Cara Optimasi Media Sosial untuk Berjualan

Cara Optimasi Media Sosial – Teknologi telah merubah kebiasaan masyarakat di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Jika dahulu penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar melalui internet, khususnya media sosial.

Bukan hanya untuk menyebarkan informasi, media sosial sekarang dijadikan sebagai tempat berbelanja dan berjualan.

Kini media sosial sudah seperti tempat pertama jika ingin mencari apapun, saat mencari barang untuk berbelanja. Oleh karena itu, kini media sosial sudah bisa dijadikan sebagai tempat pemasaran bisnis yang menjanjikan untuk membuat usaha jenis apapun baik itu usaha makanan, baju dan produk lainya. 

Masih bingung bagaimana menggunakan media sosial dengan baik untuk berjualan? Simak tips dibawah ini!

Cara Optimasi Media Sosial untuk Berjualan

Hati-hati dalam Menggunakan Media Sosial

Karena media sosial jaringannya sangat luas, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan:

  • Gunakan kalimat yang baik dan mudah dimengerti
  • Gunakan gambar yang pantas untuk ditampilkan di social media
  • Jangan sungkan untuk meminta maaf jika ada customer yang mengalami masalah dalam proses jual-beli.

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

Memperkuat Strategi

Strategi dalam usaha di social media harus dibentuk secara baik. Strategi harus dibuat agar mampu mendatangkan pembeli. Strategi bisa dibuat mulai dari bagaimana foto yang akan kamu posting sampai bagaimana cara kamu membalas pertanyaan pembeli.

Posting Berulang Kali

Posting berulang kali konten jualan kamu untuk mendapatkan berbagai manfaat, seperti mendapatkan followers baru, memaksimalkan traffic. Posting berulang kali juga dapat membuat followers kamu yang sebelumnya tidak tertarik menjadi ingin tahu dan lebih tertarik dengan barang jualanmu.

Baca juga: Tips Halaman Produk yang Baik Agar Affiliate & Pembeli Tertarik

Dekati Followers-mu

Cara ini cukup penting dalam usaha melalui media social cobalah untuk mendekati seperti apa followers kamu,dan beri perhatian agar kamu dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan yang tentunya akan berdampak baik untuk usahamu.Dan jangan lupa menerima kritik dan saran yang disampaikan oleh konsumen sebagai suatu proses membuat usaha kalian menjadi lebih baik kedepannya.

Baca juga: Mau Produkmu Diiklankan Artis? Pakai Affiliate Marketing!

Mengatur Waktu Update

Perbedaan waktu dapat mempengaruhi traffic. Mengatur waktu update harus sangat diperhatikan agar saat kamu memposting sesuatu dapat dilihat semua followers kamu di waktu yang tepat. Gunakan fitur insight untuk mengetahui kapan followers-mu paling aktif. Kamu bisa lihat dari jam dan harinya agar kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk posting.

Kreatif

Persaingan usaha di media sosial sangat tinggi maka dari itu, buatlah postingan, konten yang kreatif, beda, dan memberi value bagi konsumen kamu. Semakin kreatif dan menarik postingan yang kamu buat akan semakin tinggi daya tarik followers melirik jenis usaha kamu.

Konsisten 

Menggunakan sosial media sebagai media berjualan akan memproyeksikan citra merek usaha kamu di berbagai platform media sosial. Sementara masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, namun identitas bisnis online terbaik dengan tetap konsisten mempertahankan brand image yang telah dibuat sejak awal.

Bagaimana, Seller? Sudah siap untuk memulai usaha dan promosi menggunakan media sosial? Semoga cara di atas dapat membantu kamu dalam memulai usaha dan menggunakan sosial media untuk promosi.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller