Tentukan Target Pasar yang Sesuai dengan Fitur Statistik Toko

Tahukah Anda tentang target pasar? Target pasar dibuat agar para pelaku bisnis dapat fokus dalam melayani pasar atau konsumen yang dituju. Targeting juga menjadi penentu berhasil atau tidaknya sebuah produk di pasaran. Setiap produk memiliki target konsumen tersendiri karena masing-masing konsumen memiliki selera atau kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kotak makan di rumah, belum tentu seluruh keluarga Anda suka dan memakai kotak makan tersebut dengan berbagai alasan.

Lalu bagaimana cara menentukan target pasar? Cara menentukan pasar yang paling mudah yaitu dengan melakukan survei atau interview beberapa orang yang berbeda secara acak. Setelah itu Anda akan mendapatkan hasil kriteria konsumen seperti apa yang cocok untuk toko Anda. Namun, seiring jalannya waktu, Anda mungkin akan kesulitan mengetahui apakah target pasar Anda telah sesuai.

Seperti biasa, Tokopedia selalu hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang sering dihadapi para seller. Untuk membantu Anda dalam menentukan target pasar secara lebih efektif dan efisien, kami menyediakan Fitur Statistik Toko. Melalui fitur ini, Anda bisa mengetahui data pembeli yang tentunya akan membantu Anda dalam menentukan strategi penjualan berikutnya.

Cara Mengakses Data Pembeli Lewat Statistik Toko

  1. Pilih Statistik Toko pada bagian Toko Saya
  2. Lihat pada bagian Data Pembeli. Selain itu, Anda juga bisa melihat Performa Toko, Produk Terlaris, hingga produk yang sedang tren dari Wawasan Pasar pada Statistik Toko.

statistik toko

statistik toko

Di bagian Data Pembeli, Anda bisa tahu siapa saja pelanggan toko Anda, jenis kelamin dan umur mereka. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lihat dari Data Pembeli:

  • Jumlah Pembeli adalah total pembeli yang pernah bertransaksi di toko Anda
  • Data Persentase adalah jenis kelamin dan umur pembeli
  • Detail Pembelanjaan pembeli dan juga daerah pengirimannya
  • Total Favorit adalah daftar pembeli yang memfavoritkan toko Anda.
  • Daftar Pembelian adalah detail jumlah transaksi, total produk, dan total belanjaan dari pembeli di toko Anda

Nah, Data Pembeli dari Statistik Toko tentunya bisa Anda manfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis online Anda.

Contoh 1: Jenis Kelamin Pembeli

Dari data toko di atas terlihat 80% pembeli adalah wanita. Dari sini, Anda bisa melihat bahwa masih ada potensi untuk menjangkau para pembeli pria dengan menambah variasi produk Anda -Pembeli paling banyak Anda adalah wanita, Anda bisa melakukan personalisasi pembungkusan untuk segmen wanita, seperti pemberian thank you card atau packaging yang menarik

Contoh 2: Usia Pembeli

Dengan mengetahui rata-rata usia pembeli, Anda bisa memilih media promosi yang paling tepat. Misalnya seperti data di atas, pembeli Anda berusia antara 17 – 25 tahun, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi. Namun jika pembeli berusia 40 tahun ke atas, mungkin media yang paling tepat adalah koran dan siaran radio.

Yuk kenali target pasar agar Anda bisa menentukan strategi promosi yang tepat dan bisa memberikan layanan yang sesuai dengan konsumen yang Anda tuju.

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.