Bagaimana Cara Menolak Transaksi dengan Alasan Tepat?

Cara Menolak Transaksi dengan Alasan Tepat – Tahukah Anda jika menolak pesanan akan mempengaruhi statistik keberhasilan transaksi? Hal ini sering terjadi berulang-ulang pada produk yang sama. Biasanya karena penjual lupa meng-update informasi produk tersebut. Tapi sekarang, Anda bisa langsung mengubah detail informasi produk jika mau menolak pesanan tersebut karena suatu alasan.

Kini Anda bisa memberi keterangan detail kepada pembeli saat menolak pesanan. Ada beberapa opsi yang ditambah, sehingga Anda tidak perlu memilih opsi “Lainnya” yang terkesan membingungkan pembeli. Berikut ini beberapa update terbaru dari Tokopedia untuk memudahkan Anda dalam meng-update informasi terhadap produk yang terpaksa harus ditolak.

 

Jenis Penolakan Transaksi

1. Persediaan Barang Habis

Persediaan Barang Habis

Saat Anda memilih opsi ini, secara otomatis produk tersebut akan dimasukkan ke dalam gudang setelah Anda klik “Konfirmasi”. Produk di dalam gudang secara otomatis menjadi tidak aktif untuk sementara sehingga tidak bisa dibeli dan mencegah Anda menolak transaksi pada produk yang sama. Untuk kembali mengaktifkannya, Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan Produk, kemudian pindahkan kembali ke etalase yang sesuai saat stok produk kembali tersedia dan siap dijual.

2. Varian Tidak Tersedia

Varian Tidak Tersedia

3. Salah Harga atau Berat Produk

Opsi ini bisa dipilih jika Anda lupa atau salah saat meng-update data pada harga atau berat produk tertentu. Setelah memilih opsi ini, Anda akan diarahkan untuk mengubah harga/berat dari produk-produk yang berada dalam transaksi tersebut. Opsi “Stok Kosong” juga tetap muncul pada opsi ini.

4. Toko Sedang Tutup

Toko Sedang Tutup

Saat Anda memilih opsi ini, Anda akan langsung diarahkan ke halaman untuk mengubah pengaturan status toko Anda. Anda bisa langsung menutup toko dengan menyertakan alasan dan jangka waktu tutup toko. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan produk-produk ke dalam gudang dengan mencentang pada kotak yang akan muncul seperti pada opsi-opsi sebelumnya.

5. Kendala Kurir

Anda bisa memilih opsi ini jika terjadi kendala saat proses pengiriman barang, seperti lokasi pengiriman tidak terjangkau. Alasan-alasan lain terkait kendala pengiriman bisa Anda cantumkan di kolom keterangan yang akan muncul.

6. Permintaan Pembeli

Opsi ini ada karena seringkali pembeli mengajukan pembatalan transaksi dengan berbagai alasan. Anda bisa memilih opsi ini dan jangan lupa mencantumkan informasi yang jelas pada kolom keterangan. Opsi ini sebaiknya menjadi pilihan terakhir jika tidak ada kesepakatan dengan pembeli karena hal ini mempengaruhi statistik keberhasilan transaksi Anda.

Opsi-opsi tersebut memudahkan Anda untuk menyertakan alasan yang sesuai saat terjadi penolakan terhadap order tertentu. Dalam update terbaru ini opsi “Lainnya” ditiadakan agar Anda bisa memberi alasan yang lebih jelas dan membuat pembeli lebih mengerti.

Selain itu, kini Anda bisa langsung mengirim pesan kepada pembeli dari halaman penjualan lewat tombol “Tanya Pembeli”.

tanya pembeli

Update terbaru di menu penjualan ini akan lebih memudahkan Anda, bukan? Tapi, akan lebih baik jika Anda tidak menolak pesanan masuk, karena selain memberikan histori statistik yang buruk, pembeli juga akan merasa kecewa sehingga enggan untuk berbelanja di toko Anda.

Tips untuk Menghindari Pembatalan Transaksi

Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk menghindari pembatalan transaksi:

  1. Rajin update mengenai ketersediaan barang dan variannya.
  2. Teliti dalam meng-input dan selalu mengecek secara berkala terhadap harga dan berat produk.
  3. Menjalin komunikasi yang baik dengan pembeli untuk mencari solusi selain pembatalan transaksi.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut dan statistik 100% keberhasilan transaksi, pembeli tidak akan ragu untuk berbelanja, bahkan merekomendasikan toko Anda kepada yang lainnya.