5 Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Modal untuk Bisnis

Tidak bisa dipungkiri jika suntikan dana modal merupakan poin penting bagi seluruh pelaku bisnis demi mengembangkan bisnis mereka. Namun, mencari pinjaman modal tidaklah mudah, terutama bagi para penjual yang baru saja merintis bisnis. Kemungkinan pengajuan pinjaman modal kamu diterima pun tergolong kecil jika kamu tidak atau belum memiliki toko fisik, dengan alasan pihak penyedia pinjaman tidak memiliki jaminan yang pasti kalau nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kredit macet, kabur dan lain sebagainya.

Fenomena tersebut dapat dikatakan lumrah terjadi sebelum era digital berkembang, dimana perdagangan konvensional masih menjadi pilihan utama masyarakat luas. Seiring berkembangnya teknologi, praktik jual beli gaya lama pun tergantikan dengan jual beli online yang memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi kapan pun dan di mana pun, perubahan ini  juga membuka celah bagi para penjual dengan modal minim untuk ikut mengadu nasib dan berhasil mengembangkan usaha mereka.

Hal tersebut menarik perhatian para penyedia pinjaman modal untuk ikut bergerilya di dunia jual beli online. Para penyedia pinjaman siap memberikan pinjaman kepada para pelaku usaha jual beli online yang hendak mengembangkan usahanya dengan cara lebih mudah. Lalu, apa saja yang harus kamu siapkan?

1. Punya konsep pengembangan bisnis yang matang

Saat kamu ingin meminjam uang untuk modal ke orang lain atau bank, pastikan dulu jika kamu memiliki pengembangan bisnis yang matang dan menarik. Kamu harus membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) kemudian memikirkan rencana-rencana apa saja yang akan kamu lakukan di masa yang akan datang. Tentu konsep usahamu ini harus kamu jelaskan juga kepada pemodal agar mereka percaya dan tertarik untuk meminjamkan uang kepadamu.

2. Pastikan kamu memiliki manajemen usaha yang stabil

Bukan hanya konsep pengembangan usaha saja yang kamu butuhkan, melainkan juga manajemen usahamu. Pastikan jika kamu memiliki pembukuan modal dan keuntungan yang baik serta struktur organisasi dari bisnismu. Kuasai segala hal yang ada dibisnismu dari hal yang berskala besar hingga skala kecil agar pemodal tidak ragu dengan usaha yang telah kamu rintis.

3. Ikuti program pemerintah

Saat ini, pemerintah sedang berupaya untuk memajukan UMKM di Indonesia agar memiliki bisnis yang maju dan terus berkembang. Hal ini dikarenakan UMKM dapat membantu program pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia. Bantuan yang pemerintah tawarkan yaitu dengan meminjamkan modal. Nah, apa syarat yang harus kamu siapkan untuk meminjam modal tersebut? Yap, dengan mempersiapkan dua poin di atas.

4. Mengajukan pinjaman modal di Mitra Toppers.

Nah, khusus untuk kamu yang berjualan di Tokopedia, kamu dapat mengajukan pinjaman modal secara online melalui program Mitra Toppers. Proses cepat, mudah, tanpa harus keluar rumah. Cukup akses melalui ponsel atau laptop, pilih penyedia layanan pinjaman modal yang kamu inginkan, lalu isi aplikasi peminjaman kamu. Begitu mudah, kan? Usaha berkembang dimulai dari Tokopedia.

5. Manfaatkan pinjaman di multifinance

Saat ini banyak yang menawarkan KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang malah memiliki bunga yang cukup tinggi. Hal ini akan membuatmu kesulitan untuk membayarnya nanti. Kamu bisa memanfaatkan multifinance. Di multifinance prosesnya tidak sesulit di bank dan kelebihannya adalah bisa memberikan pembiayaan tanpa BI Checking sehingga jika kita memiliki riwayat yang buruk mengenai pinjaman di bank, maka kita bisa dibantu oleh multifinance.

Nah, itulah 5 cara jitu untuk meminjam uang untuk modal bisnismu. Selamat dicoba ya seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller