Cara Mendapatkan Review Bintang 5 dari Pelanggan

Cara Mendapatkan Review Bintang 5 – Membuat pelanggan senang adalah salah satu kebanggan yang tak ternilai dan membuat kamu semakin bersemangat dalam menjalankan bisnismu. Review dari pelanggan juga menjadi salah satu tolak ukur perkembangan bisnismu dan juga menjadi daya tarik untuk orang lain yang datang ke tokomu.

Jangan hanya berfokus pada sistem penjualan dan cara mencari untung sebanyak-banyaknya, tetapi cara menjaga hubungan dengan pembeli juga harus dipikirkan. Salah satunya lewat review produk yang baik. Apalagi sekarang pembeli bisa lebih mudah memberikan review setelah berbelanja di tokomu.

Baca juga: Tingkatkan Review Positif Toko Anda dengan 5 Langkah Mudah Ini

Tampilan Terbaru Halaman Review Produk dari Sisi Pembeli

Sekarang, setelah selesai berbelanja, pembeli akan diberikan notifikasi untuk memberikan review saat membuka aplikasi Tokopedia. Letaknya juga sangat strategis, yakni di bagian tengah layar, sehingga mudah diklik oleh pembeli. Bahkan pembeli bisa memberikan review kepada produkmu hanya dengan dua kali klik!

  1. Ketika pembeli membuka aplikasi Tokopedia setelah berbelanja suatu barang, pembeli akan mendapatkan notifikasi di bagian tengah layar untuk melakukan review produk. Pembeli cukup mengklik di bagian notifikasi ini untuk memberikan review produk.
  2. Pembeli bisa memberikan rating (bintang 1 hingga 5), lalu menuliskan ulasan tentang produk yang dibeli, dan menambahkan maksimal 5 foto terkait ulasan yang diberikan. Semakin tinggi ratingnya menandakan pembeli puas dengan produk dan pelayanan tokomu. Setelah selesai memberikan review, klik ‘Kirim Ulasan‘.

Cara Mendapatkan Review Bintang 5

Deskripsi Produk Harus Jelas

Hal kecil yang tidak bisa kamu lewatkan adalah kolom deskripsi produk untuk menjelaskan apa yang kamu jual. Pelanggan tidak akan tertarik dengan tokomu jika kolom deskripsi produknya tidak ada atau tidak jelas.

Kamu harus menjelaskan produk jualan kamu secara rinci dan jelas. Gunakan font bold untuk hal-hal penting. Kamu harus menjelaskan dengan jelas dan detail apa yang akan pembeli dapatkan jika mereka berbelanja di tokomu. Selain itu, kamu harus menjelaskan sistem pengiriman yang tokomu dukung dengan detail sehingga pelanggan tidak bingung dalam memilih.

Baca juga: Deskripsi Produk Menarik Dijamin Buat Pembeli Melirik!

Foto Produk Harus Jelas

Foto produk juga dapat memberikan pelanggan tentang gambaran barang yang ingin mereka beli. Dengan gambar foto asli, tokomu akan lebih dipercaya karena menjual barang asli dan tidak menipu. Jangan lupa juga foto produk dari segala sisi sehingga pelanggan merasa percaya dengan barang yang kamu jual.

Baca juga: Foto Produk Terbaik, Buat Pembeli Tertarik

Respon Cepat

Setiap pembeli pasti mempunyai pertanyaan terkait produk, sistem pengantaran, dan kualitas produk. Kamu harus cepat tanggap dalam merespon pesan pelangganmu dengan cara mencantumkan contact person, misalnya nomor handphone atau e-mail yang bisa dihubungi. Disamping itu, jika kamu berjualan di Tokopedia, sudah ada fitur chat atau message untuk penjual dan pembeli bisa berkomunikasi dengan mudah.

Berikan Informasi Waktu Barang Sampai

Pembeli sering mengomentari waktu pengiriman dalam ulasan atau review mereka. Buat mereka senang dengan menetapkan informasi yang jelas di awal. Jika pembeli sudah mendapatkan informasi yang jelas tentang pesanannya, mereka akan lebih tenang dan tidak khawatir akan adanya penipuan. 

Di Tokopedia, kamu tidak perlu repot dalam memberikan informasi tersebut karena pembeli dapat melacak paket mereka sendiri secara otomatis.

Tepat Waktu

Selain informasi yang jelas mengenai kapan barang akan sampai, satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah ketepatan waktu barang sampai ke pelanggan. Barang yang sampai tepat waktu membuat pembeli percaya dengan tokomu. Dengan begitu, pelanggan pasti akan mencari produk yang sama atau membeli lagi di tokomu.

Namun, ketepatan waktu mungkin bisa menjadi di luar kontrol karena pengiriman terkadang dapat tergantung dengan ekspedisi atau hari libur. Hal ini dapat menghambat ketepatan waktu barang sampai ke pembeli. Berikan komunikasi yang jelas setiap ada perubahan tanggal dan waktu. Jangan biarkan pelanggan menunggu dan menggantung tentang informasi terkait pengiriman

Kemasan yang Baik

Setelah proses pengantaran yang baik dan tepat waktu saatnya pembeli melihat kualitas dari produk kamu. Sebelum pembeli membuka produk yang sudah kamu kemas dengan baik, usahakan berikan nilai tambah (added value) kepada pembeli. Misalnya, berikan kartu ucapan, stiker, pita dan hal unik lainnya. Dengan begitu, pembeli akan merasa senang sebelum melihat produk yang kamu jual.

Ucapan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih adalah cara yang paling bagus untuk memberikan sentuhan akhir pada pembeli. Hal tersebut akan memberikan pembeli pengalaman berbelanja yang baik di tokomu. Besar kemungkinkan juga tokomu akan selalu diingat dan menjaga peluang pembeli berbelanja lagi tokomu.

Itu dia cara mendapatkan review bagus dan rating bintang 5 dari pembeli agar reputasi tokomu selalu baik. Bagian mana yang belum kamu lakukan? Ayo segera lakukan tips dan trik di atas.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller