Cara Mudah Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Salah satu kendala yang banyak dialami Seller Tokopedia adalah sulitnya mendapatkan kepercayaan pembeli, terutama bagi para Seller baru yang belum memiliki rating atau Reputasi Toko yang mumpuni. Kalau begitu, apa yang dapat dilakukan Seller untuk mendapatkan kepercayaan pembeli demi meningkatkan potensi penjualan?

Membangun kepercayaan tidak terjadi tanpa usaha dan butuh waktu bersamaan dengan strategi yang baik. Berikut adalah strategi-strategi tersebut.

Cara Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Be Accessible

Selalu siap sedia setiap saat. Pelanggan sering memiliki pertanyaan, dan jika mereka tidak mendapatkan jawabannya segera, atau Anda tidak merespons secara tepat waktu, Anda dapat kehilangan kredibilitas.

Memiliki Produk yang Terpercaya

Jujurlah dengan pelanggan Anda. Mulai dari jujur dengan produk yang Anda jual dan kualitasnya. Kualitas produk yang rendah akan membuat ulasan cenderung negatif, menyebabkan ketidakpercayaan dan penurunan kredibilitas.

Jadi pilihlah supplier dengan produk yang jelas dan memiliki produk kualitas bagus, sehingga toko Anda pun akan baik di mata pelanggan.

Transparansi

Menurut Steven Tadali, seorang profesor UCB, dua hal yang membuat calon pembeli sulit mempercayai sebuah bisnis/toko adalah anonimitas dan kerahasiaan. Maka bisa dibilang calon pembeli ingin menerima informasi mengenai identitas ataupun keterangan produk yang jelas, baik, runut, dengan tampilan yang dapat dipercaya. Oleh karena itu, dalam menjual produk di Tokopedia, Anda sebagai Seller diharapkan memberi transparansi yang utuh. Berikan nama jelas toko dan informasi selengkapnya di bagian Deskripsi Produk maupun Catatan Toko. Dengan begitu, calon pembeli akan lebih mudah percaya untuk bertransaksi di toko Anda.

Baca juga: Trik Jitu untuk Meningkatkan Kepercayaan Pembeli Kepada Tokomu

Jujur

Jujur atau transparan berarti mengenali dan bersikap terbuka tentang kelemahan maupun kelebihan toko Anda. Kejujuran menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan dan kebutuhan mereka.

Utamakan Pelanggan

Pikirkan pelanggan, baru keuntungan. Bangun kepercayaan jangka panjang atau mendorong penjualan berulang dengan mengutamakan pelanggan Anda. Awalnya memang Anda mungkin kehilangan peluang pendapatan dengan melakukan selalu mengutamakan pelanggan, tetapi hal ini juga membangun kepercayaan dalam prosesnya.

Baca juga: Cara Mendatangkan Pelanggan Baru ke Toko Online Anda

Pertahankan Konsistensi

Menjaga konsistensi memastikan bahwa pelanggan Anda tahu apa yang diharapkan. Brand atau bisnis yang konsisten membantu meningkatkan nilai keseluruhan bisnis Anda dengan memperkuat posisi Anda di pasar, menarik pelanggan dan meningkatkan nilai dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Buat Promo Berkala

Promo adalah sesuatu yang sangat menarik bagi pembeli, namun sebagai Seller, Anda harus pintar memilih dan menggunakan waktu yang tepat untuk promo.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat seasonal promo atau Promo Berkala. Promo macam ini dapat dilakukan pada waktu tertentu, misalnya pada saat minggu gajian atau ketika HARBOLNAS berlangsung. Tetapi hati-hati ya, karena mengadakan terlalu banyak promo pun dapat memunculkan branding toko yang terlihat “murahan” kepada para pembeli. Sementara itu, terlalu sedikit promo pun akan membuat toko Anda tidak menarik. Jadi, pastikan Anda mengadakan promo secara efektif!

Baca juga: Tips Agar Voucher Tokomu Laris Manis

Kini, Anda bisa bebas membuat promo sendiri dengan hadirnya fitur Voucher Toko. Pilih keuntungan yang ingin Anda berikan pada pembeli: Cashback atau Gratis Ongkir, dan adakan promo dengan cermat.

BUAT VOUCHER SEKARANG

Kepercayaan adalah hasil dari komitmen terhadap kualitas. Jika Anda dapat memberikan hasil yang tepat kepada orang yang tepat dalam jangka panjang, mereka akan percaya pada produk dan layanan jasa Anda.

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar