Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Tips Foto Produk Menarik Biar Pembeli Auto Klik

Siap buat produkmu langsung dilirik pembeli?

Diperbarui 20 Sep Baca 2 menit

Dalam berjualan online, foto adalah hal wajib yang harus dimiliki setiap toko online ketika akan memasarkan produknya. Tanpa foto, pembeli akan sangat sulit membayangkan produk yang nantinya akan digunakan. Bahkan ketika ada fotonya saja, calon pembeli bisa batal beli. Kok bisa? Iya, karena foto yang dilihatnya tidak menarik; gelap, kusam, asal-asalan.

Foto yang tidak menarik berpotensi membuat calon pembeli berasumsi bahwa produk aslinya sama dengan foto produknya, padahal belum tentu. Oleh karena itu, penting banget bagi kita untuk memperhatikan foto produk kita agar pembeli dapat tertarik berbelanja di toko kita. Simak tips berikut ini, ya!

7 tips untuk memaksimalkan foto produk jualanmu

1. Maksimalkan 5 slot foto yang diberikan oleh Tokopedia untuk foto produk dari berbagai sisi

article

article

Tokopedia menyiapkan 5 slot foto untuk 1 produk jualanmu. Kamu bisa maksimalkan slot foto tersebut dengan foto utama yang akan muncul pertama kali ketika ada calon pembeli yang melihat produkmu, serta 4 foto lainnya sebagai foto tambahan untuk melengkapi foto utama tersebut. Terdapat beberapa pilihan untuk 4 foto lainnya, yaitu:

  • Foto dari beberapa sisi yang lain (samping, belakang, sisi dalam)
  • Foto saat digunakan/dipakai/saran penyajian
  • Foto saat diperagakan oleh model
  • Foto bersama pelanggan dilengkapi testimoni/review
  • Foto detail bahan untuk menunjukkan kualitas

2. Gunakan dimensi foto persegi

Dimensi foto yang dianjurkan di Tokopedia adalah persegi dengan resolusi minimal yaitu 300 x 300 px dan maksimal 2048 x 2048 px. Optimal ukurannya adalah resolusi 700 x 700 px.

3. Foto produk dengan latar belakang putih/polos

Foto dengan latar belakang polos akan membuat produkmu terlihat menonjol. Jangan lupa untuk memilih warna netral seperti putih. Namun, jika produkmu berwarna putih/pucat, gunakan background foto dengan warna lebih cerah seperti hijau.

4. Foto produk dengan pencahayaan yang baik

article

Untuk mendapatkan foto produk yang baik tidak selalu harus menggunakan kamera atau lensa yang mahal. Cukup dengan pencahayaan yang pas (tidak terlalu gelap atau terang) menggunakan smartphone sudah cukup membuat foto produkmu tampak seolah-olah diambil oleh kamera profesional.

Pastikan mengambil foto dilakukan di pencahayaan alami (golden hour atau siang hari), bukan menggunakan cahaya lampu di kondisi gelap. Kelemahan kamera smartphone adalah mengambil objek di kondisi gelap.

5. Agar foto terlihat jelas dan tajam, pastikan lensa kamera bersih dan hindari penggunaan zoom

Penggunaan zoom akan membuat foto produkmu terlihat tidak profesional dan tidak jelas, apalagi tajam. Jika kamu ingin produkmu terlihat lebih jelas, dekatkan kamera smartphone-mu, ya. Jangan lupa pastikan lensa kameramu bersih. Kamu juga dapat menggunakan tripod agar hasil fotomu lebih stabil dibanding dipegang oleh tangan sendiri.

6. Tambahkan video tentang produk jualanmu

Selain foto produk, kamu juga dapat menambahkan video tentang produk jualanmu pada salah satu slot foto yang telah disediakan, lho. Hal ini akan memudahkan calon pembelimu untuk memberi gambaran kepada calon pembeli mengenai tampilan produk ketika digunakan atau cara penggunaan produk.

7. Gunakan model atau maneken (boneka peraga) untuk kategori fashion

article

Dalam berjualan produk pakaian, sebaiknya foto produkmu menggunakan model atau maneken agar produkmu dapat “lebih terlihat” saat digunakan.

Perbandingan kualitas foto

article

Foto produk yang baik adalah foto produk dengan latar belakang polos, menunjukan detail produk tanpa watermark, kolase, tidak sama antara satu dengan yang lainnya, atau menggunakan banyak tulisan. Semakin baik kualitas suatu foto maka akan semakin menarik perhatian pembeli, jadi pastikan foto produkmu berkualitas baik seperti contoh di atas ya, Seller. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Memberi Nama Produk Jualan di Tokopedia

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual