Tokopedia

Topik

  1. Pengaturan logistik
  2. Berat dan Ukuran Paket Benar, Kunci Pengiriman Lancar

Berat dan Ukuran Paket Benar, Kunci Pengiriman Lancar

Kurir akan menghitung ulang berat paket sebelum mengirim produk

Diperbarui 21 Jan • Baca 3 menit

Hai Seller, kurir akan menghitung berat paket yaitu total berat dari berat produk dan kemasan termasuk kemasan kayu sebelum melakukan pengiriman. Hal ini dilakukan agar tidak ada perbedaan biaya yang dibayarkan oleh pembeli dengan yang diterima oleh kurir. Nah, apabila kamu menggunakan kurir dengan metode cashless, bisa berakibat adanya selisih pemotongan ongkos kirim.

Kamu juga akan diarahkan untuk mengganti ke resi manual/non-cashless dan bayar ongkos kirim di gerai apabila selisih berat paketmu melebihi 5kg. Jika kurir yang kamu pilih tidak melayani resi manual/non-cashless, maka kamu perlu menggunakan fitur ganti kurir. Oleh karena itu, pastikan kamu mencantumkan berat produk termasuk kemasannya di kolom deskripsi produk, agar proses pengiriman pesananmu berjalan lancar.

Baca juga: Mau Bebas Ongkir Saat Belanja? Tokopedia Saja!

Simak cara menghitung berat paket dengan tepat di bawah ini!

Pembulatan berat (kg) masing-masing kurir logistik

Setiap kurir memiliki hitungan berat yang berbeda. Perhatikan tabel berikut untuk mengetahui pembulatan berat setiap kurir untuk layanan reguler.

article

Perhatikan tabel berikut untuk mengetahui pembulatan berat setiap kurir untuk layanan kargo.

article

Cara menghitung berat produk

Saat menghitung berat produk, kamu akan menjumpai istilah berat massa (berat aktual) dan berat volumetrik (berat dimensi). Berat massa adalah berat asli dari suatu produk, sedangkan berat volumetrik adalah perhitungan berat secara volume dengan rumus perhitungan:

  • (P x L x T) / 6000 untuk layanan reguler dan Kargo di Tokopedia

Berat massa dan volumetrik harus sudah termasuk box packaging. Setelah kedua berat massa dan volumetrik dihitung, berat yang akan dipilih kurir ialah berat yang tertinggi.

Untuk lebih memahami cara menghitung berat produk berdasarkan kemasan dan layanannya, perhatikan tabel berikut.

article

Agar lebih memahami cara perhitungannya, simak contoh perhitungan berikut:

Contoh 1:

Toko Andi menjual produk buku pelajaran yang memiliki berat 3500gram. Nina membeli 1 produk buku tersebut dengan menggunakan kurir reguler SiCepat Reguler. Perhitungan beratnya adalah:

1 x 3500gram = 3500gram = 3,5kg.

Kurir SiCepat memiliki perhitungan pembulatan ke atas setelah paketnya lebih dari 3,3kg. Dengan begitu, walaupun berat bukunya sebesar3,5 kg, berat yang diakui oleh kurir SiCepat ialah 4kg (pembulatan ke atas).

Contoh 2:

Toko Andi menjual produk buku pelajaran yang memiliki berat 3500gram, setiap bukunya memiliki berat 3500gram. Nina membeli 3 produk buku tersebut dan dikemas dalam kardus berukuran 70cm x 20cm x 30cm menggunakan kurir SiCepat Reguler. Perhitungan beratnya ialah:

Berat massa: 3 x 3500gram = 10.500gram atau dibulatkan ke atas menjadi 11kg.

Berat volumetrik: (70cm x 20cm x 30cm) / 6000 = 42.000 / 6.000 = 7.000gram atau 7kg.

Walaupun berat volumetrik lebih ringan daripada berat massa, kurir SiCepat akan tetap mengambil perhitungan yang lebih besar, yaitu berat massa sebesar 11kg.

Contoh 3:

Toko Andi menjual produk 1 paket buku pelajaran dengan berat 15.500gram. Nina membeli 1 paket buku tersebut dan dikemas dalam kardus berukuran 70cm x 40cm x 30cm. Andi hanya membuka layanan SiCepat Gokil (Layanan Kargo SiCepat). Oleh karena itu, perhitungan beratnya ialah:

Berat massa: 1 x 15.500gram = 15.500gram atau dibulatkan ke atas menjadi 16kg.

Berat volumetrik: (70cm x 60cm x 40cm) / 6.000 = 168.000 / 6.000 = 28kg.

Walaupun berat massa lebih ringan daripada berat volumetrik, kurir SiCepat akan tetap mengambil perhitungan yang lebih besar yaitu berat volumetrik, yakni sebesar 28kg.

Ilustrasi di atas menjelaskan perbandingan antara berat massa dengan berat volumetrik. Setelah memahami perbedaan keduanya, jangan lupa untuk masukkan berat tertinggi pada bagian ‘Berat’ di halaman ‘Tambah Produk, ya. 

Baca juga: Ketahui Cara Proses Pesanan Menggunakan SiCepat dan Anteraja

Baru! Cara menghitung ukuran produk

Catatan: Saat ini, fitur Ukuran Produk hanya bisa digunakan oleh beberapa Seller terpilih. Tapi jangan khawatir, nantinya fitur ini akan dapat digunakan oleh semua Seller Tokopedia.

Kini Seller dapat memasukan panjang, lebar, dan tinggi produk dengan fitur Ukuran Produk, fitur untuk melakukan input informasi dimensi produk (panjang, lebar, dan tinggi produk) dalam satuan cm, sehingga Tokopedia dapat membantu Seller menghitung berat volume yang akan dibandingkan dengan berat produk sebagai dasar perhitungan ongkos kirim. 

Saat memasukkan informasi mengenai ukuran/dimensi produk, pastikan:

  1. Produk dalam kondisi siap kirim
  2. Sudah termasuk dengan packaging (packing kayu, bubble wrap, kardus, dan lainnya)

Misalnya, Seller ingin mengirim vas bunga. Maka seller harus mengukur dimensi produk setelah vas bunga telah di-packing dengan kardus, bubble wrap, dan packing kayu (apabila dibutuhkan).

Cara mencantumkan berat dan ukuran produk

1. Di bagian Halaman Penjualan, pilih ‘Produk’, lalu klik ‘Tambah Produk

2. Di bagian ‘Berat dan Pengiriman’, masukkan berat asli yang sudah kamu hitung sebelumnya. Masukkan dalam ukuran Gram atau Kg.

3. Masih pada bagian yang sama, masukan ukuran/dimensi paket pada kolom Ukuran Produk. Sistem akan secara langsung melakukan kalkulasi, kemudian Seller dapat melihat Berat Volume dari hasil kalkulasi. Setelah itu, klik ‘Simpan’

Rumus kalkulasi berat volume:

Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm)

 6.000 

Dasar perhitungan berat yang akan digunakan sebagai dasar perhitungan ongkir adalah: 

  • Apabila berat produk lebih besar dari berat volume, maka penghitungan ongkos kirim berdasarkan berat produk.
  • Apabila berat produk lebih kecil dari berat volume, maka penghitungan ongkos kirim berdasarkan berat volume.

Simulasi perhitungan ongkos kirim

  1. Seller memasukan Berat Produk sebesar 10.120 gram atau 10.12 kg dan Ukuran Produk sebesar 100 cm x 200 cm x 150 cm. Setelah sistem melakukan kalkulasi, hasil akhir perhitungan Berat Volume adalah 5.25 kg. Maka perhitungan Ongkos Kirim akan menggunakan Berat Produk yaitu 10.12 kg.
  2. Seller memasukan Berat Produk dengan berat 1.000 gram atau 1 kg dan Ukuran Produk    adalah 100 cm x 200 cm x 150 cm. Setelah sistem melakukan kalkulasi, hasil akhir perhitungan Berat Volume adalah 5.25 kg. Maka perhitungan Ongkos Kirim akan menggunakan Berat Volume yaitu 5.25 kg.

4. Ketika Seller sudah memasukan Berat Produk dan Berat Volume sudah terkalkulasi, dan semua kolom informasi sudah diisi, maka langkah selanjutnya Seller dapat klik Simpan.

Nantinya akan terdapat Pop Up Notifikasi untuk verifikasi untuk panduan pengukuran ukuran produk dan juga dasar perhitungan formula Berat Volume. Selanjutnya Seller dapat klik Mengerti atau close pop up nya. 

5. Selanjutnya akan terdapat informasi terkait produk apa saja yang berpotensi memiliki Berat Volume yang tinggi. Seller dapat melanjutkan dengan klik Mengerti atau close Pop Up Notifikasi. 

Nah, fitur ini sangat memudahkanmu kan Seller? Selalu tuliskan berat dan ukuran produkmu dengan benar serta akurat agar tidak terjadi masalah pengiriman ya. Jika kiriman paket lancar, tentu pembeli akan senang. Manfaatkan juga fitur Bebas Ongkir agar pembeli semakin banyak yang memilih tokomu.

Berat Paket

Isi Berat Paket yang Dikemas

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Makin Untung dengan Skema Baru Layanan Bebas Ongkir!

Pengaturan logistikDiperbarui 26 JanBaca 2 menit
top description

Aturan Baru Layanan Pick Up Kurir Biar Kirim Orderan Makin Lancar!

Pengaturan logistikDiperbarui 25 JanBaca 2 menit
top description

Pakai Asuransi Tokopedia Lebih Murah dan Praktis!

Pengaturan logistikDiperbarui 25 JanBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan