Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Sales & Marketing
  2. Baru Punya Toko? Ini 5 Cara Jitu Gaet Pelanggan ke Tokomu

Baru Punya Toko? Ini 5 Cara Jitu Gaet Pelanggan ke Tokomu

Diperbarui 24 May • Baca 2 menit

Setelah membuka toko, pertanyaan yang biasanya muncul adalah, “Bagaimana sih caranya mendapatkan lebih banyak pelanggan?”. Menemukan dan mendapatkan pelanggan memang memiliki tantangannya tersendiri.

Di artikel ini, kita akan membahas lima strategi menarik untuk menggaet lebih banyak pelanggan ke tokomu. Simak lebih lanjut!

Cara Menarik Pelanggan Baru ke Tokomu

1. Kenali Target Pembelimu

Mendapatkan pembeli baru akan lebih mudah jika kamu tahu target pasar yang tepat untuk produkmu. Misalnya jika kamu berjualan jersey atau baju bola, maka kemungkinan target pasar terbesarmu adalah pria dengan segmentasi usianya remaja hingga dewasa. Dengan mengetahui target pasarmu, kamu dapat memfokuskan upaya promosi dan branding dengan efektif dan efisien.

Baca juga: Tentukan Target Pasar yang Sesuai dengan Fitur Statistik Toko

2. Manfaatkan Media Sosial

Tak kenal maka tak sayang! Kenalkan jualanmu di Tokopedia beserta kelebihannya melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp ataupun media sosial lainnya. Nah, tentunya harus sesuai dengan keberadaan calon pembeli yang paling potensial ya.

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

3. Berikan Promo Spesial

Siapa sih yang nggak suka dengan promo? Ada beragam tipe-tipe promo yang bisa kamu gunakan sesuai kemampuan dan kebutuhan tokomu.

Buat kamu yang baru pertama berjualan, kamu bisa melakukan promo ke orang-orang terdekatmu. Agar produkmu dibeli lagi oleh pelanggan, kamu juga bisa mengirimkan kartu nama, catatan terima kasih ataupun memberikan bonus lain seperti souvenir gantungan kunci.

4. Berikan Nama, Foto, dan Deskripsi Produk dengan Jelas

Kejelasan informasi adalah hal paling penting untuk pembeli melanjutkan transaksi di tokomu. Sertakan foto terbaik dan lengkapi deskripsinya secara rinci. Kamu juga dapat menyertakan kebijakan lainnya apabila terjadi sesuatu di kemudian hari. Selain itu kamu bisa membuat nama toko yang baik sehingga lebih mudah dimengerti oleh calon pembeli. Cantumkan nama barang, merek, tipe, serta keunggulan produkmu.

Mencantumkan identitas yang benar juga akan membuat calon pembeli merasa lebih aman berbelanja di tokomu. Jika kamu memiliki toko fisik, kamu dapat mencantumkan alamat toko fisik tersebut sebagai informasi yang dapat membuat pembeli lebih yakin untuk berbelanja di toko kamu.

Baca juga: Tips Upload Produk di Tokopedia

5. Respon Pesanan dengan Cepat

Bangun kepercayaan calon pembeli dengan memberikan pelayanan prima, dimulai dengan membalas chat atau diskusi secara cepat dan menggunakan bahasa yang baik. Jangan lupa untuk segera memproses dan mengirim pesanan sesuai dengan jasa pengiriman yang diminta oleh pembeli. Mereka juga akan senang apabila packing barang rapi dan aman.

Jangan sampai calon pembelimu kabur karena kamu lama membalas chat, diskusi, atau memproses pesanan mereka. Jadi, tingkatkan terus pelayananmu agar semakin banyak pelanggan yang berbelanja di tokomu!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Mengenal Internet Marketing Tokopedia untuk Meningkatkan Kunjungan Produk

Sales & MarketingDiperbarui 12 JulBaca 2 menit
top description

Baru Punya Toko? Ini 5 Cara Jitu Gaet Pelanggan ke Tokomu

Sales & MarketingDiperbarui 24 MayBaca 2 menit
top description

Cara Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Online Anda

Sales & MarketingDiperbarui 24 MayBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual