Ketahui Tips dan Trik Cara Meningkatkan Transaksi di Toko Online

Sebagai seorang penjual online, tentunya Anda menginginkan toko online Anda banyak dikunjungi oleh pembeli agar penjualan Anda dapat meningkat. Namun untuk mendapatkan banyak pembeli tentunya bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk toko online yang tergolong baru. Untuk meningkatkan penjual, tentunya Anda harus mengenalkan toko Anda  dan meyakinkan pembeli untuk berbelanja di toko online Anda.

Lalu apa saja cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda? Yuk, simak 5 tips jitu di bawah ini!

Tips Meningkatkan Transaksi Online Shop

Kenali Target Pasar

Sesuaikan target pasar yang Anda tuju dengan nama brand atau merek toko dan produk Anda serta kegiatan promosi yang dilakukan. Misal Anda membidik target perempuan muda kelas menengah ke atas, buatlah nama toko dengan kata-kata yang lebih modern dan elegan. Bila target Anda, anak remaja, promosikanlah produk dengan tagline yang seru dan enerjik. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menarik perhatian target pasar untuk membeli produk tersebut

Sedangkan untuk kegiatan promosinya, dengan contoh target pasar perempuan muda kelas menengah ke atas, Anda dapat memberikan promo berupa hadiah kecil yang dapat dikirimkan setiap pembelanjaan di atas nominal tertentu. Atau masih banyak lagi bentuk promosi yang dapat Anda lakukan.

Meyakinkan Pembeli

Dalam jual beli online, pembeli tidak dapat melihat fisik produk. Sehingga Anda harus meyakinkan bahwa barang yang dijual sesuai dengan ekspektasi calon pembeli. Anda dapat meyakinkan pembeli dengan penjelasan yang spesifik mengenai produk mulai dari spesifikasi, manfaat, cara penggunaaan, hingga kelebihan produk.

Anda juga sebaiknya mengambil gambar sendiri, sehingga produk yang Anda jual terlihat berbeda dibanding dengan barang sejenis dari toko lain. Dan apabila Anda adalah Gold Merchant, jangan lupa untuk menggunakan fitur Upload Video untuk mendemonstrasikan produk melalui video.

Mencantumkan Identitas yang Benar

Mencantumkan identitas yang benar akan membuat calon pembeli merasa lebih nyaman berbelanja di toko Anda. Jika Anda memiliki toko fisik, Anda dapat mencantumkan alamat toko fisik tersebut sebagai informasi yang dapat membuat pembeli lebih yakin untuk berbelanja di toko Anda.

Respon yang Cepat Saat Membalas Pesan maupun Diskusi

Sebelum pembeli melakukan transaksi di toko Anda, biasanya mereka akan bertanya terlebih dahulu mengenai ketersediaan produk di toko Anda melalui fitur Pesan maupun Diskusi Produk. Berikan respon atau jawaban sesegera mungkin, sehingga pembeli merasa bahwa Anda mudah dihubungi dan toko Anda lebih responsif. Dengan demikian pembeli akan bertransaksi di toko Anda dan mencegah pembeli “lari” ke toko lain.

Melakukan Promosi dengan Sering

Masih ingatkah dengan pepatah “rajin pangkal pandai”. Nah, kita harus menerapkan trik dari pepatah tersebut. Jika ingin meningkatkan penjualan, maka kita harus rajin melakukan promosi, baik itu melalui media sosial ataupun menggunakan fitur yang ada di Tokopedia.

Tokopedia sendiri menyediakan fitur promosi produk. Mulai dari promo dengan klik share ke sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Line.

Ada juga promosi satu jam sekali di tokopedia atau fitur Promosi Gratis. Fitur ini akan membantu produk Anda muncul di halaman pencarian Tokopedia. 

Jika promosi satu jam sekali masih dirasa kurang, Anda dapat menggunakan fitur TopAds untuk membantu Anda melakukan kegiatan promo baik produk maupun toko Anda. Selain mampu menjangkau pengunjung yang lebih banyak dan luas, keunggulan dari fitur TopAds adalah biaya murah dan mudah diatur. Tak hanya bisa mengatur batas biaya penggunaan Iklan, Anda juga hanya membayar pada saat iklan tersebut di-klik oleh pengunjung sehingga pembiayaan untuk iklan menjadi lebih efektif.

TopAds Tokopedia

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.