Tokopedia

Topik

  1. Panduan Berjualan
  2. Kemasan Produk yang Menarik, Kunci Pembeli Tertarik!

Kemasan Produk yang Menarik, Kunci Pembeli Tertarik!

Hai Seller! Dalam bisnis, diperlukan branding jika kita ingin …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Hai Seller! Dalam bisnis, diperlukan branding jika kita ingin meningkatkan brand awareness atau produk jadi dikenal calon pembeli. Kemasan yang kamu gunakan adalah salah satu faktor penting dalam branding produkmu. Mengapa demikian? Karena kemasan akan menunjukkan kepribadian untuk menyampaikan pesan kepada calon pembeli. Dengan kemasan, kamu dapat memasukkan identitas brandmu melalui logo, warna, desain, dan lainnya.

Kemasan untuk meningkatkan brand awareness

Kemasan merupakan salah satu alat pemasaran yang efektif loh. Jika kamu memiliki kemasan yang unik dan berbeda dari lainnya, pembeli akan secara tidak langsung mempromosikan produkmu, bisa dengan mengupload produkmu di akun media sosial mereka saat unboxing atau mempromosikan dari mulut ke mulut kepada kerabat.

Maka dari itu, penting buat kamu membuat kemasan yang menggambarkan karakter dan keunikan dari brand kamu.

Contoh kemasan yang baik

Produk yang dikemas baik, menggunakan tampilan yang menarik akan berpotensi mempunyai nilai jual tinggi. Karenanya tampilkan brandingan seperti nama toko, produk dan logo pada kemasanmu. Percaya atau tidak, jika pembeli yang sudah tertarik dengan kemasanmu, mereka tidak sungkan-sungkan untuk mengeluarkan biaya lebih dibanding dengan kompetitormu.

5 Langkah mudah membuat kemasan produk yang menarik sesuai karakter brand

1. Kemasan yang melindungi produk

Satu kunci dalam membuat kemasan yang tepat adalah gunakan kemasan yang melindungi produkmu. Jadikanlah produk kamu sebagai barang yang berharga, karena kamu tidak ingin pelanggan kamu mendapatkan produk yang rusak akibat keamanan kemasan yang kurang optimal. Hal itu akan mempengaruhi ulasan yang akan diberikan pembeli kepadamu.

Misalnya, jika kamu ingin menjual produk makanan berupa kopi, kamu harus menyiapkan botol plastik atau kaca yang tahan banting, dan usahakan penutup yang kedap udara agar menjaga ketahanan kopimu agar tidak cepat basi.

2. Kemasan itu investasi!

Kemasan adalah investasi jangka panjang. Selain melindungi produk, kemasan juga dapat sekaligus menambah nilai pada produk jualanmu. Ingin terlihat berbeda, berkelas dan memberikan kesan pada pelanggan? Kemasan yang berkualitas jawabannya!

Cetak kemasan menarikmu di Tokopedia Print

Kini, kamu dapat membuat kemasan sekaligus dengan stikernya melalui produk bundling Tokopedia Print! Urusan kemasanmu akan lebih murah dan mudah tanpa perlu memilih dan membeli 2 produk yang berbeda sekaligus. Kamu juga tidak perlu pusing-pusing untuk membeli kemasan dan stiker di tempat yang terpisah karena bisa beli langsung pada satu tempat di Tokopedia Print.

Tokopedia Print menyediakan produk bundling berupa kotak kemasan, gelas kertas tahan panas dengan Stiker, gelas plastik dengan stiker, gelas kertas dingin, dan lainnya. Kamu bisa cetak kemasan sesuai desain yang kamu inginkan di Tokopedia Print lho. Cek referensinya:

1. Kotak kemasan custom

2. Kotak kemasan custom + tutup

3. Gelas kertas tahan panas + stiker

4. Gelas plastik PP 12oz + stiker (tersedia untuk ukuran 12oz dan 16oz)

5. Gelas plastik PET 14oz + stiker (tersedia untuk ukuran 14oz dan 22oz)

6. Gelas kertas dingin + stiker (tersedia dengan ukuran 12oz dan 22oz)

Baca Juga: Tokopedia Print, Andalan Baru Buat Cetak Kebutuhan Bisnismu

3. Buat Desain Simple

Pastikan kemasan produk yang kamu buat adalah simple, elegan, dan mencolok untuk menarik pelanggan. Kamu harus membuat kemasan yang sesuai dengan image/nilai yang ingin kamu tunjukkan kepada pembeli dengan memperhatikan warna, font, dan slogan dari tokomu ya.

4. Buat kemasan limited edition

Membuat kemasan yang menawarkan edisi terbatas dapat mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian lagi loh! Bahkan, mereka juga akan berlomba-lomba mendapatkan produk dengan kemasan yang terbatas dan mempublikasikannya di media sosial karena kemasan dengan edisi terbatas akan bersifat personal kepada pembeli. Bisa kebayang dong seberapa naik penjualanmu nanti?

Contoh brand yang sukses dari kemasan limited edition

1. SK II dengan kemasan produk akhir tahun

2. Coca Cola dengan 70 nama di balik kemasan

5. Ramah Lingkungan

Penting nih! Kesadaran masyarakat tentang produk ramah lingkungan semakin meningkat. Banyak pembeli yang rela membayar sedikit lebih mahal demi ikut andil dalam melestarikan lingkungan dan memilih brand yang memiliki kesadaran akan kontribusi terhadap sekitar. 

Tak hanya soal produk, kemasan ramah lingkungan juga bisa menjadi daya tarik sendiri untuk menambah nilai brand-mu. Untuk itu kita bisa mendukung gerakan ramah lingkungan dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan dan mengurangi produksi kemasan yang berbahaya untuk bumi.

Nah, itu dia 5 cara mudah membuat kemasan produk yang menarik. Ingat ya, kemasan menarik kunci pembeli ngelirik! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buat kemasanmu sekarang!

BUAT KEMASAN SEKARANG

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

5 Cara Mengatasi Keluhan Customer dengan Baik

Panduan BerjualanDiperbarui 08 DecBaca 2 menit
top description

Pentingnya Branding Design untuk Marketing Bisnis Online

Panduan BerjualanDiperbarui 08 DecBaca 2 menit
top description

Tools untuk Tracking Keuangan Bisnis Anda

Panduan BerjualanDiperbarui 08 DecBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan