Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Tips cepat dapat pesanan
  2. 5 Cara Optimalkan Media Sosial untuk Seller Pemula

5 Cara Optimalkan Media Sosial untuk Seller Pemula

Temukan tips melakukan promosi di media sosial untuk Seller pemula! Langsung terapkan di tokomu, ya.

Diperbarui 31 Aug • Baca 2 menit

Hai, Seller! Dengan hampir 4,2 miliar pengguna media sosial di dunia, sudah saatnya kamu mulai menggunakan media sosial untuk bisnis. Media sosial adalah salah satu kekuatan terbesar tahun 2021 yang memiliki dampak besar pada hampir semua aspek kehidupan.

Sebagai Seller baru, penting bagimu untuk menarik calon pembeli dari luar Tokopedia untuk berbelanja di tokomu dengan mengoptimalkan media sosial. Selain mudah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan budget tambahan karena hanya bermodal handphone dan internet.

Bagaimana cara memaksimalkan media sosial untuk pemula? Simak pembahasannya berikut ini!

Tujuan dalam menggunakan media sosial untuk bisnis

Sebelum membahas tips media sosial untuk pemula, kamu harus bisa menjawab pertanyaan “Mengapa kamu perlu menggunakan media sosial untuk bisnismu?” Berikut ini adalah dua tujuan utama dalam menggunakan media sosial untuk bisnis, seperti:

  1. Brand awareness, bertujuan untuk menguatkan reputasi merek di benak konsumen sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
  2. Promosi produk, fokus pada target penjualan yang dapat bertujuan untuk meningkatkan maupun untuk menjaga kestabilan penjualan.

Cara mengoptimalkan media sosial untuk Seller pemula

Nah, setelah mengetahui apa tujuanmu dalam menggunakan media sosial untuk pemula, mari lakukan langkah-langka di bawah ini!

1. Ketahui lebih dalam siapa audiensmu

Salah satu manfaat besar media sosial adalah akses ke data pasar yang disediakannya. Dalam prosesnya, media sosial menyediakan akses beberapa data ke dalam bisnis. Sebagai pemilik bisnis, kamu akan mendapatkan akses ke metrik media sosial yang kamu butuhkan untuk mendapatkan wawasan tentang audiens kamu yang dapat digunakan untuk audit media sosial atau untuk menentukan target pasar.

article

2. Pilih media sosial primer dan sekunder

Ada banyak sekali platform media sosial untuk pemula yang bisa digunakan untuk promosi. Namun, kamu perlu fokus pada satu atau dua platform saja untuk memusatkan upayamu agar mendapatkan manfaat yang besar.

article

Baca juga: Cara Promosi Toko di Media Sosial dengan Efektif

Setelah menentukan media sosial primer atau utamamu, kamu akan lebih mudah dalam menjangkau target pasar maupun membuat konten media sosial yang relevan dengan target pasar. Hal ini tentu meningkatkan peluang penjualan dari calon pembeli.

3. Daur ulang konten lamamu

Salah satu cara terbaik menggunakan media sosial untuk pemula adalah dengan fokus membuat konten-konten berkualitas tinggi untuk lebih menarik minat calon pembeli.

Coba kamu bayangkan kamu harus terus-menerus membuat konten baru untuk diunggah. Tidak hanya memakan waktu yang panjang, mungkin kamu juga bisa kewalahan dengan pemikiran untuk mempublikasikan konten ke media sosial beberapa kali dalam seminggu.

Untuk itu perhatikan beberapa cara daur ulang konten untuk memudahkan kamu dalam menggunakan media sosial.

article

4. Kembangkan kontenmu dari konten gambar menjadi siaran live

Saat pertama kali mempertimbangkan konten untuk rencana pemasaran media sosial, kamu mungkin hanya fokus pada gambar dan tulisan. Namun, kini kamu bisa memanfaatkan konten video siaran langsung dapat mudah digunakan seperti Instagram Live atau Facebook Live.

Promosi dengan menggunakan siaran langsung kini mulai dibanjiri peminat dari berbagai kategori Seller. Dengan live streaming, kamu bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli, memberikan gambaran yang nyata akan produk yang kamu tawarkan bahkan hingga ke cara pemakaiannya.

Ingin mempromosikan promosi dengan konten video? Simak caranya berikut ini, ya.

article

5. Buat rencana konten

Untuk mendukung kesuksesan media sosial kamu, kamu perlu membuat rencana. Sebagai pemain media sosial pemula, kamu bisa mulai dengan membuat kalender konten terlebih dulu. Misalnya, konten promosi produk baru akan kamu upload ke media sosial di hari Senin.

Untuk menghemat tenaga, kamu bisa mengatur konten yang mau di-upload secara terjadwal. Sudah banyak media sosial yang menyediakan fitur ini.

Terakhir, pastikan kamu memasang deep link atau link situs tokomu di bio media sosial agar calon pembeli bisa langsung ke tokomu.

article

Baca juga: Cara menggunakan deep link

Mudah ‘kan, Seller? Yuk, mulai optimalkan media sosial agar bisnismu makin berkembang pesat! Selagi ada jalan, manfaatkan kesempatan ini biar nggak ditikung kompetitor sebelah. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Pakai Fitur Produk Unggulan Biar Produk Andalan Makin Kelihatan

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 23 SepBaca 2 menit
top description

Aktifkan Voucher Toko, Promosi yang Paling Dinanti Pembeli

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 22 SepBaca 2 menit
top description

Bebas Atur Jam Kerja dan Libur Toko dengan Fitur Jadwal Toko

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 21 SepBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual