5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Ide bisnis sudah ada, lalu apa langkah selanjutnya dalam membangun sebuah bisnis? Tentunya modal usaha. Modal usaha sangatlah bervariasi, mulai dari nol hingga sangat besar. Jika Anda butuh modal usaha, simak cara mendapatkan modal usaha berikut ini.

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

  • Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Finansial Pribadi

Sumber gambar: Pexels

Mendapatkan modal usaha dengan menggunakan finansial pribadi, seperti menggunakan uang tabungan, kartu kredit, atau dari investasi yang Anda miliki adalah cara paling aman untuk mendapatkan modal usaha.

Menggunakan finansial pribadi sebagai modal usaha adalah pendekatan yang baik dalam membangun sebuah bisnis karena tidak akan menyulitkan Anda di masa depan. Dengan menggunakan finansial pribadi Anda tidak perlu memikirkan adanya hutang.

  • Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Bantuan Keluarga

Sebelum Anda meminta bantuan modal usaha dari bank dan lainnya ada baiknya Anda coba untuk meminjam modal usaha kepada keluarga atau kerabat terdekat.

Tetapi sebelum meminta modal usaha dari orang terdekat, Anda harus menyiapkan business plan yang lengkap agar mereka mengerti dengan bisnis yang ingin Anda jalankan dan mereka akan lebih mudah dalam memberikan keputusan karena sudah tahu apa yang dapat mereka dapatkan dari bisnis Anda.

  • Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Bank

Bank dapat dijadikan sebagai opsi ketiga setelah meminta bantuan modal usaha dari kerabat terdekat jika dua cara diatas gagal, atau dijadikan sebagai opsi pada saat bisnis Anda sudah mulai membesar. Setelah bisnis Anda mulai membesar, modal yang dibutuhkan pun akan semakin besar dan bank dapat dijadikan pilihan sebagai modal usaha.

Program pinjaman di bank, kredit multi guna (KMG) adalah sebuah jaminan seperti properti yang dapat Anda tawarkan ke bank. Bunga yang ditawarkan berkisar antara 9-12% dengan tenor antara 5-20 tahun, tergantung jumlah pinjaman.

Selain itu, Anda juga dapat meminjam dari bank tanpa agunan dengan menggunakan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan). Anda bisa mendapatkan modal tanpa memberikan jaminan apa pun. Tetapi karena itu, bunganya lebih besar dari KMG, antara 10-23%.

Baca juga: Keuntungan dan Kekuranngan Pinjaman Modal Usaha dari Bank

  • Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Menjual Asset

Jika Anda memiliki asset atau investasi properti, emas atau investasi lainnya, Anda bisa jual dan uangnya digunakan untuk modal usaha. Jika Anda tidak rela menjualnya, Anda juga bisa menggadaikan asset tersebut. Tetapi Anda harus selalu perhatikan dan jangan lupa untuk menebusnya kembali atau asset tersebut akan disita oleh tempat penggadaian tersebut dan malah rugi di pihak Anda.

  • Cara Mendapatkan Modal dengan Joint Venture

cara mendapatkan modal usaha
Sumber gambar: Pexels

Joint venture adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan saat membangun bisnis dan memiliki kekurangan modal. Dengan joint venture bersama keluarga atau kerabat dekat, Anda dapat patungan modal. Jangan lupa untuk melakukan perjanjian resmi tertulis tentang pembagian hasil untuk menghindari konflik keuangan nantinya.

Baca juga: Tips Tingkatkan Omzet Penjualan dengan Pinjaman Modal

Mendapatkan modal usaha memang sulit, maka itu Anda selalu perlu untuk memiliki tabungan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan modal usaha dari pinjaman, seperti yang sudah dibahas di atas untuk merealisasikan bisnis impian Anda. Untuk pilihan terbaik, pastinya modal lebih baik berasal dari finansial pribadi untuk meminimalisir konflik hutang piuntang di kemudian hari. Mulai berbisnis sekarang, yuk!

Masih bingung pilih pinjaman modal yang mana? Cek Mitra Toppers untuk pinjaman modal usahamu.

PINJAM MODAL DARI MITRA TOPPERS

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller