Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

Cara Membuat Desain Kemasan Produk – Dalam bisnis, terdapat beberapa faktor yang menentukan branding pada bisnis. Salah satu faktor yang berperan penting adalah kemasan yang kamu gunakan. Kemasan adalah bagian kepribadian brand kamu untuk menyampaikan pesan. Kamu dapat memasukan identitas brand kamu melalui kemasan dengan logo, warna, desain, dan sebagainya. Hal ini akan menentukan bagaimana pelanggan berinteraksi dengan brand kamu melalui kemasan, karena impresi pertama yang akan menentukan pelanggan untuk membeli suatu produk. 

Pada kemasan, kamu diberikan kesempatan untuk menonjol dari kompetitor lainnya. Pastikan kemasannya menonjol dari yang lain. Maka dari itu, kemasannya kamu buat sedemikian rupa menggambarkan karakter dan unik untuk brand kamu.

Nah, jadi, bagaimana cara membuat desain kemasan produk yang menarik dan tepat untuk brand kamu? Simak cara membuat desain kemasan produk di bawah ini!

Cara Membuat Desain Kemasan Produk

  • Kemasan yang Melindungi Produk

Satu kunci dalam membuat packaging yang tepat adalah dengan menggunakan kemasan yang melindungi produk kamu. Jadikanlah produk kamu sebagai barang yang berharga, karena kamu tidak ingin pelanggan kamu mendapatkan produk yang rusak akibat keamanan kemasan yang kurang optimal. Hal itu akan mempengaruhi ulasan pelanggan yang nantinya berkesinambungan pada sales penjualan kamu.

Misalnya, jika kamu ingin menjual produk makanan berupa saus sambal, kamu harus menyiapkan botol dengan kaca yang tahan banting, dan usahakan penutup yang kedap udara agar menjaga ketahanan makanan agar tidak cepat basi. Melalui proses logistik, kemasan kamu akan diuji dengan ketahanan banting hingga pintu pelanggan kamu.

  • Buatlah Kemasan Layaknya Investasi

Ketika berbicara mengenai keamanan produk, kamu pasti harus mempersiapkan modal untuk berani membeli kemasan yang kualitasnya tinggi dan terpercaya. Sementara itu, kemasan yang terpercaya dan berkualitas akan menambah nilai pada brand kamu agar lebih berkelas dan memberikan kesan untuk memuaskan pelanggan.

Walaupun kemasan berkualitas membutuhkan modal yang banyak, namun jadikan ini sebagai investasi untuk brand kamu kedepannya. Karena kedepannya, banyak pelanggan yang akan percaya akan produk kamu dan pembelian produk kamu akan meningkat. 

  • Buat Desain Simple

Slogan “Less is More” adalah prinsip dari membuat suatu kemasan produk. Kemasan produk harus dibuat dengan simple dan elegan, namun tetap mencolok untuk diperhatikan pelanggan. Pastikan desain kemasan kamu juga sesuai dengan brand image yang kamu pasarkan. Contohnya, packaging produk harus sesuai dengan desain marketing visual lainnya dengan warna, font, dan slogan yang sama. 

Balik ke less is more, jangan jadikan kemasannya terlalu ramai dan memiliki desain yang berlebihan. Simple memberikan kesan yang elegan dan mahal. 

Baca juga: Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Visual Marketing

  • Fokus ke Tipografi

Tipografi merupakan desain visual yang penting. Unsur-unsur penting pada tipografi adalah pewarnaan yang sesuai dengan desain tanpa memuat banyak variasi warna-warni, font dan gaya tulisan yang tidak berlebihan dan sesuai dengan karakter brand, dan penempatan yang rapi dan elegan. 

Pastikan tulisan yang kamu masukan juga tidak ribet dan banyak basa-basi. Pelanggan tidak ingin membaca tulisan yang rumit dan terbelit-belit. Seperti poin sebelumnya, pastikan desainnya simple dan mudah dipahami pelanggan.

  • Ramah Lingkungan

Zaman sekarang, sudah banyak desain kemasan produk yang mementingkan ramah lingkungan. Dengan menambah nilai ramah lingkungan, brand kamu akan memiliki nilai Corporate Social Responsibility (CSR) dengan eksposur yang dipandang oleh pelanggan. Selain itu, masyarakat akan lebih tertarik dengan brand yang memiliki kesadaran akan kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat.

Nilai plus nya, kamu juga dapat mendukung gerakan ramah lingkungan dengan mengurangi produksi kemasan yang berbahaya untuk bumi ini.

Baca juga: 7 Alternatif Kemasan Ramah Lingkungan untuk Pengiriman

Itulah 5 cara dan prosedur dan cara membuat desain kemasan produk yang menarik. Packaging merupakan faktor penting dalam branding bisnis kamu. Maka dari itu, pastikan kamu buat sesuai dengan guideline tersebut. Untuk lebih pasti dengan packaging kamu.

Yuk, desain kemasan produkmu dan mulai berjualan di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller