[Pesanan] Cara Proses Pesanan dengan Aplikasi Tokopedia Seller

Simak 4 kemudahan dan cara proses pesanan melalui aplikasi Tokopedia Seller (khusus Android)

Diperbarui 15 Nov  • Baca 3 menit

Hai, Seller! Ada pesanan baru masuk, nih. Jangan tunda untuk memproses pesanannya, ya!. Kamu bisa memproses pesanan melalui aplikasi Tokopedia Seller (khusus Android), aplikasi Tokopedia, dan desktop.

Kini, Tokopedia telah memperbarui sistem terima pesanan pada aplikasi Tokopedia Seller demi meningkatkan pengalaman memproses pesanan yang lebih mudah dan cepat. Salah satu pembaruannya adalah fitur sortir yang berguna untuk mengurutkan pesanan sesuai prioritas yang kamu inginkan.Yuk, cek keunggulan aplikasi Tokopedia Seller selengkapnya di bawah ini.

4 keunggulan proses pesanan di aplikasi Tokopedia Seller

1. Tampilan lebih lengkap dan jelas

Cek 4 informasi penting hanya dalam 1 halaman, seperti:

  • status pesanan beserta nomor invoice dan nama pembeli,
  • keterangan dan batas waktu proses pesanan untuk pesanan pesanan Pre Order (PO),
  • info rangkuman produk yang dibeli,
  • layanan pengiriman yang digunakan (reguler/instan) dan tujuan pengiriman.

2. Filter dan Urutkan pesanan sesuai kebutuhanmu

Biar bisa proses pesanan dengan cepat tanpa harus berlama-lama scrolling, kamu bisa gunakan fitur Filter dan Urutkan (sortir) yang ada di halaman Pesanan Tokopedia Seller. Hal yang bisa kamu lakukan dengan fitur ini yaitu:

  • urutkan informasi pesanan berdasarkan transaksi terbaru atau terlama
  • filter jenis pesanan berdasarkan tipe pesanan, jenis kurir, ataupun label. Khusus Seller yang tergabung dengan Dilayani Tokopedia, sekarang bisa filter tipe pesanan dengan Dilayani Tokopedia maupun Non-Dilayani Tokopedia.

3. Bisa Terima Pesanan, Cetak Label, dan Request Pick Up Sekaligus

Hanya dengan satu klik, kamu bisa langsung terima pesanan, cetak label, hingga Request Pick Up sekaligus, bisa hemat waktu! Ketika klik Request Pick Up, pastikan pesanan sudah dalam kondisi siap di-pick up oleh kurir ya, Seller!

4. Bisa melihat pesanan yang masih menunggu pembayaran

Kamu juga bisa melihat pesanan yang sudah di-check out pembeli, tetapi belum dibayar. Pastikan stok produk tersedia agar pesanan tidak terkena batal otomatis akibat stok tidak cukup. Jika stokmu habis, segera klik Cek & Atur Stok.

Baca juga:

Nah, sekarang, yuk simak langkah-langkah terima pesanan di bawah ini.

3 langkah Terima Pesanan melalui aplikasi Tokopedia Seller

  1. Buka aplikasi Tokopedia Seller, masuk ke menu Pesanan, lalu pilih pesanan baru yang ingin diproses, dan klik Terima Pesanan

2. Pada bagian ini, kamu bisa langsung terima pesanan sekaligus apabila memiliki pesanan yang masuk lebih dari satu. Caranya, klik Pilih Sekaligus, lalu klik kotak kecil pada setiap pesanan yang ingin kamu proses, dan klik Terima Pesanan Sekaligus

3. Pesanan akan masuk ke tab Siap Dikirim. Di sini kamu bisa mencetak label dan menginput resi atau melakukan Request Pick Up, tergantung layanan pengiriman yang digunakan.

Cetak Label Pengiriman

Sebelum paket diserahkan ke kurir, cetak label pengiriman agar paketmu tidak hilang saat pengiriman oleh kurir. Label ini juga bertujuan untuk memudahkan kurir mengirim paket ke pembeli.

  1. Klik salah satu pesanan, klik simbol (...)
  2. Pilih Cetak Label, lalu Download. Sebelumnya, kamu bisa atur tipe kertas dan juga info tambahan yang ingin ditampilkan dalam label

3. Kamu juga bisa cetak label sekaligus dengan klik Pilih Sekaligus, lalu tandai beberapa pesanan, kemudian klik Atur Sekaligus dan klik Cetak Label Sekaligus pada halaman Siap Dikirim.

Jika paket menggunakan layanan pengiriman "Dijemput Kurir"

  • Klik Request Pick Up untuk mengirim produk satu persatu. Jika Request Pick Up berhasil, kurir akan menjemput paketmu

  • Jika ingin Request Pick Up sekaligus, kamu bisa masuk ke halaman Siap Dikirim, klik Pilih Sekaligus dan tandai beberapa pesanan, lalu klik Atur Sekaligus, kemudian pilih Request Pick-Up Sekaligus

Jika paket menggunakan layanan pengiriman "Antar ke Agen"

  • Klik Kirim Pesanan, kemudian segera input nomor resi setelah barang dikirim ke kantor agen untuk menghindari pembatalan pesanan secara otomatis
  • Terakhir, klik Konfirmasi

Setelah pesanan telah diterima oleh pembeli, tunggu pembeli melakukan konfirmasi paket. Namun, jika pembeli tidak mengonfirmasi pesanan dalam jangka waktu 2x24 jam setelah pesanan diterima, transaksimu akan tetap selesai secara otomatis dan dana akan langsung diteruskan ke Saldo Tokopedia-mu. Seluruh dana yang ada di Saldo Tokopedia dapat kamu cairkan ke rekening bank yang sudah kamu tambahkan ke akun tokomu.

Praktis banget kan proses pesanan di aplikasi Tokopedia Seller? Yuk, install aplikasinya sekarang!

Yuk, cari tahu lagi!

Proses Pesananmu!

Aplikasi Tokopedia Seller

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual