Tips Meningkatkan Pelayanan Toko

Tips Meningkatkan Pelayanan Toko – Pembeli adalah raja memang istilah yang sering kita gunakan dalam dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, dari istilah tersebut kita harus memandang pembeli sebagai prioritas utama. Hal ini akan membuat konsumen merasa diistimewakan sehingga dapat menjadi pelanggan yang loyal, sehingga peluang untuk mereka membeli lagi di tokomu lebih besar.

Pelayanan adalah salah satu cara bagi penjual untuk meningkatkan penjualannya. Maka harga bukanlah satu-satunya faktor pembeli untuk membeli suatu produk, namun pelayanan yang baik akan membuat konsumen senang dan terdorong untuk membeli. Lalu bagaimana cara meningkatkan pelayanan tokomu? Mari kita simak tipsnya berikut ini.

Tips Meningkatkan Pelayanan Toko

  1. Cepat dan Tanggap

Semua pelanggan tidak suka menunggu. Baik berbelanja online atau offline, kamu harus memiliki sikap yang cepat dan tanggap. Cepat contohnya seperti membuat konsumen tidak menunggu balasan pertanyaan di chat. Apabila anda jualan secara online, kamu harus selalu stand by untuk menjawab pertanyaan dari chat konsumen. Tanggap artinya kamu harus merespon sesuai dengan apa yang dimaksud oleh pelanggan, bukan hanya cepat, namun harus sesuai dengan keinginan dan maksud pelanggan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Review Bintang 5 dari Pelanggan

  1. Survey Kepuasan Pelanggan

Survey kepuasan pelanggan sangatlah penting untuk evaluasi toko. Kamu mungkin saja merasa baik-baik saja dalam memberikan pelayanan, namun setiap pelanggan memiliki keinginan dan persepsi yang berbeda. Jadi kamu perlu mencari tahu seperti apa pelayananmu dari sisi pelanggan, apakah sudah baik atau belum. Survey ini bisa kamu lakukan secara online atau sediakan kertas kecil di toko jika kamu memiliki toko fisik. Sisipkan kolom untuk memberi kritik dan saran.

  1. Menerima Masukan

Setelah melakukan survey, yang perlu kamu lakukan adalah analisis dari pemikiran konsumen mengenai tokomu. Apabila mereka memberi kritik atau saran, ada baiknya kamu ucapkan terima kasih dan diterapkan sarannya. Kamu memang memiliki toko, tapi kamu tidak boleh egois dan berpikir bahwa yang kamu telah berikan kepada pelanggan adalah yang terbaik, bisa saja saran yang diberikan pembeli adalah yang mereka butuhkan namun tidak terpikirkan olehmu.

  1. Mengakui Kesalahan

Seringkali semua yang telah direncanakan tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya. Walaupun bisnismu telah maju dan sukses, kesalahan terkadang tidak dapat dihindari. Alangkah baiknya apabila terdapat kesalahan dari toko dan menimbulkan komplain terhadap pelanggan, kamu harus menerima dan mengakuinya. Meminta maaf adalah cara terbaik yang dapat membuat pelanggan berpikir kamu dan tokomu profesional dan dapat mengembalikan kepercayaannya terhadap tokomu.

Baca juga: Cara Meminimalisir Komplain di Toko Anda

  1. Stock Barang

Stock barang yang habis akan membuat konsumen kecewa, karena kebutuhan mereka tidak dapat terpenuhi. Jadi selalu jaga stock barang andalan yang anda jual agar selalu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Fitur Stock Management: Atur Stok Secara Otomatis

  1. Kualitas Produk

Pelayanan bukan hanya berupa respon di toko, keramahan yang diberikan, dan lainnya, namun produk juga merupakan komponen yang tidak kalah penting. Dengan membeli produk di tokomu, pembeli rela mengeluarkan uangnya. Oleh karena itu, kamu harus menyeimbangkannya. Bukan hanya pada pelayanan toko, namun dengan memberi produk yang berkualitas. Bukan berarti produk harus mahal dan branded, namun produk harus terhindar dari cacat, kemasan rusak, dan lainnya.

Itu dia tips agar tokomu dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Terapkan cara-cara ini agar pelanggan dapat menjadi loyal dan puas terhadap pelayanan tokomu, dengan begitu tokomu akan mempunyai citra positif dan mungkin saja pelanggan dapat merekomendasikan toko anda secara sukarela ke orang lain karena pelayanan toko yang anda berikan. Selamat mencoba!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller