Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Peluang bisnis
  2. Baru Buka Toko? Ini Tips Pilih Produk untuk Kamu Jual!

Baru Buka Toko? Ini Tips Pilih Produk untuk Kamu Jual!

Tentukan dulu apa yang akan kamu jual di tokomu

Diperbarui 01 Jul • Baca 2 menit

Hai Seller, sudah buka toko pertama kamu di Tokopedia? Masih bingun mau jual produk apa? Sekarang saatnya menentukan apa yang ingin kamu jual di toko pertamamu. Dari sekian banyak produk di pasar, produk mana yang tepat untuk kamu investasikan dalam bentuk modal dan tenaga? Temukan jawabannya di bawah ini!

Pilih produk yang ingin dijual

Langkah pertama untuk memulai jualan online adalah memilih produk yang ingin dijual. Tapi, jangan asal memilih produk jualan ya, kamu harus tau produk mana yang kemungkinan laku di pasaran dan diburu pembeli. Simak tips memilih produk yang ingin di jual di bawah ini ya.

1. Mulai dari apa yang sudah kamu tahu

Luangkan waktu untuk memikirkan hal yang kamu sukai, ketahui, dan kenali dengan baik. Misalnya kamu menggunakan hijab dan sudah sering membeli berbagai macam hijab, kamu jadi bisa mengetahui bahan hijab ternyaman. Contoh lain, misalkan dari pengalaman kamu bekerja di sebuah bengkel, kamu jadi lebih tahu tentang tipe-tipe suku cadang. Lebih baik lagi jika kamu kenal baik dengan pihak produsen.

Pengetahuan dan pengalaman kamu adalah poin tambahan yang dapat kamu manfaatkan untuk mendalami kategori suatu produk. Kamu juga bisa menemukan banyak inspirasi dari hashtag media sosial, seperti Instagram atau Pinterest.

2. Double check regulasi produk

Setelah menentukan produk untuk dijual, double check regulasi dan larangan yang berlaku terkait produk tersebut. Ini sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan. Cek legitimasi dan persyaratannya baik untuk produk impor, produksi lokal, ataupun produk buatan sendiri.

Cari tahu apakah produk tersebut mengandung bahan yang dilarang oleh negara atau tidak, terutama untuk produk kosmetik dan makanan. Hal ini untuk menghindari kamu menghabiskan banyak biaya serta waktu jika ternyata produk dan bisnis kamu ilegal.

Baca juga: Jenis-Jenis Produk yang Dilarang di Tokopedia

3. Pilih produk yang paling diminati

Kamu bisa memilih produk yang paling banyak diminati sehingga memudahkanmu untuk menarik pembeli datang ke tokomu. Berikut rekomendasi produk terlaris di Tokopedia pada periode Januari sampai Mei 2021.

article

4. Evaluasi kelayakan pasar

Jika kamu sudah memutuskan produk apa yang akan kamu jual dan produk tersebut tidak melanggar peraturan apa pun, ini saatnya kamu mengevaluasi potensi serta ketertarikan pasar. Cara mudahnya adalah dengan menelaah dari media sosial seperti Twitter, atau melihat ulasan-ulasan produk dari berbagai blog ataupun forum.

Ketik kata kunci produk kamu dan temukan banyak informasi mendalam di diskusi seputar produk tersebut. Dari situ kamu bisa melihat potensi produk tersebut dari banyaknya jumlah diskusi. Kamu juga dapat menemukan banyak pendapat mengenai produk tersebut serta kata kunci yang digunakan. Ini berguna untuk menciptakan deskripsi produk yang relevan serta promosi yang jitu.

5. Langkah selanjutnya: Upload Produk

Setelah menentukan apa yang akan kamu jual, sekarang kamu hanya perlu menyiapkan foto produk, deskripsi, dan keterangannya. Pastikan semuanya lengkap ya, Seller.

4 Hal yang harus disiapkan sebelum tambah produk

Sebelum tambah produk, kamu harus siapkan terlebih dahulu 4 hal berikut agar produk yang kamu tambah dapat ditemukan pembeli dengan mudah.

article

Baca juga: Tips Tambah Produk Menarik Biar Pembeli Tertarik

Nah, itu dia Seller, beberapa tips untuk memilih produk yang akan kamu jual. Mudah bukan? Jadi, jangan ragu untuk mulai berjualan di Tokopedia dan upload produk pertamamu sekarang!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Fitur Tukar Tambah, Solusi Orderan Bertambah!

Peluang bisnisDiperbarui 10 SepBaca 2 menit
top description

Baru Buka Toko? Ini Tips Pilih Produk untuk Kamu Jual!

Peluang bisnisDiperbarui 01 JulBaca 2 menit
top description

Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Anda

Peluang bisnisDiperbarui 24 MayBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual