. Bagaimana jika hingga tanggal 20 Juni saya tidak menonaktifkan Cashback Produk?

Jika Seller tidak mematikan Cashback Produk hingga 20 Juni, Cashback Produk akan tetap aktif hingga akhirnya otomatis dimatikan secara bertahap dari tanggal 27 Juni hingga 1 Juli. Pembeli juga masih dapat menggunakan Cashback Produk yang masih aktif dari tanggal 20 Juni sampai promo tersebut dimatikan secara otomatis.

4. Apa yang harus saya lakukan dengan Cashback Produk yang dimatikan oleh Tokopedia?

Seller tidak perlu melakukan apa pun jika Cashback Produknya dimatikan oleh Tokopedia. Setelah dimatikan secara otomatis, pembeli tidak akan menemukan Cashback Produk dan Seller tidak akan dikenakan lagi pemotongan cashback dari pembelian produk tersebut. Namun, agar tetap menarik minat pembeli, sebaiknya Seller mengganti Cashback Produk dengan Kupon Produk.

5. Apa yang terjadi jika produk saya memiliki Cashback Produk dan Kupon Produk dalam waktu yang bersamaan?

Jika produk memiliki Cashback Produk dan Kupon Produk yang aktif secara bersamaan, pembeli bisa saja menggunakan 2 promo tersebut dalam 1 kali transaksi. Akibatnya, Seller bisa dikenakan 2 potongan, yaitu potongan Cashback Produk (3-5% dari harga produk) dan potongan Kupon Produk (tergantung persentase atau nominal cashback yang diatur). 

Untuk menghindarinya, segera matikan Cashback Produk setelah menggantinya dengan Kupon Produk. Caranya dengan mengatur “Tidak Ada Cashback” di halaman Daftar Produk, lalu klik “Simpan”. Ingat, periode pengaturan Cashback Produk hanya bisa dilakukan sebelum 20 Juni 2022, ya.

Tunggu apa lagi? Yuk, upgrade Cashback Produkmu menjadi Kupon Produk sekarang juga!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kupon Produk: Kini Voucher Cashback Dapat Dipasang di Produk Pilihanmu!

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 19 MayBaca 2 menit
top description

Aktifkan Voucher Toko, Promosi yang Paling Dinanti Pembeli

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 19 MayBaca 2 menit
top description

Kupas Tuntas Cara Promosi Tepat di Media Sosial

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 19 MayBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual