Tokopedia

Topik

  1. Strategi dan Peluang Usaha
  2. 5 Tips Memilih Nama Toko Online

5 Tips Memilih Nama Toko Online

Pilih nama dulu sebelum buka toko online Hai Seller! …

Diperbarui 11 Jan • Baca 2 menit

Pilih nama dulu sebelum buka toko online

Hai Seller! Nama toko adalah ‘cerminan’ pertama yang dilihat pembeli, karena itu pemilihan nama toko yang tepat merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis online. Nah, sebelum buka toko online, sangat penting bagi kamu untuk memilih nama toko yang mudah diingat dan pasti-nya sesuai dengan branding toko yang kamu inginkan.

Berikut beberapa pendekatan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan nama toko online yang tepat. 

5 Tips memilih nama toko online

1. Pilih nama toko online yang singkat dan sederhana

Nama toko online yang singkat dan sederhana akan memudahkan pembeli mengingat tokomu. Diperlukan pendekatan yang kreatif agar nama toko online mu berbeda dan unik dari toko lainnya. Berikut beberapa pendekatan yang mungkin bisa kamu lakukan. 

  1. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Tujuannya agar nama toko onlinemu dapat langsung menjelaskan produk yang kamu jual. Contoh: JuraganKolor, Pakar Ayam, atau Bakoel Sayur Online.
  2. Cari nama yang berirama. Nama yang berirama besar kemungkinan untuk lebih mudah diingat oleh calon pembeli. Contoh: Bola Bola Benang.
  3. Gunakan setidaknya maksimal 3 kata. 

2. Sesuaikan nama toko onlinemu dengan target pasar 

Nama toko online yang sesuai dengan target pasar akan sangat bermanfaat dalam menarik calon pembeli yang tepat. Misalnya kamu ingin membuka toko online kosmetik dengan target pasar wanita usia 20 tahun ke atas. Tentunya, kamu harus mencari nama toko online yang sesuai dengan target pasar tersebut agar dapat lebih dikenal. 

3. Gunakan nama toko yang memiliki makna

Agar dapat meraih perhatian calon pembeli, kamu bisa menggunakan nama toko online yang memiliki makna sesuai branding tokomu. Kamu bisa memilih nama toko online yang mencerminkan identitas toko atau moto yang kamu percayai. Kamu dapat menggunakan beberapa pendekatan berikut. 

  1. Nama toko online berdasarkan nama pemilik toko, seperti contoh Gudeg Yu Djum, Sambal Bu Rudy, atau Batik Danar Hadi.
  2. Nama toko online berdasarkan moto toko online mu, seperti Ideku Handmade, atau Burgreens Healthy Food.  
  3. Nama toko online mengikuti nama toko offline jika toko offline mu tersebut sudah memiliki branding yang baik, seperti Toko Kopi Tuku, Rabbani Official, atau Levi’s Official.

4. Hindari penggunaan istilah asing, singkatan, dan simbol-simbol yang sulit dipahami

Dalam memilih nama toko online, hindari penggunaan istilah asing, singkatan, atau penggunaan simbol yang hanya dapat dipahami oleh sejumlah kalangan. Tujuannya agar tidak mempersempit target pasar tokomu. 

5. Cari inspirasi nama toko online di mesin pencari

Dalam memilih nama toko online, tentunya kita tidak ingin nama toko kita sama dengan nama toko orang lain. Untuk itu, kamu perlu melakukan pencarian di mesin pencari. Kamu bisa mencari inspirasi nama-nama toko online yang sesuai dengan produk yang akan kamu jual. Serta, jika sudah memiliki alternatif nama, cek nama tersebut di mesin pencari untuk memastikan belum ada toko online yang menggunakan nama tersebut. 

Baca juga: Langkah Mudah Buka Toko di Tokopedia

Nah, itu dia 5 tips memilih nama toko yang tepat untuk toko onlinemu. Semoga bermanfaat ya, Seller. Jangan lupa, kamu juga bisa cari ide bersama dengan tim atau anggota keluarga terdekat. Kumpulkan ide sebanyak-banyak, lalu pilih nama yang paling sesuai.

Buka Toko Sekarang

Buka Toko Tokopedia

Yuk, buka toko sekarang!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

5 Tips Memilih Nama Toko Online

Strategi dan Peluang UsahaDiperbarui 11 JanBaca 2 menit
top description

Cara Meminimalisir Komplain Pembeli di Tokomu

Strategi dan Peluang UsahaDiperbarui 11 JanBaca 2 menit
top description

Buat Pekerjaan Jadi Lebih Ringan dengan Fitur Admin

Strategi dan Peluang UsahaDiperbarui 16 DecBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan