Baru! Video Edukasi Seller Tokopedia: 3 Cara Membuat Deskripsi Produk Jualan di Tokopedia

Cara Membuat Deskripsi Produk – Hi Seller! Pernah nggak sih kamu sebal karena pembeli banyak tanya soal barang yang kamu jual? Pembeli yang banyak tanya menandakan deskripsi produkmu belum terlalu jelas. Mau tahu cara membuat  deskripsi produk yang baik dan menarik?

Di video #KelasSellerTokopedia kali ini, ada 3 cara jitu bikin deskripsi produk jualanmu yang tepat dan lengkap untuk calon pembeli. Langsung ke channel Youtube Tokopedia Seller dengan klik video di bawah ini.

Mengapa deskripsi produk harus menarik dan menjual?

Kebanyakan calon pembeli ingin membeli sesuatu untuk mengatasi persoalan yang sedang dihadapi. Misalnya Bapak A mencari laptop untuk kuliah, Bapak B mencari handphone baru dengan harga terjangkau, atau Ibu C mencari baju bayi untuk anaknya yang baru lahir.

Peran utama deskripsi produk adalah untuk memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi calon pembeli. Sebagian besar transaksi terjadi karena pembeli merasa yakin produk yang dibeli bisa mengatasi persoalan yang sedang dihadapi. Pembeli terbantu, tokomu pun terbantu karena penjualanmu meningkat.

Selain untuk memberikan solusi, deskripsi produk juga menggambarkan keseriusan tokomu dalam berjualan. Oleh karena itu, deskripsi produk harus jelas dan menarik agar pembeli yakin untuk berbelanja di tokomu.

Cara membuat deskripsi produk yang baik

1. Deskripsi Produk Jelas dan Lengkap

Setelah menonjolkan keunggulan utamanya, kamu perlu menuliskan deskripsi yang jelas dan lengkap sesuai produk yang kamu jual seperti:

  • Spesifikasi/fitur
  • Keunggulan produk
  • Kelengkapan produk
  • Garansi produk
  • Warna yang tersedia

Kamu juga bisa menambahkan layanan logistik yang tokomu gunakan dan waktu yang dibutuhkan untuk memproses orderan. Jika deskripsi produkmu meyakinkan, tentu pembeli tidak ragu berbelanja di tokomu.

Baca juga:3 Cara Memberi Nama Produk Jualan di Tokopedia

2. Lengkapi deskripsi produk dengan pertanyaan yang mungkin ditanyakan pembeli

Jika deskripsi produkmu sudah lengkap, bukan berarti pembeli tidak akan menanyakan apapun kepadamu. Coba posisikan dirimu sebagai pembeli dan perkirakan pertanyaan-pertanyaan apa yang mungkin ditanyakan oleh pembeli. Misalnya garansi jika terjadi kerusakan barang, cara tukar produk, tanggal kadaluwars, dan lainnya.

3. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti Pembeli

Deskripsi yang baik terdiri dari struktur yag mudah dimnegerti pembeli. Berikut ini cara membuat struktur deskripsi menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti,

  • Bentuk deskripsi berupa poin-poin agar mudah dibaca
  • Letakkan informasi penting di awal paragraf
  • Singkat, padat dan jelas

Contoh deskripsi produk yang baik:

Itu tadi beberapa tips menulis deskripsi produk yang baik agar pembeli yang datang ke tokomu yakin berbelanja di tokomu. Ayo segera upload produk terbaikmu dan buat deskripsi produknya semenarik mungkin.

UPLOAD PRODUK SEKARANG!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller