Kemasan Yang Mengesankan, Kunci Kesuksesan!

Cara Membuat Kemasan Produk Menarik – Packing atau kemasan adalah bagian yang juga penting dari pelayanan bisnis online Anda. Dengan pengemasan yang maksimal, maka produk yang Anda kirim memiliki tingkat keamanan ekstra sehingga mampu menghindari terjadinya kerusakan selama di perjalanan.

Pengemasan maksimal akan mempengaruhi tingkat kepuasan pembeli terhadap toko Anda. Jangan menganggap remeh masalah packing, karena banyak sekali rekomendasi maupun komplain pembeli disebabkan masalah packing yang tidak baik. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda praktekkan saat proses pengemasan produk sebelum dikirimkan ke pembeli:

Langkah-Langkah Membuat Kemasan Produk Menarik

Pastikan Anda Mengetahui Kondisi Barang Sebelum Dikemas

Ambil foto produk sebelum dikemas untuk menghindari komplain pembeli terhadap barang yang diterimanya. Jangan lupa sertakan thank you note untuk membuat pembeli senang dan merasa mendapat perhatian lebih.

Lapisi Produk dengan Pngaman / Bantalan Ekstra

Ini tergantung dari jenis / bahan produk yang dikirim. Untuk mengemas produk seperti pakaian atau buku, tidak harus menggunakan bubble wrap. Anda bisa melapisi dengan kertas koran untuk menambah keamanan.

Pastikan Tidak ada Ruang Kosong dalam Kemasan Produk

Manfaatkan barang tidak terpakai seperti kertas atau styrofoam untuk memenuhi ruang kosong di dalam kemasan produk. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan produk Anda dari benturan selama pengiriman.

Lindungi Produk dari Kerusakan Akibat Benda tajam atau Air

Anda bisa melapisi bagian luar kemasan dengan menggunakan karton, kardus, atau plastik untuk memberikan perlindungan ekstra.

Periksa Kembali Berat / Volume Paket yang Akan Dikirim

Timbang dahulu paket yang akan dikirim sebelum dibawa ke pihak logistik. Jika terjadi perbedaan ongkos kirim dengan agen logistik karena kesalahan berat produk, Anda bisa mengembalikan ongkos kirim tersebut melalui pemberian hadiah/produk yang disertakan pada paket. Anda juga bisa menganjurkan pengembalian sebagian ongkos kirim kepada pembeli lewat Pusat Resolusi setelah barang diterima oleh pembeli. Setelah mengetahui berat produk yang sebenarnya dari pihak logistik, Anda bisa mencantumkan berat produk tersebut di bagian informasi produk.

Bawa Paket Anda ke Agen Logistik dalam Keadaan Siap dan Rapi

Agar paket terlihat profesional, gunakan label pengiriman resmi dari Tokopedia yang bisa Anda print dari halaman invoice. Jangan lupa cantumkan keterangan spesifik mengenai jenis produk yang Anda kirim atau tambahan informasi seperti “fragile” kepada agen logistik.

Lakukan Tracking Secara Berkala untuk Mengetahui Posisi Pesanan

Setelah memasukkan nomor resi yang benar, Anda bisa tracking/memantau pesanan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan pesanan Anda tiba dengan baik di tangan pembeli. Pembeli juga bisa ikut memantau pesanannya dan melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Pastikan Anda mengemas produk dengan baik sebelum produk dikirim ke pembeli yah dapatkan review memuaskan dari pembeli!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller