6 Cara Kembangkan Bisnis Online

Cara Kembangkan Bisnis Online – Dengan banyaknya bisnis online sekarang ini, kamu tentunya butuh inovasi lebih untuk mengembangkan bisnis online-mu sendiri. Dimulai dari desain sampai pelayanan yang baik dapat meningkatkan kunjungan ke tokomu. Coba perhatikan hal-hal kecil seperti kepuasaan pelanggan, apa yang dipikirkan pelanggan, bagaimana pelanggan puas dengan service serta produk yang kamu tawarkan, mengembangkan bisnis bukanlah hal sulit.

Yang patut dipahami oleh pebisnis online adalah mempunyai pedoman dasar yaitu melayani, dipercaya, dan pengiriman yang aman dan mudah. Setelah kamu mempunyai pedoman awal, saatnya kamu berinovasi bagaimana caranya kamu menarik pelanggan sehingga produk kamu menjadi produk unggulan yang kreatif dan selalu diingat.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnis online-mu dengan baik.

Baca juga: Ternyata Ini yang Bisa Kembangkan Bisnismu di Tengah Persaingan

6 Cara Kembangkan Bisnis Online-mu

  • Target audience yang tepat

Jika kamu menjual produk fashion, maka targetkan untuk siapa produk tersebut dibuat. Apakah untuk fashion anak, remaja atau dewasa? Dengan mempunyai target kamu juga dapat fokus dengan apa yang kamu jual. Kamu dapat mencocokan kreativitas dan inovasi kamu sesuai target pasar yang kamu tuju. Kamu akan dapat melayaninya secara gampang dan mudah dengan target yang kamu inginkan.

Baca juga: Optimalkan Bisnismu dengan Fitur Wawasan Pasar

  • Gunakan sosial media

Sosial media salah satu hal yang paling penting dan kunci untuk mengembangkan bisnis online-mu. Kamu harus mempunyai sosial media untuk mempublikasikan produk kamu karena sekarang sosial media adalah tempat beriklan yang paling optimal. Berikan gambaran yang menarik dan kreatif kepada calon pelanggan melalui sosial media tokomu. Selain itu, jangan lupa dengan caption yang menarik dan link web atau platform jualan kamu, sehingga pengunjung akan lebih mudah mengakses produk jualanmu.

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

  • Beriklan

Beriklan memang membutuhkan biaya, tetapi percayalah bahwa iklan akan membuat jangkauan tokomu dilihat lebih banyak calon pelanggan. Kamu bisa beriklan di media sosial atau di Tokopedia dengan menggunakan TopAds Iklan. Ada bermacam-macam jenis iklan yang kamu bisa gunakan dengan TopAds, kamu hanya perlu beriklan sesuai dengan karakter tokomu.

  • Pelayanan yang baik

Pembeli adalah raja. Segala pertanyaan atau apa yang diinginkan mengenai produk jualanmu, harus dilayani dengan sepenuh hati. Kamu tidak boleh negative thinking. Karena setiap ada yang mengunjungi tokomu, anggap semuanya adalah pelanggan yang akan membeli, sehingga kamu harus melayani semuanya dengan baik.

Kamu harus bisa menerima setiap masukan atau saran dari pelanggan. Dari sini, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan atau kelebihan dari bisnismu. Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan bagi usaha yang ingin kamu kembangkan, karena setiap masukkan dari pembeli atau pelanggan akan menjadi poin yang wajib kamu bangun dengan baik.

  • Pengiriman yang baik cepat dan aman

Pada umumnya, pembeli paling kritis akan pengiriman yang baik karena komentar paling banyak biasanya adalah mengenai pengiriman atau shipping. Maka dari itu kamu harus teliti tentang hal ini. Tidak hanya cara pengiriman yang jelas, serta info-info update yang terus harus kamu berikan kepada pelanggan, kamu juga harus memberikan kira-kira kapan waktu barang mereka akan tiba. Selain itu kalau bisa, kamu menyiapkan alat tracking sehingga pelanggan bisa melihat barang yang ia beli dimanapun dan kamu tidak perlu repot-repot menginfokan secara terus menerus.

Jika kamu berjualan di Tokopedia, pelanggan akan mendapatkan informasi live tentang dimana barang sedang berada, sehingga pelanggan akan lebih mudah untuk tracking barangnya.

  • Platform jualan yang tepat

Dengan website atau platform yang tersedia seperti Tokopedia, kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan, karena pelanggan ingin membeli barang dengan aman, mudah dan pastinya terpercaya. 

Itulah tips dan cara mengembangkan bisnis online kamu agar menjadi unggulan. Semoga bisnis online kamu berjalan lancar dan berkembang dengan baik! Untuk kamu yang ingin berbisnis online, yuk cek Tokopedia. Dengan desain, fitur dan keamanannya, Tokopedia sudah berkembang menjadi platform jual-beli bisnis online yang cukup besar sehingga kamu akan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

BUKA TOKO SEKARANG[/tracker-button

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller