Cara Menentukan Harga yang Tepat untuk Produkmu

Cara Menentukan Harga Barang – Beberapa orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti dan mencari informasi di internet untuk mendapatkan harga termurah, sementara yang lain fokus pada kualitas produk atau kenyamanan dan layanan toko. Ada yang pada akhirnya memilih berbelanja secara online, ada pula yang memutuskan untuk tetap berbelanja di toko fisik.

Apakah kamu pernah berpikiran seperti ini?

“Wow, produk ini bagus ya. Tapi harganya….”

“Harga gaun ini sekitar seratus lima puluh ribu di toko, tapi kalau belanja di online harganya hanya seratus ribu saja!”

Nah, kalimat-kalimat tersebut sering dilontarkan para pembeli, khususnya bagi mereka yang senang sekali berbelanja, namun terlalu banyak pertimbangan ketika ingin membelinya. Terlepas dari preferensi pribadi, ada satu hal bahwa keputusan pembelian hampir semuanya memiliki kesamaan, yaitu harga. Sebagai pembeli, kamu mungkin bersedia untuk menghabiskan waktu untuk mencari barang yang kamu anggap dalam “kisaran harga yang wajar.” Sebagai penjual, kamu perlu mengetahui dan memberikan harga yang tepat untuk setiap produk yang dijual.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tepat memberikan harga yang sesuai untuk produk yang kamu jual.

Cara Menentukan Harga Terbaik untuk Produkmu

Mulailah dengan Material Produk

Catat seluruh bahan yang kamu gunakan untuk membuat setiap barang dan berapa banyak pengeluaran yang dihabiskan untuk membuat barang tersebut. Jika kamu menjual barang-barang terkait dengan kerajinan tangan, silahkan masukan biaya bahan-bahan yang kamu beli juga untuk perhitungan harga akhir.

Baca juga: Bisnis Kerajinan Tangan: 7 Barang DIY yang bisa Anda Jual

Biaya Tidak Terduga

Buatlah daftar dari setiap pengeluaran bisnis yang tidak terikat dengan item tertentu. Misalnya, jika kamu menyewa ruang studio, pembelian peralatan atau membeli bensin saat pergi membeli bahan-bahan. Pengeluaran tersebut dibagi dengan jumlah barang yang kamu miliki. Hal tersebut memberikan perkiraan biaya tidak terduga dari per barang.

Perhitungkan Tenaga yang Kamu Keluarkan

Berapa jam yang dibutuhkan untuk mempersiapkan produk ini hingga siap dijual? Apa yang harus kamu bayar untuk semua yang kamu lakukan? Perlu diingat bahwa kamu mungkin satu-satunya orang yang melakukan setiap tugas yang terlibat dengan menjalankan bisnismu, termasuk produksi, pengemasan, pengiriman, mengedit foto dan menjawab e-mail.

Baca juga: Foto Produk Terbaik, Buat Pembeli Tertarik

Buatlah Tujuan Harga

Pikirkan tentang ruang lingkup tokomu dan dimana kamu ingin berkembang pada akhir tahun. Kamu juga perlu membandingkan harga yang terdapat di pasaran baik online maupun offline.  Hal ini dapat membantumu untuk menentukan harga saat ini dan masa yang akan datang.

Tentukan Target Audiens 

Kamu akan lebih mudah menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pelangganmu. Contohnya jika target market tokomu adalah remaja, mungkin kamu bisa menjualnya dengan harga standar di pasaran, tetapi memberikan promo jika membeli lebih dari beberapa barang.

Baca juga: Tentukan Target Pasar yang Sesuai dengan Fitur Statistik Toko

Lakukan penelitian

Bagian ini cukup penting untuk bisnismu di masa mendatang. Buatlah penelitian kecil terhadap harga yang sudah kamu tetapkan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan umpan balik dari orang-orang yang sudah mengetahui produk tokomu sehingga kamu dapat meningkatkan kualitas produk, baik dari segi material maupun dari harga yang sudah ditetapkan.

Menentukan harga sesuai harga pasar

Strategi lainnya dalam menentukan harga produk yaitu dengan melihat kompetisi harga di pasar. Dengan mengetahui harga dari para pesaing, kamu setidaknya sudah memiliki patokan harga. Ini bukan berarti kamu harus memberikan harga yang sama seperti harga yang ditawarkan pesaing. Namun, jika kamu sudah mengetahui bahwa produk kamu adalah produk yang terbaik kamu dapat menggunakan metode ini. Karena kualitas tidak akan membohongi hasil.

Diatas adalah tips-tips yang dapat kamu gunakan untuk menentukan harga barang atau produk yang kamu jual di tokomu. Poin mana yang menurutmu paling efektif untuk diterapkan di tokomu? 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller