6 Cara untuk Menemukan Ide Bisnis Online Paling Tepat Untukmu

Cari Ide Bisnis Online – Siapa saja memang bisa memulai ide usaha online-nya. Namun, tak sedikit ide bisnis online yang berujung pada kegagalan. Dengan berkembangnya teknologi, kini peluang dan ide bisnis online memang tak sulit didapatkan. Tapi, bagaimana cara mendapatkan ide bisnis online yang tepat serta tak hanya cocok untuk dijalani namun juga mampu bertahan di pasaran?

Jika Anda memiliki pertanyaan tersebut, simak berbagai tips dan cara mencari ide bisnis online berikut untuk menemukan inspirasi usaha online yang tepat dan terbaik untukmu:

Baca juga: 9 Peluang Bisnis Online Bulan Ramadan yang Menjanjikan

Cara Menemukan Ide Bisnis Online Terbaik

Cara Mencari Ide Bisnis Online
Sumber gambar: Pixabay

Memetakan Hobi & Kemampuan

Mengerjakan sesuatu yang kita sukai tentu akan membuat pekerjaan menjadi ringan. Namun, tak semua yang kita sukai, kita kuasai. Untuk itu, mulailah memetakan atau membuat daftar hobi dan kegemaranmu serta daftar kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

Dari daftar tersebut, Anda bisa mulai memilah-milah, hobi dan kegemaran mana yang cocok dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari ide bisnis online yang bisa direalisasikan melalui daftar tersebut.

Sebagai contoh, Andra adalah penggemar komik Jepang dan memiliki kemampuan desain visual yang baik. Maka Andra bisa mencoba untuk membuat jasa membuat karikatur Anime atau menjual berbagai pernak-pernik seputar Anime yang ia desain sendiri.

Riset Produk

Jika Anda sudah memiliki daftar berbagai produk yang mungkin menarik, penting untuk melakukan riset dan analisa terhadap keadaan pasar. Riset bisa Anda lakukan dengan memantau bisnis-bisnis serupa dan bagaimana penjualan dan animo pasar terhadap produk tersebut.

Seandainya pemain di pasar produk tersebut masih sedikit, sedangkan peminat pasar sangat banyak, bisa jadi produk tersebut adalah ide bisnis online yang tepat. Namun, jika dengan pemain yang banyak, sedangkan peminat pasar terbatas, ide bisnis tersebut akan sangat kompetitif, apalagi untuk pemain-pemain baru.

Selain melakukan “cek ombak”, riset ini juga membantumu untuk menemukan peluang-peluang bisnis online lainnya, ataupun ide menciptakan produk yang lebih baik.

Cara Mencari Ide Bisnis Online
Sumber gambar: Pixabay

Belajar dari Bisnis Lain

Menemukan ide bisnis bisa dimulai dari pengalaman. Lalu, bagaimana jika ini adalah ide bisnis online pertama Anda? Belajar dari pengalaman, tak selalu harus menggunakan pengalaman diri sendiri, Anda juga bisa mempelajarinya melalui ide usaha online lainnya yang sudah sukses terlebih dahulu.

Pelajari keunggulan dari ide bisnis tersebut dan apa saja yang dilakukan oleh sang pelaku bisnis hingga bisa berada diposisinya sekarang. Amati juga kekurangan serta resiko yang dihadapi. Dari sana, Anda bisa menerapkan konsep “A-T-M” alias Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Mulai dari cari Masalah

Berbicara mengenai pengalaman seperti di poin sebelumnya, pengalaman yang bisa melahirkan ide peluang bisnis online tak melulu harus pengalaman berbisnis, tapi juga pengalaman sehari-hari. Dengan mengamati keseharianmu, mulai dari kendala dan permasalahan seperti apa yang dihadapi dan produk apa yang bisa dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Misalkan, saat kesulitan membuat acara “Bridal Shower” karena sulit menentukan tema dan dekorasi, Anda bisa mencoba menciptakan solusi dengan memulai bisnis online yang menjual dan menyewakan dekorasi tematik untuk “Bridal Shower” dan berbagai acara serupa.

Sama halnya dengan poin sebelumnya, Anda juga bisa mengamati pengalaman orang lain untuk mencari inspirasi peluang bisnis online yang tepat.

Pinjaman Mitra Toppers

Peka Mengamati Trend

Dalam mencari ide peluang bisnis online, yang tak boleh luput dari pengamatan adalah trend yang tengah diminati dan booming. Selain membantu menemukan peluang bisnis yang tepat, cara ini juga bisa membantumu mengetahui pola pasar terhadap produk terkait.

Pada saat mengamati trend, berhati-hatilah dalam menentukan trend seperti apa yang bisa menjadi peluang usaha. Trend-trend yang bersifat sementara dan tak menjawab permasalahan sehari-hari tentu tidak akan memberikan ide peluang usaha dalam jangka panjang. Pertimbangkan apakah dalam jangka waktu tersebut Anda bisa memutar kembali uang modal dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Cara Mencari Ide Bisnis Online
Sumber gambar: Pixabay

Manfaatkan Berbagai Media Belajar

Tips menemukan ide peluang bisnis online terakhir adalah memperdalam pengetahuan dan wawasan dengan belajar. Kini, platform belajar bisnis online sudah sangat berkembang sehingga Anda bisa belajar apapun dan dimanapun.


Baca juga: Bisnis Hebat dengan Target S.M.A.R.T!

Dengan berbagai tips dan cara menemukan ide bisnis online, Anda bisa memulai menggambar model bisnis seperti apa yang berpotensi untuk Anda mulai. Selain ide yang tepat, niat dan usaha yang maksimal menjadi faktor yang tak kalah penting untuk menentukan sebuah ide bisnis online bisa berkembang dan bertahan atau menjadi sebuah kegagalan.

Selamat menemukan dan memulai ide bisnis online terbaik-mu.

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.