Cara Mudah Proses Pesanan di Tokopedia

Terima kasih sudah membuka toko di Tokopedia dan menjadi bagian dari misi untuk #JagaEkonomiIndonesia di masa Covid-19 ini dengan cara memenuhi kebutuhan masyarakat dan membantu agar perputaran bisnis tetap lancar. 

Sebagai bentuk dukungan, Tokopedia akan memberikan pemotongan biaya layanan sebesar 100% di beberapa kategori untuk sementara waktu, khususnya bagi produk kesehatan dan kebutuhan sehari-hari. Kebijakan ini berlaku untuk Power Merchant dan Official Store.

Baca selengkapnya: Peraturan Pemotongan Biaya Layanan Power Merchant dan Official Store

Cara Proses Pesanan di Tokopedia (via mobile)

  • Terima Pesanan

Saat orderan pertama datang, apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja menerimanya. Ketika pembeli melakukan transaksi di tokomu, kamu akan mendapatkan notifikasi pesanan baru. Usahakan stok produkmu selalu update dan ready supaya pesanan yang masuk bisa langsung diproses. Untuk menerima kamu bisa masuk ke halaman ‘Pesanan‘, lalu pelajari detail pesanan baru yang masuk ke tokomu. Jika kamu ingin menerima pesanan tersebut, klik ‘Terima Pesanan‘.

  • Proses Pesanan

Kalau kamu sudah menerima orderan dari pembeli, itu artinya kamu wajib menyelesaikannya tersebut sampai tuntas. Proses pesanan pembeli dengan sebaik-baiknya dan pastikan sesuai dengan permintaan pembeli. Jangan lupa untuk memeriksa kembali paket dan alamat pembeli supaya tidak salah kirim. Oh ya, packing orderanmu dengan rapi juga, ya! Kemasan yang rapi bisa meningkatkan kepuasan pembeli terhadap layanan tokomu.

  • Konfirmasi Pesanan

Setelah pesanan dikirim, jangan lupa untuk memasukkan nomor resi dan kode booking lalu konfirmasi pengiriman. Kamu bisa memasukkan nomor resi secara manual atau menggunakan online booking sehingga nomor resi dan kode booking langsung terupdate secara otomatis. Jika semua keterangan sudah sesuai, klik ‘Konfirmasi Pengiriman‘.

Jika kamu menggunakan layanan reguler, kamu bisa mengantar paketmu ke gerai logistik terdekat. Namun, jika kamu menggunakan layanan Same Day atau Instant, kamu wajib melakukan Request Pickup.

  • Request Pickup

Khusus untuk pesanan menggunakan layanan kurir Same Day atau Instant, jangan lupa untuk segera melakukan Request Pickup kurir. Perhatikan waktu yang tertera karena resi harus sudah diinput sebelum waktu yang diberikan habis. Kamu perlu berhati-hati karena kalau waktu yang diberikan habis, pesanan tersebut akan dibatalkan secara otomatis dan tokomu bisa terkena penalti.

Kamu juga harus mengetahui kapan saja Tokopedia melakukan konfirmasi pesanan. Simak gambar berikut:

Baca juga: Perubahan Batas Waktu Respon Pesanan & Konfirmasi Pengiriman

  • Pesanan Diterima

Selama proses pengiriman paket oleh kurir, kamu tidak perlu khawatir karena Tokopedia menyediakan fitur untuk melacak paket. Fitur pelacakan paket ini akan memberikan notifikasi kepadamu jika paket sudah sampai di tujuan.

Setelah paket sampai, kamu cukup menunggu pembeli melakukan konfirmasi paket telah diterima. Jangan khawatir, jika pembeli tidak mengonfirmasi pesanan dalam jangka waktu yang diberikan, transaksi akan selesai secara otomatis. Sekadar informasi, jangka waktu konfirmasi pesanan diberikan agar pembeli bisa memeriksa kesesuaian dan kondisi pesanan yang kamu kirim.

  • Dana Diteruskan ke Penjual

Kalau pembeli sudah menyelesaikan transaksi, dana akan diteruskan ke penjual. Dana yang masuk dapat dilihat di bagian Saldo Penjual. Seluruh dana yang ada di Saldo Penjual dapat dicairkan ke rekeningmu sesuai dengan bank pilihanmu. Caranya gampang, kamu cukup mendaftarkan rekening bank dan pilih rekening tersebut saat kamu hendak mencairkan dana.

Mudah kan? Proses transaksi di Tokopedia juga aman serta adil bagi pembeli dan penjual. Ingat, berikan pelayanan terbaik supaya produkmu diberi ulasan paling bagus, ya!

PROSES PESANAN SEKARANG!

3 Tips Jitu Supaya Toko Laris

Setelah berhasil memproses orderan pertama, tentunya kamu ingin lebih banyak pesanan yang datang, kan? Agar tokomu semakin laris, lakukan 3 tips di bawah 

  1. Tampilkan produkmu ke jutaan pembeli Tokopedia!

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah semakin rajin meng-upload produk di tokomu. Pastikan produkmu memiliki foto yang menarik, penulisan nama produk yang benar, serta deskripsi produk yang jelas. Dengan begitu, pembeli akan lebih mudah dan senang saat berbelanja di tokomu. 
space
Baca juga: Tips Upload Produk di Tokopedia

  1. Share link toko atau produkmu ke media sosial

Sesudah upload produk waktunya kamu share link tokomu di akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau di grup chat teman-temanmu. Selanjutnya, arahkan mereka untuk berbelanja di tokomu lewat Tokopedia agar reputasi tokomu bertambah! 

  1. Upload produkmu di Feed Tokopedia

Agar pembeli mengetahui produk-produk di tokomu, sebaiknya upload produkmu di Feed Tokopedia secara rutin. Produk yang baru di upload akan tampil di halaman explore lho! Semakin banyak produk yang kamu upload, semakin banyak peluang produkmu tampil di halaman explore. Ketika pembeli mengklik produkmu, akan terlihat foto yang lebih jelas dan kamu dapat menulis deskripsi produk di bagian caption. Pembeli dapat memberikan likes dan komentar pada setiap postinganmu.  

Baca juga: Lebih Dekat Dengan Pelanggan Berkat Fitur Feed Tokopedia

Mudah kan? Semakin banyak orderan yang datang, kamu akan semakin terbiasa dalam memproses orderan. Tingkatkan terus pelayanan tokomu, ya! Semoga tokomu selalu kebanjiran orderan. 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller