[Wawasan Toko] 6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif

Lihat cara mudahnya! Download laporan penjualan di halaman Statistik, Analisa dan kelola keuangannya

Diperbarui 15 Nov  • Baca 2 menit

Hai Seller, mengetahui kondisi keuangan bisnis seutuhnya adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan perputaran keuangan bisnismu efektif. Namun bagaimanakah cara mengelola keuangan usaha secara efektif?

Ketahui dulu performa penjualan di toko

Jangan gegabah untuk langsung memisah dana penjualan menjadi beberapa bagian, nanti, alih-alih menabung malah buntung. Cek bagaimana performa penjualan toko selama periode tertentu. Apakah naik dari waktu ke waktu? Atau malah turun. Download laporan toko di halaman Wawasan Toko dan ketahui apa yang terjadi di tokomu!

Ada berbagai data lengkap di Laporan Toko

Di Laporan Toko terdapat pilihan data lengkap yang disajikan seperti:

  1. Data Mutasi Rekening: Daftar aktivitas dana yang masuk ke saldo penghasilanmu berupa dana masuk, dana dipotong, penarikan dana, hingga biaya-biaya promosi seperti Voucher Toko dan Bebas Ongkir. Data ini lengkap dengan tanggal tanggal aktivitas.
  2. List Transaksi: Daftar transaksi yang berhasil diselesaikan pada periode tertentu. Kamu bisa melihat Nama produk, jumlah, kurir yang dipilih, biaya ongkir, hingga total belanjaan pembeli.
  3. Produk Terjual dan Nominal: Terdapat juga daftar produk terjual dan nominal pembelian calon pembeli. Kamu juga bisa melihat nama pembeli yang paling sering belanja di tokomu lho.

Cara Download Laporan Toko

1. Buka halaman Tokopedia Seller melalui Desktop, klik ‘Statistik’, ubah rentang waktu sesuai yang kamu butuhkan kemudian klik ‘Download’ dan terakhir, klik ‘Laporan Toko’

2. Laporan akan masuk otomatis ke email yang kamu daftarkan. Khusus untuk email dengan custom domain, silahkan hubungi RM untuk melakukan pendaftaran custom domain. Jika sudah klik ‘Download’

3. Setelah ter-download kamu bisa melihat data-data yang disajikan di Laporan Toko dengan format file Excel.

6 cara mengelola keuangan Bisnis

Meskipun memiliki dan menjalankan bisnis kamu sendiri dapat menjadi hal yang terlihat mudah, banyak komplikasi yang pastinya akan dialami, terutama ketika tidak hati-hati dalam hal keuangan. Jangan biarkan bisnis kamu menderita karena pengelolaan uang yang buruk. Lakukan tips di atas untuk masa depan usaha kamu yang lebih cerah!

Yuk, cari tahu lagi!

Download Laporan

Download di Desktop

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual