Kewalahan Mengelola Toko? Delegasikan Pekerjaan pada Admin Toko

Setiap penjual pasti ingin bisnisnya berkembang dengan cepat. Namun, ketika bisnis sudah menjadi besar, seringkali penjual kewalahan mengelola bisnis tersebut. Oleh karena itu, penjual harus bisa menciptakan sistem yang efektif di toko online-nya. Berikut adalah langkah-langkah membuat sistem pengelolaan yang baik di toko online Anda.

Langkah-langkah Membuat Sistem Pengelolaan yang Baik

Langkah 1: Temukan orang untuk membantu bisnis Anda

Banyak orang yang bisa Anda mintai bantuan untuk mengelola bisnis online Anda, mulai dari keluarga, teman, sampai pegawai. Namun, pastikan orang tersebut jujur dan bertanggung jawab.

Langkah 2: Delegasikan pekerjaan Anda

Setelah menemukan orang yang tepat, Anda harus mendelegasikan pekerjaan kepada orang tersebut. Di Tokopedia, fitur Admin Toko dapat dimanfaatkan untuk mengelola toko menjadi 5 kategori, yaitu Admin Inbox, Kelola Toko, Transaksi, Topads, dan Statistik. Pemilik toko dapat memilih akses mana yang akan diberikan. Berdasarkan riset, pendelegasian pekerjaan yang paling sering dilakukan di kalangan penjual adalah pemberian 3 akses atau seluruh akses.

  • Yang termasuk dalam kategori 3-Akses adalah Admin Inbox, Kelola Toko, dan Tansaksi. Mengapa 3-akses ini saja yang diberikan? Dengan 3-akses ini, admin dapat menjalankan kegiatan operasional toko saja. Penjual yang menggunakan fitur Admin Toko 3-Akses seperti ini biasanya ingin melindungi data toko dan tetap mengatur keputusan-keputusan penting dalam toko online.
  • Pemberian seluruh akses juga merupakan salah satu opsi favorit. Biasanya, penjual memberikan seluruh akses karena bisnisnya sudah besar atau adminnya adalah keluarga sendiri. Pada dasarnya, pemberian seluruh akses lebih mudah dan praktis untuk pemilik toko, asalkan si pemilik memiliki admin yang bisa dipercaya

Langkah 3: Ciptakan alur kerja yang baik

Setelah mendelegasikan tugas, Anda juga harus menciptakan alur kerja antara Pengelola, Pemeriksa Persediaan, dan bagian Pemasaran. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Pengelola Toko akan diberikan akses Admin Inbox, Kelola Toko, dan Admin Transaksi. Pada dasarnya, pengelola toko bertugas membalas diskusi produk, mengambil foto produk, dan membuat deskripsi produk. Bila ada lebih dari satu Admin, maka Anda dapat membagi admin-admin tersebut berdasarkan etalase barang atau jenis pekerjaan.
  • Bagian Persediaan bertugas untuk mengatur letak barang dan mengepak barang untuk dikirimkan.
  • Bagian Promosi akan diberikan akses Statistik dan TopAds. Bagian promosi ini bisa pemilik toko ataupun orang lain. Namun, disarankan 2 akses ini hanya diberikan kepada orang kepercayaan saja.

Langkah 4: Kembangkan potensi tim Anda

Seiring berkembangnya toko, Anda tentu akan semakin repot. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa kemampuan tim Anda juga berkembang. Pegawai atau karyawan yang dulunya hanya bisa operasional, sekarang harus bisa melakukan promosi dengan efektif. Setelah itu, tim bisa dibimbing lagi untuk mencari peluang-peluang baru bagi toko online Anda. Ingat, tim yang baik akan mendatangkan hasil yang baik pula.

Pelajari lebih lanjut mengenai fitur Admin disini.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller