Foto Produk Terbaik, Buat Pembeli Tertarik

Cara Foto Produk – Para pelaku bisnis online tentu paham bahwa foto produk adalah “nyawa” dari toko online Anda. Foto produk merupakan senjata ampuh untuk memancing minat pembeli agar tertarik pada produk yang Anda jual. Tokopedia memberikan 5 slot foto untuk setiap produk yang Anda jual. Karena itu, Anda harus meaksimalkan slot foto produk tersebut untuk menarik hati pembeli!

Cara Membuat Foto Produk Toko Online Menarik

  • Foto Produk dengan Latar Belakang Polos

Foto dengan latar belakang polos akan membuat produk Anda terlihat menonjol. Jangan lupa untuk memilih warna netral seperti putih. Namun, jika produk Anda berwarna putih/pucat, gunakan background foto dengan warna lebih cerah seperti hijau.

  • Foto Produk dengan Pencahayaan yang Baik

Untuk mendapatkan foto produk yang baik tidak selalu harus menggunakan kamera atau lensa yang mahal. Cukup dengan pencahayaan yang pas (tidak terlalu gelap/terang) sudah cukup membuat foto produk Anda tampak diambil oleh kamera profesional.

  • Foto Produk dari Berbagai Sisi

Ambil foto produk dari berbagai sudut untuk memperlihatkan detil produk. Anda bisa menampilkan foto tampak samping, tampak belakang, atau bahkan dari bagian dalam produk tersebut.

  • Foto Produk dengan Model

Untuk beberapa kategori seperti pakaian atau fashion, penggunaan model adalah hal penting untuk memberi gambaran kepada calon pembeli mengenai tampilan produk tersebut ketika digunakan. Sedangkan untuk kategori seperti dapur atau rumah tangga, Anda bisa menampilkan foto dengan memperlihatkan cara penggunaan produk untuk mengundang ketertarikan calon pembeli.

  • Foto Kelengkapan Produk atau Bonus Tambahan

Jika produk yang Anda jual dilengkapi dengan berbagai aksesoris dalam satu paket atau ada bonus tambahan untuk setiap pembelian produk, jangan lupa untuk menyertakan foto aksesoris tambahan bersamaan dengan foto produk. Hal ini bisa jadi nilai plus untuk memancing calon pembeli.

  • Lengkapi Foto Produk dengan Logo Toko Anda

Anda bisa menambahkan watermark atau logo toko di dalam foto produk, bisa juga dengan menyertakan kartu nama di setiap foto produk Anda. Selain mencegah “pencurian” foto, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan.

Pastikan bahwa foto produk sudah memenuhi ukuran standar minimum di Tokopedia, yaitu 300 pixel. Jangan lupa juga untuk menamakan file foto sesuai dengan produknya agar mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google. Kode seperti IMG00028 atau DSC00014 akan sulit dibaca oleh mesin pencari sehingga Anda akan kehilangan kesempatan untuk menarik calon pembeli.

Nah, sekarang foto produk Anda sudah siap di-upload ke Tokopedia. Jangan ragu untuk mengganti foto produk yang dijual secara berkala agar calon pembeli mendapat tampilan baru yang berbeda. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.