Tokopedia

Topik

  1. Pengaturan logistik
  2. Nikmati Cashback Tiap Tanggal 20 dengan Pilihan Layanan Pengiriman

Nikmati Cashback Tiap Tanggal 20 dengan Pilihan Layanan Pengiriman

Layanan pengiriman AnterAja, SiCepat, J&T, Lion Parcel, dan JNE ada cashback setiap bulannya

Diperbarui 22 Jan • Baca 2 menit

Hi Seller! Bisnismu bisa semakin untung saat menggunakan layanan pengiriman AnterAja, SiCepat, J&T, Lion Parcel, dan JNE! Kamu bisa mendapatkan cashback setiap bulannya mulai dari 3% hingga 20% tergantung layanan pengiriman yang kamu gunakan. Nah, cashback akan dikirimkan setiap tanggal 20 di setiap bulannya ya.

Agar penggunaannya semakin maksimal, kamu wajib perhatikan beberapa hal penting di bawah ini:

Perubahan mekanisme metode pemberian cashback pengiriman 

Mulai 20 Desember 2020, Tokopedia memberikan pilihan kepada Seller metode pemberian cashback pengiriman yang akan Seller dapatkan tanggal 20 tiap bulannya.

1. Saldo Penghasilan

Untuk mendapatkan cashback pengiriman dalam bentuk Saldo Penghasilan, Seller hanya butuh untuk mengisi form berikut serta melakukan proses verifikasi toko dengan melakukan upload data diri Seller.

Isi Sekarang!

2. OVO Points

Apabila Seller tertarik untuk mendapatkan cashback dalam bentuk OVO Point, maka Seller hanya diwajibkan untuk mengisi form di bawah ini.

Isi Sekarang!

Hal yang perlu Seller perhatikan:

  1. Pendaftaran ini khusus untuk toko Regular Merchant. Bagi toko Power Merchant dan Official Store yang sudah melalui proses verifikasi dan dinyatakan valid dalam proses penyamaan data dengan data terdaftar di Dukcapil, tidak perlu melakukan pendaftaran ulang.
  2. Apabila Seller memilih untuk mendapatkan cashback dalam bentuk OVO Points, maka pastikan nomor telepon toko yang terdaftar di Tokopedia memiliki akun OVO yang aktif. Apabila pada nomor telepon belum memiliki akun OVO, maka Tokopedia hanya akan menyimpan cashback pengiriman selama 7×24 jam sejak tanggal pengiriman cashback pertama, setelah itu akan hangus. Jika Seller sudah mengaktifkan akun OVO pada nomor telepon tersebut dalam 7×24 jam, cashback pengiriman OVO Points akan secara otomatis masuk ke dalam akun OVO maksimal 1×24 jam setelah akun OVO Seller aktif. Baca informasi selengkapnya di sini.
  3. Jika Seller memiliki lebih dari 1 toko dengan nomor telepon yang sama, maka pemilihan metode pemberian cashback dan verifikasi toko harus dilakukan untuk masing-masing toko.
  4. Perhitungan cashback pengiriman akan mengacu ke toko dengan nomor telepon yang sama (tidak ada perubahan) namun metode pemberian cashback akan kembali ke masing-masing toko dan dapat berbeda berdasarkan proses verifikasi dari masing-masing toko.
  5. Ketentuan toko yang berhak mendapatkan OVO Points:
    1. Apabila Seller sudah memilih metode Saldo Penghasilan tetapi tidak melakukan proses verifikasi toko
    2. Apabila Seller tidak mendaftarkan tokonya paling lambat tanggal 8 Desember 2020 pukul 23.59 dan pada proses verifikasi toko dan penyamaan data dengan data yang terdaftar di  Dukcapil dinyatakan tidak valid
  6. Apabila terdapat dua registrasi pemilihan cashback pengiriman atas 1 akun toko yang sama, maka Tokopedia akan menggunakan data registrasi yang paling terakhir. 
  7. Seller dapat melakukan perubahan bentuk cashback pengiriman dengan cara mengisi ulang form di atas maksimal tanggal 8 setiap bulannya agar perubahan bentuk cashback pengiriman dapat terjadi untuk periode pemberian cashback terdekat.

Contoh, Seller melakukan perubahan pada tanggal 15 Desember 2020, maka bentuk cashback pengiriman baru akan berubah pada pemberian cashback tanggal 20 Januari 2021.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Cashback Pengiriman

Simulasi penerimaan cashback setelah registrasi seller

Pak Toni memiliki 2 toko di Tokopedia dengan nomor telepon yang sama dengan status toko sebagai berikut:

  • Toko Toni 1 (Power Merchant)
  • Toko Toni 2 (Regular Merchant)

Toko Toni 1 telah menjalani proses verifikasi pada saat registrasi sebagai Power Merchant dan telah diverifikasi bahwa data yang terdaftar adalah sesuai dengan data yang terdaftar di Dukcapil. Sehingga Toko Toni 1 tidak perlu melakukan proses registrasi ulang untuk mendapatkan cashback melalui Saldo Tokopedia.

Toko Toni 2, dengan status Regular Merchant, belum pernah menjalani proses verifikasi Toko.

Sehingga pada saat penerimaan cashback, Toko Toni 1 akan menerima cashback ke Saldo Tokopedia, sementara Toko Toni 2 akan menerima cashback ke OVO dengan nomor terdaftar.

Perhitungan cashback

Cashback akan diberikan pada tanggal 20 setiap bulannya langsung ke saldo penghasilan Tokopedia untuk pengiriman yang berhasil dan selesai di periode sebelumnya. 

Contohnya: 

Skema cashback pengiriman setiap layanan pengiriman 

Informasi cashback untuk pengiriman dengan J&T Express, SiCepat, Anteraja, dan Lion Parcel bisa kamu dapatkan dengan klik link di bawah ini.

Baca juga: Dapatkan Cashback Setiap Bulannya

Mohon diketahui skema setiap kurir dapat berubah kapan pun sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing layanan pengiriman.

Layanan PengirimanLink
J&T ExpressDi sini
SiCepatDi sini
AnterajaDi sini
Lion ParcelDi sini
JNEDi sini

Faktor yang mempengaruhi total perhitungan cashback layanan pengiriman

Berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi total perhitungan cashback yang kamu dapatkan setiap bulannya:

a. Penggantian kurir

Mohon diingat bahwa cashback pengiriman hanya diberikan atas pengiriman Online Booking Cashless. Maka penggantian ke pengiriman reguler (non-OBC) dalam kurir yang sama pun akan di-diskualifikasi.

b. Pembatalan transaksi

Jika transaksi dibatalkan karena satu dan lain hal, transaksi akan didiskualifikasi dan tidak dihitung cashbacknya.

c. Transaksi Bebas Ongkir

Berdasarkan Syarat dan Ketentuan transaksi Bebas Ongkir dan Gratis Ongkir, transaksi tersebut tidak mendapatkan cashback pengiriman.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Bebas Ongkir

d. Sistem dropship

Satu nomor resi hanya berhak mendapatkan satu kali cashback (sesuai tiering yang berlaku dari masing-masing kurir). Apabila terdapat resi duplikat, hanya satu resi yang berhak mendapatkan cashback setelah terjadi penyamaan data antara Tokopedia dengan pihak kurir.

e. Transaksi belum selesai

Cashback hanya berlaku untuk transaksi yang berhasil dan selesai pada suatu periode. Apabila transaksi diselesaikan baik oleh pembeli maupun secara sistem pada bulan berikutnya, maka akan masuk ke perhitungan cashback selanjutnya.

f. Perbedaan berat pada paket

Jika ada perubahan berat atau ongkos kirim sesungguhnya, perhitungan yang valid akan mengacu pada nilai ongkos kirim sesungguhnya sesuai data yang tercatat pada pihak partner logistik. Simak contoh berikut.

Dalam kasus ini, nilai yang digunakan sebagai acuan cashback adalah berdasarkan Rp 50.000, bukan Rp 30.000.

Simulasi perhitungan dan pemberian cashback

Pak Toni dari toko A memiliki sejumlah transaksi menggunakan beberapa kurir dengan rekapitulasi dari tanggal 1-29 Februari 2020 sebagai berikut:

Setelah dilihat kembali, ternyata pak Toni memiliki beberapa transaksi dengan fitur Bebas Ongkir, rekapitulasinya sebagai berikut:

Nah, itulah informasi mengenai cashback layanan pengiriman di Tokopedia. Mulai sekarang, jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya Seller. Yuk gunakan layanan kurir Si Cepat, AnterAja, J&T, Lion Parcel, dan JNE agar makin banyak dapat keuntungannya!

Cashback Pengiriman

Lihat Discovery Page Cashback

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Makin Untung dengan Skema Baru Layanan Bebas Ongkir!

Pengaturan logistikDiperbarui 26 JanBaca 2 menit
top description

Aturan Baru Layanan Pick Up Kurir Biar Kirim Orderan Makin Lancar!

Pengaturan logistikDiperbarui 25 JanBaca 2 menit
top description

Pakai Asuransi Tokopedia Lebih Murah dan Praktis!

Pengaturan logistikDiperbarui 25 JanBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan