Langkah-langkah untuk Membuat Logo Toko yang Menarik

Hai, Seller! Tahukah kamu betapa pentingnya desain logo toko untuk tokomu? Logo berfungsi sebagai identitas bisnis yang bisa membedakan satu bisnis dengan yang lainnya dan dibuat seunik mungkin.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Desain Logo Toko

Dalam artikel kali ini, kamu akan menemukan semua yang perlu diketahui untuk membuat logo yang tepat untuk tokomu:

Langkah dan Cara Membuat Logo Toko yang Menarik

  • Tentukan identitas merekmu

Kamu tentunya ingin agar logo tokomu mampu menunjukkan identitas bisnismu kan? Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu pakai untuk memahami identitas dari bisnismu:

  1. Kenapa kamu memulai bisnis tersebut?
  2. Apa yang membuat tokomu lebih baik dari toko lain?
  3. Tiga kata apa yang bisa mendeskripsikan tokomu?

Setelah itu, kamu bisa melakukan riset pada logo kompetitormu mengenai logo mana yang disukai dan mana yang tidak. Ingat, tokomu harus tampil berbeda dari kompetitor. Contoh: jika semua toko di kategorimu monokrom, mungkin kamu bisa memilih warna yang menonjol dan menarik perhatian.

  • Buat desain dengan tipografi dan warna yang tepat

Kamu bisa memilih gaya desain yang bermacam-macam. Mulai dari klasik, retro, modern, minimalis, atau fun. Kamu tidak harus memilih satu gaya, tapi kamu juga bisa memadukan gaya tersebut untuk membuat tipografi yang khas tokomu. Setelah itu, baru pikirkan warna. Warna dapat memiliki banyak arti berbeda. Psikologi di balik warna itu kompleks karena memiliki emosi dan ide tertentu yang melekat padanya. Contoh:

  1. Merah: Melambangkan kegembiraan, gairah, dan semangat. Ini adalah pilihan bagus jika merek-mu tegas, ditujukan ke anak muda dan ingin menonjol.
  2. Oranye: Ini adalah warna yang hidup, menyegarkan, dan menyenangkan.
  3. Kuning: Jika kamu ingin terlihat mudah diakses dan ramah, kuning adalah pilihan yang tepat. Ini memberikan energi ceria, terjangkau dan awet muda.
  4. Hijau: Cocok untuk merek apapun, terutama kalau ingin menggambarkan merek yang berhubungan dengan lingkungan.
  5. Biru: Melambangkan pilihan yang sangat klasik dan umum. Warna ini menenangkan dan sejuk serta melambangkan kepercayaan dan kedewasaan.
  6. Ungu: Bisa menjadi tiket-mu untuk terlihat mewah. Selain itu, ungu bisa menjadi misterius, eklektik, atau feminin.
  7. Merah Muda: Jika kamu menyukai girly, tidak ada yang lebih baik dari pink. Tapi itu belum semuanya! Turunan warna pink seperti pastel rose, millennial pink atau neon magenta dapat memberikan kesan logo yang lebih dewasa ataupun kekinian.
  8. Coklat: Warna ini cocok untuk logo vintage yang maskulin dan dapat memberikan kesan tampilan buatan tangan, unik, dan klasik.
  9. Hitam: Jika kamu mencari tampilan yang ramping, modern, dan mewah, hitam akan menjadi pilihan bagus. Warna seperti hitam putih bisa digunakan bila ingin membuat logomu tetap sederhana.
  10. Putih: Ingin logomu terlihat bersih, modern, dan minimalis? Gunakan nuansa warna putih. Sebagai warna netral, putih juga cocok dikombinasikan dengan semua warna lain.
  11. Abu-abu: Warna pamungkas jika kamu ingin mendapatkan penampilan yang dewasa, klasik, dan serius. Nuansa yang lebih gelap terlihat lebih misterius, sedangkan warna yang lebih terang lebih mudah diakses.
  • Evaluasi pilihan logo yang kamu punya

Setelah berhasil mendesain logo, kamu bisa meminta pendapat orang lain untuk menentukan logo mana yang menarik. Berikut pertanyaan yang bisa kamu tanyakan:

  1. Apakah orang langsung tahu tokomu berbisnis di bidang apa?
  2. Apakah logo ini cukup simpel dan mudah diingat?
  3. Apakah logo ini dapat berlaku dalam jangka panjang atau perlu diperbarui setiap sekian tahun?
  4. Apakah logo ini unik dan berbeda dari kompetitor?
  • Perhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat mendesain logo

Yang terakhir, kamu harus perhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mendesain logo, yaitu:

  1. Hindarilah logo yang umum.
  2. Jangan membuat logo yang rumit. Simpel adalah kunci dari logo yang mudah diingat dan juga dicetak.
  3. Jangan terlalu berusaha untuk terlihat trendy. Fokuslah untuk membuat logo yang bisa digunakan untuk jangka panjang.

Nah, sudah tahu kan cara membuat logo toko yang menarik? Yuk, buka toko sekarang! Kamu bisa buka toko di Tokopedia secara mudah dan gratis!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller