Tips Bikin Kemasan Menarik & Aman Sampai ke Pembeli

Tips Bikin Kemasan Menarik dan Aman (2 min read) – Jutaan barang dijual di Tokopedia, mulai dari barang grosiran dengan harga super murah hingga barang branded dengan harga tinggi. Tentunya hal ini mempengaruhi kemasan yang digunakan. Kemasan yang bagus dan menarik memang membuat branding toko semakin bagus, tetapi terkadang pembeli hanya membutuhkan kemasan yang simpel dan aman.

Sebenarnya, apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat kemasan produk menarik?

Tiga Hal Penting Seputar Kemasan Barang

Ada tiga hal penting yang harus kamu perhatikan saat mengemas barang, yakni dari segi fungsionalitas, perbedaan perlakuan setiap jenis barang, dan dari segi estetikanya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsional: Pastikan barang sampai dengan aman, utuh, dan pembeli puas

Tak bisa dipungkiri, banyak Seller yang bersaing harga dengan ketat di marketplace. Tentunya hal ini membuat kualitas kemasan jadi lebih dikesampingkan. Jika kamu termasuk Seller yang bersaing ketat secara harga, pastikan kemasan produkmu aman saat diantarkan ke pembeli. Mungkin pembeli tidak akan terkesan dengan kemasan produkmu, tetapi pastikan pembeli tidak kecewa karena produk pesanannya rusak.

Contohnya, Seller produk fashion biasanya menggunakan plastik simpel dengan label atau plester yang kuat agar produk tidak rusak. Kamu bisa menggunakan plastik yang cukup kuat sehingga tidak sobek saat diantarkan. 

Beda jenis produk, beda perlakuan tentunya 

Pemilihan kemasan juga dipengaruhi oleh jenis barang. Untuk kemasan barang elektronik, gadget, atau HP gunakanlah boks yang kokoh dan lapisi dengan bubble wrap. Tujuannya untuk menahan guncangan saat pengiriman. Beberapa layanan pengiriman bahkan sudah mewajibkan barang elektronik untuk menggunakan packing kayu.

Baca juga: Tips Jitu Packing Barang Elektronik Bebas Goncangan!

Kemasan yang bagus bisa meningkatkan harga jual produkmu, lho!

Kemasan yang menarik juga bisa menjadi nilai tambah suatu produk. Jika kamu ingin branding produkmu punya kesan mewah, kemasan produk harus diperhatikan. Posisikan dirimu sebagai pembeli dan tanyakan pada dirimu sendiri: Apakah kamu akan senang saat menerima produkmu? Kesan apa yang ditimbulkan saat barang diterima?

Kemasan produk yang bagus dan menarik bisa meningkatkan nilai jual produkmu berkali-kali lipat, lho!

Langkah-langkah mengemas barang:

  1. Pastikan barang dalam kondisi bagus sebelum dikemas.
  2. Lapisi barang dengan bubble wrap, styrofoam, atau busa untuk menahan guncangan saat pengiriman.
  3. Pastikan tidak ada ruang kosong untuk meminimalkan pergerakan barang saat dikirim.
  4. Pastikan kemasan produk cukup kuat dan tidak rusak jika terkena air atau tergores benda tajam selama pengiriman.
  5. Periksa kembali berat atau volume paket sebelum dikirim.
  6. Saat serah terima ke kurir atau agen, pastikan kamu mengecek sekali lagi bahwa produk sudah siap kirim.
  7. Lacak pengirimanmu dan jalin komunikasi yang baik dengan pembeli.

Ingat ya, Seller. Kemasan yang baik dan menarik adalah kemasan yang bisa melindungi produk dengan aman sampai ke tangan pembeli. Selamat mencoba!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller