Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Sales & Marketing
  2. Cara Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Online Anda

Cara Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Online Anda

Diperbarui 24 May • Baca 2 menit

Kesalahan paling umum dalam dunia bisnis adalah menganggap jika produk atau layanan yang kamu miliki sudah bagus, maka loyalitas pelanggan akan mengikuti secara alami. Faktanya, akan lebih menguntungkan jika kamu lebih mempertahankan pelanggan dibanding berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru, lho.

Hanya karena pelanggan pernah membeli di toko Anda dan meninggalkan review positif bukan berarti mereka akan kembali untuk membeli lagi di tokomu. Pelanggan yang kembali berbelanja di toko Anda sangatlah penting, namun bagaimanakah cara agar pelanggan kembali ke toko anda lagi?

Cara Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Online Anda

1. Berikan perhatian khusus

Kita semua pasti senang kalau diingat, begitu juga dengan pelanggan. Cobalah untuk selalu ingat nama dan kesukaan mereka setiap kali pelangganmu melakukan pembelian. Manfaatkan setiap transaksi untuk memberikan pendekatan personal kepada pelanggan dan membuat pelangganmu merasa dihargai. Misalnya memberikan ucapan terima kasih atau thank you note dengan menyertakan nama pelanggan. Jika kamu memiliki kesulitan untuk mengingat nama dan kesukaan pelangganmu, kamu bisa membaca history chat dengan pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya.

Contoh: “Okay Kak Adi! Pakai JNE Express kan seperti biasa?”

2. Follow-up

Melakukan follow-up pada pelanggan setelah pesanan selesai sangat bagus untuk sejumlah alasan. Pertama, pelanggan bisa mengingatkan kamu jika ada masalah dengan pesanan mereka sehingga kamu dapat menyelesaikan masalah tersebut sebelum mereka meninggalkan review negatif.

Kedua, kamu bisa menanyakan pendapat pelanggan mengenai cara untuk meningkatkan pelayanan tokomu dan melakukan perubahan pada cara pengelolaan tokomu untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi.

Yang terakhir, kamu mendapat kesempatan untuk meminta pembeli memberikan review positif bagi tokomu terlebih jika mereka sangat puas dengan produk dan pelayanan yang kamu berikan.

3. Jaga kualitas produk

Sebelum melakukan pengiriman, selalu pastikan produkmu masih dalam keadaan baik dan tidak ada cacat sedikitpun. Setelah itu, pastikan juga kamu mengemas produk dengan baik dan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, tambahkan extra bubble wrap jika produk yang jual mudah rusak atau pecah. Jangan lupa untuk sisipkan thank you note ya!

4. Fast response

Siapa sih yang suka dicuekin? Pasti bete kan kalau lama nggak direspon? Pastikan untuk merespon pelanggan dalam kurun waktu kurang dari 1 jam ya. Tingkat kecepatan kamu merespon pelanggan juga mempengaruhi Skor Performa Toko, lho. Jangan sampai deh pelanggan beralih ke toko lain!

5. Berikan penawaran menarik

Rajin-rajinlah memberi penawaran menarik agar pelangganmu bisa setia dengan tokomu. Salah satu promosi yang bisa kamu berikan adalah bagi-bagi Voucher Toko untuk pembelian dengan nominal tertentu di sosial media. Kamu bisa kasih free ongkir atau cashback yang bisa membuat pelangganmu merasa puas saat belanja di tokomu. Dengan memberikan Voucher Toko, pelangganmu akan tertarik melakukan pembelian lagi karena masih punya voucher yang belum terpakai.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan diskon atau giveaway khusus untuk pelanggan setiamu. Selalu catat nama-nama pelanggan yang sudah berkali-kali melakukan transaksi di tokomu dan berikan mereka promosi atau hadiah khusus yang membuat mereka merasa spesial.

Dengan terjalinnya hubungan baik, maka loyalitas pelanggan akan terjaga. Karena itu pastikan untuk melakukan kelima hal di atas untuk membangun hubungan pelanggan maupun calon pelangganmu.

Itu dia 5 cara menarik pelanggan kembali ke toko online Anda. Yang mana yang belum Anda lakukan? Yuk, mulai lakukan dari sekarang untuk bisnis yang lebih baik kedepannya!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

6 Cara Memaksimalkan Performa Facebook CPAS

Sales & MarketingDiperbarui 05 OctBaca 4 menit
top description

Pakai Facebook CPAS, Jangkau Lebih Banyak Pembeli Potensial!

Sales & MarketingDiperbarui 05 OctBaca 3 menit
top description

Mengenal Internet Marketing Tokopedia untuk Meningkatkan Kunjungan Produk

Sales & MarketingDiperbarui 12 JulBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual