Ketahui Cara Proses Pesanan Menggunakan SiCepat dan Anteraja

Hi Seller! Sudah tahu belum cara memproses pesanan menggunakan layanan SiCepat dan Anteraja? Karena sekarang, Power Merchant atau Official Store berkesempatan menggunakan fitur Bebas Ongkir hingga Rp20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp40.000 untuk pengiriman antarpulau dengan mengaktifkan layanan reguler dari kedua layanan pengiriman tersebut. 

Untuk memuaskan pembeli yang berbelanja di tokomu, kamu harus bisa memproses pesanan dengan cepat dan akurat menggunakan layanan reguler SiCepat dan Anteraja. 

Baca juga: Aktifkan SiCepat dan Anteraja! Banyak Keuntungan Menantimu!

Info Penting Seputar Layanan SiCepat dan Anteraja

Layanan SiCepat memiliki dua pilihan pengiriman paket, yakni Seller bisa drop off paket ke gerai SiCepat atau bisa request pickup kurir. Kurir SiCepat akan melayani pengiriman dari hari Senin sampai Minggu. Jika Seller memilih request pickup, kurir SiCepat akan menjemput paketmu dalam waktu 1×24 jam. Apabila paket gagal dijemput dalam yang sudah ditentukan, kurir SiCepat akan coba melakukan pickup paketmu lagi pada keesokan harinya. Selain itu, SiCepat juga bisa melakukan pickup paket dalam jumlah banyak (bulk pickup).

Sementara, Anteraja hanya memiliki layanan dijemput kurir atau request pickup kurir. Kurir Anteraja akan menjemput paketmu dalam jangka waktu 2-4 jam sejak kurir melakukan request pickup. Apabila paket gagal dijemput dalam batas waktu yang ditentukan, kurir akan menghubungi Seller untuk mengubah waktu penjemputan sesuai kesepakatan dengan Seller.

Baca juga: Mau Bebas Ongkir Saat Belanja? Tokopedia Saja!

Penting! Jika kurir layanan SiCepat atau Anteraja belum datang untuk menjemput paketmu, tetapi masih dalam batas waktu yang ditentukan, kamu tidak perlu menghubungi Pusat Resolusi atau Pusat Bantuan.

 Baca juga: Alamat Penjemputan Lengkap Solusi Agar Paket Cepat Diambil Kurir

Cara proses pesanan

  1. Saat kamu mendapat pesanan yang menggunakan promo Bebas Ongkir, kamu bisa menerima pesanan dengan menekan tombol ‘Terima Pesanan’.

  2. Saat kamu klik ‘Terima Pesanan’ akan muncul pemberitahuan hal-hal penting yang harus dilakukan jika kamu menerima pesanan tersebut. Misalnya tidak bisa mengubah kurir, segera lakukan ‘Request Pickup’, dan tulis kode booking atau AWB di kemasan paket. Setelah itu konfirmasi ‘Terima Pesanan’.

  3. Ada tiga hal penting yang harus kamu lakukan sebelum ‘Request Pickup’, yaitu memastikan berat produk sudah sesuai aslinya, AWB atau kode booking sudah tertera di kemasan, dan titik penjemputan serta alamat toko sudah sesuai. Jika semuanya sudah sesuai, lakukan ‘Request Pickup’.
  4. Cek kembali dengan teliti alamat dan nomor telepon untuk penjemputan sehingga kurir dapat meneleponmu ke nomor tersebut. Jika sudah sesuai, lakukan konfirmasi ‘Request Pickup’.

  5. Kurir akan menjemput pesananmu ke alamat yang tertera sesuai dengan batas waktu penjemputan masing-masing layanan pengiriman. Pastikan masukkan alamat penjemputan dengan lengkap, jangan hanya kecamatan atau kode pos. Masukkan juga nama jalan/perumahan, nomor rumah/gedung, RT, RW, kelurahan, hingga kode pos. Penting! Ketika kamu menerima pesanan yang mengikuti fitur Bebas Ongkir, kamu tidak bisa melakukan pergantian kurir.
  6. Setelah kurir datang ke tempatmu, pesanan akan diproses sesuai ketentuan dan diantar ke alamat pembelimu.

 Baca juga: Ayo Periksa Apakah Daerahmu Bisa Menggunakan Layanan SiCepat dan Anteraja

Pastikan kamu memahami dengan baik cara memproses pesanan dengan SiCepat dan Anteraja agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli. Ayo maksimalkan fitur Bebas Ongkir Tokopedia!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller