Perhatikan Tips Ini Agar Jualan Ditaksir Pembeli!

Tips Agar Produk Jualan Mudah Ditemukan – Di era yang serba digital ini, siapa pun bisa memulai bisnis onlinenya. Di Tokopedia sendiri, ada lebih dari 5 juta penjual yang mengembangkan bisnisnya secara digital. Ditengah ketatnya persaingan bisnis, bagaimana caranya agar bisnismu tetap dilirik pembeli? Simak tips berikut:

Ketika calon pembeli masuk ke website sebuah marketplace, hal pertama yang dilakukan adalah mengetik nama produk yang ingin dilihat.

Berikut ini adalah tips pemberian nama untuk produk jualanmu agar dapat lebih mudah ditemukan pembeli.

Cek Faktor Penting Dalam Penulisan Nama Produk

  1. Beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.
  2. Hindari penamaan produk dengan kode-kode tertentu, di mana hanya kamu atau karyawanmu yang mengetahuinya.
  3. Gunakan sinonim nama produk untuk menambah peluang kemunculannya di halaman pencarian. Contoh produk: Flashdisk > Flash Disk / Flash Drive / USB (Merek Produk) 128 GB.
  4. Maksimalkan 70 karakter yang diberikan oleh Tokopedia untuk nama produk.
  5. Gunakan rumus dasar penamaan produk

[Jenis + Merk + Keterangan + Kata Promosi]

Contoh benar: Kaos Tokopedia Original Bahan Berkualitas

Setelah itu, calon pembeli akan melihat-lihat produk melalui foto produk.

Foto produk merupakan senjata utama dalam bisnis online karena calon pembeli biasanya memutuskan membeli sebuah produk setelah melihat visual atau foto produk.  Lebih dari 70% calon konsumen yang tertarik pada foto produk, akan langsung mengeliminasi produk lain dari otak mereka. Foto produk terbaik akan memberikan kesan indah pada pandangan pertama. Hasil riset pun menyimpulkan 80% calon pembeli berhasil melakukan transaksi berdasarkan pandangan pertama.

Baca Juga: Foto Produk Terbaik, Buat Pembeli Tertarik

Selanjutnya, jika calon pembeli menemukan beberapa produk menarik yang dicari, maka calon pembeli akan membandingkan harga dan melihat deskripsi produk.

Dengan memberikan harga produk yang tepat, kamu bisa meningkatkan skor produkmu sehingga mendorong kemungkinan produk iklanmu muncul di halaman depan. Hal ini akan semakin baik jika produkmu dilengkapi dengan deskripsi produk yang lengkap dan jelas. Terbukti, lebih dari 50% calon pembeli melakukan transaksi berdasarkan harga dan deskripsi produk.

Tips dalam membuat deskripsi produk yang baik:

  1. Berikan deskripsi singkat, padat dan jelas sehingga mudah dibaca secara cepat serta tepat.
  2. Tulis informasi untuk target konsumen toko.
  3. Paparkan  manfaat produk (bukan fitur)
  4. Hindari kata atau istilah yang bersifat subjektif

Contoh deskripsi produk yang baik:

Jaket ‘Tokopedia’ tersedia dalam 4 ukuran yaitu S, M, L dan XL dengan 3 varian warna yaitu merah maroon, biru dan hitam. Jaket ini memiliki 4 kantong untuk menyimpan ponsel, tablet, dompet dan powerbank. Dilengkapi dengan hoodie dan sarung tangan serta tempat untuk menyimpan earphone.

Tunggu apa lagi? Buat produkmu lebih menarik di mata calon pembeli. Berikan informasi yang penting serta dibutuhkan calon pembelimu dalam memutuskan sebuah pembelian. Dengan demikian, produk iklanmu dapat optimal dan maksimal dalam meningkatkan transaksi penjualan.

CEK TOKO SEKARANG