Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Cara Memberi Nama Produk Jualan di Tokopedia

Agar produkmu makin eksis, pastikan kamu memberi nama produk dengan cara yang benar ya, Seller!

Diperbarui 11 Aug Baca 2 menit

Seller, tahukah kamu? Penamaan produk yang efektif berpengaruh langsung dengan muncul atau tidaknya produkmu pada hasil pencarian, lho!

Ada Seller yang bertanya-tanya kenapa produknya belum kunjung dibeli. Salah satunya, karena nama produknya sulit ditemui oleh pembeli. Di video #KelasSellerTokopedia kali ini, kami akan bantu temen-temen Seller Tokopedia mengetahui cara membuat nama produk tepat dan mudah ditemukan pembeli. Yuk, tonton sekarang!

Cara tepat menamakan produk jualan di Tokopedia

article

Penting banget untuk kamu memberikan nama produk dengan kata kunci yang tepat agar muncul ketika calon pembeli sedang mencari produkmu. Simak caranya di bawah ini, ya!

1. Gunakan nama produk yang mudah dicari pembeli sesuai dengan rumus penamaan produk

article

Agar pembeli dapat menemukan produk kamu dengan mudah, pastikan kamu mengikuti rumus penamaan produk, yaitu:

Jenis Produk/Kategori Produk + Merek + Keterangan

Penamaan produk yang baik akan membuat produk kamu lebih mudah ditemukan pembeli dan membantu menaikkan skor SEO tokomu di Tokopedia dan Google. Pastikan kamu tidak menaruh kata kunci yang tidak relevan, seperti nama produk lain atau nama kompetitor, ke nama produkmu ya, karena akan membuat pembeli kecewa dan mengurangi kepercayaan mereka pada tokomu.

2. Masukkan produk ke kategori yang tepat (sesuaikan jenis atau kategori produkmu)

article

Saat meng-upload produk, Tokopedia akan memberikan beberapa rekomendasi kategori yang sesuai dengan produkmu. Kamu bisa memilih berdasarkan rekomendasi tersebut atau menambahkan sendiri secara manual. Namun, pastikan kategori produk yang kamu masukkan benar-benar sesuai dengan produkmu, ya. Jika kategori produk yang dimasukkan tidak sesuai, produkmu tidak akan muncul di laman pencarian.

3. Cantumkan satu merek saja

Masukkan satu nama merek saja saat meng-upload produk dan pastikan merek produk tersebut sesuai dengan produk yang kamu upload. Jika kamu memasukkan lebih dari satu merek, produkmu kemungkinan tidak muncul di laman pencarian saat pembeli mencari produkmu.

Apalah arti foto yang menarik dan harga yang bersaing kalau nama produkmu enggak bisa ditemuin pembeli? Ayo, gunakan dan sesuaikan nama produkmu agar produkmu muncul pas dicari pembeli!

3 hal yang enggak boleh kamu lakukan saat menulis nama produk

  1. Nama produk mengandung banyak kata kunci
    Nama produk yang terlalu banyak mengandung kata kunci akan teridentifikasi spamming, baik di dalam Tokopedia ataupun Google. Nama produk yang baik terdiri dari minimal 40 karakter dan maksimal 70 karakter.
  2. Menambah kata kunci yang gak berkaitan dengan produk
    Terlalu banyak menggunakan kata kunci yang tidak relevan dapat mengurangi performa produk dan bisa membuat pembeli kecewa.
  3. Menyebutkan nama merek lain/kompetitor di nama produkmu
    Menggunakan nama merek lain/kompetitor akan merusak skor SEO toko dan produkmu di Tokopedia dan Google. Jadi, pastikan hanya menulis nama merek sesuai produk yang kamu jual, ya. Hal ini dilakukan agar produkmu tidak berisiko melakukan pelanggaran kekayaan intelektual. Namun, jika yang kamu jual merupakan produk dengan kesesuaian atau kompatibilitas dengan produk dari merek lain, kamu bisa gunakan rumus berikut:

Jenis Produk/Kategori Produk + Merek + Keterangan + untuk/kompatibel dengan/cocok untuk + [Jenis & Merek Produk yang Dimaksud]

Contoh: Hard Case Toped Waterproof kompatibel dengan Appa Smartphone 9+

Baca juga: Mengenal Kekayaan Intelektual dan Konsekuensinya

Mudah, kan, Seller? Ikuti tips di atas agar nama produkmu optimal, ya! Yuk, cek dan perbaiki nama produkmu!

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual