3 Tips Jalin Hubungan Baik dengan Pembeli

Rahasia mendapatkan pembeli loyal dengan menjalin hubungan baik

Seller, salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah memiliki hubungan yang baik dengan pembeli. Salah satu cara membangun hubungan yang baik dengan pembeli adalah dengan memberikan pelayanan yang baik. Yuk, simak tips berikut yang bisa kamu terapkan agar pembeli bisa jadi pelanggan tetap di tokomu. 

Cara menjaga hubungan yang baik dengan pembeli

A. Beri pelayanan yang baik 

Kamu perlu memaksimalkan kualitas pelayanan agar calon pembeli nyaman untuk berbelanja di tokomu. Berikut beberapa cara untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap calon pembelimu.

1. Cepat membalas chat

Cepat balas chat dan diskusi pembeli adalah kunci utama agar pembeli tidak bosan karena menunggu balasan darimu yang terlalu lama. Gak hanya itu, skor Performa Toko juga akan berkurang kalau kamu balasnya lewat dari 7 jam. Untuk hasil maksimal, pastikan kamu membalas pesan pembeli kurang dari 1 jam.

2. Kecepatan proses pesanan

Setelah pembeli berhasil membayar barang belanjaannya, kamu dapat langsung proses pesanannya sehingga pembeli tidak menunggu waktu lama. Proses pesanan tidak lebih dari 22 jam setelah pembayaran berhasil diverifikasi oleh Tokopedia.

3. Kemasan yang menarik dan aman

Pemilihan kemasan juga dipengaruhi oleh jenis barang. Untuk kemasan barang elektronik, gadget, atau HP gunakanlah box yang kokoh dan lapisi dengan bubble wrap. Tujuannya untuk menahan guncangan saat pengiriman. Kamu juga bisa membuat kemasan menarik dengan dibungkus kertas kado atau pita untuk menyenangkan hati pembeli. Nah, siapkan juga kartu ucapan atau pesan custome apabila pembeli ingin mengirim produk ke seseorang sebagai hadiah.

4. Lakukan pengecekan akhir

Retur paling sering terjadi karena produk rusak ataupun kesalahan pengiriman. Oleh karena itu, melakukan pengecekan sebelum pengiriman sangat penting untuk menghindari komplain pembeli. Pengecekan bukan hanya pada produk saja, namun juga pada pengemasan produk karena kerusakan sering terjadi selama pengiriman barang. Pengecekan terakhir terhadap produk dan kemasan akan terhindar dari kerusakan selama pengiriman.

5. Pastikan waktu pengiriman sesuai

Setelah proses pesanan selesai, jangan lupa untuk langsung mengirim pesananmu kepada Pembeli. Apabila pesanan tidak dapat dikirim pada hari tersebut, infokan kepada pembeli bahwa pesanannya akan dikirim keesokan harinya.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Tentang Pembatalan Instan dari Pembeli

B. Komunikasi dengan baik ke pembeli

Penting bagi Seller untuk mengetahui etika berkomunikasi yang baik ke pembeli demi terciptanya hubungan baik. Lalu, apa aja sih langkah-langkahnya? Cek selengkapnya ya.

1. Balas chat dengan ramah

Saat kamu melakukan interaksi dengan pembeli, tunjukkan keramahan di setiap obrolan chat kamu. Berperilaku sopan juga sangat penting, ucapkan perkataan yang sesuai dengan pelanggan. Seperti santai dengan pelanggan usia muda, dan baku pada pelanggan yang lebih tua. Hindari kata-kata yang dapat menyakitkan perasaan pembelimu seperti “jangan cuma beli satu ya” atau “kenapa lagi kak?”

2. Ucapkan terima kasih dan maaf

Selama kamu berinteraksi dengan pembeli, jangan lupakan dua kata yang bisa membuat mereka tenang, yaitu “terima kasih” dan “maaf”. Ketika pembeli telah menyelesaikan transaksi, kamu dapat mengucapkan terima kasih dan mengajaknya untuk menilai produkmu di kolom ulasan produk. Namun, ketika produk yang dicarinya sedang kosong atau ada kesalahpahaman yang terjadi, kamu dapat mengatakan “maaf” terlebih dahulu sebelum menjelaskan situasinya.

3. Tetap sabar di segala situasi

Jika seorang pembeli komplain dengan tokomu dan berusaha menyalahkanmu, jangan terbawa emosi. Dengarkan dengan baik keluhan dan maksudnya, setelah itu kumpulkan fakta dan data yang kamu punya. Jelaskan kesalahpahaman yang terjadi dengan bijak. Jangan lupa untuk tawarkan solusi terbaik yang bisa kamu berikan kepada pembeli. 

Apabila permasalahanmu dengan pembeli tidak dapat diselesaikan dengan kedua belah pihak, kamu tidak boleh menyalahkannya atau mengabaikannya. Ajak pembeli untuk menyelesaikan masalahnya di pusat resolusi agar dapat dibantu diselesaikan oleh pihak Tokopedia.

4. Tawarkan untuk ganti produk

Apabila ada pembeli tidak cocok dengan produknya, kesalahan ukuran, atau produk rusak karena pengiriman, kamu dapat menawarkan ganti produk agar pembeli tidak kecewa.

5. Hargai pelangganmu

Seorang Seller perlu bersikap menghargai setiap calon pembeli. Mereka akan merasa nyaman dan senang berbelanja apabila dihargai oleh Seller. Cara menghargai calon pembeli bermacam-macam.

  • Dengarkan permintaan pembeli dan dengan sikap penuh perhatian
  • Sapa pembeli yang bertanya di kolom chat atau diskusi, misalnya “Selamat datang kak:)”
  • Layani pembeli dengan ramah tanpa memandang jumlah yang dibelinya.

C. Bangun reputasi toko untuk jangka panjang

Reputasi toko adalah salah satu faktor yang penting sekali dijaga oleh para Seller. Selain bisa bikin tokomu dipercaya, pembeli juga bisa makin setia deh!

1. Jaga kualitas produk

Ada jutaan produk mirip denganmu yang dijual di Tokopedia, cara untuk membuat produkmu lebih unggul dari toko lainnya adalah kualitasnya. Tak bisa dipungkiri, pembeli akan lebih menyukai kualitas yang bagus. 

2. Dengarkan feedback dari pembeli untuk pengembangan dan peningkatan kualitas produk 

Sebagai Seller, sebaiknya kamu aktif menanyakan feedback tentang produkmu, tidak hanya tentang pelayanan toko saja. Kamu bisa menanyakannya lewat chat di Tokopedia atau bisa kirimkan Broadcast Chat juga.

Setelah mendapatkan feedback dari pembeli, atur waktu untuk mendiskusikan keluhan pembeli tersebut. Bisa mingguan atau bulanan. Dari feedback tersebut, pilihlah masukan dari pembeli yang bisa kamu aplikasikan ke produkmu. Inilah caranya produkmu bisa bersaing dan relate dengan kebutuhan pasar.

3. Tulis kelebihan produk pada deskripsi dengan jujur 

Tonjolkan keunggulan utama dari produkmu. Tidak perlu berlebihan, tulis keunggulan produk dengan jujur tanpa dilebih-lebihkan. Setelah menonjolkan keunggulan utamanya, kamu perlu menuliskan deskripsi yang jelas dan lengkap sesuai produk yang kamu jual seperti:

  • Spesifikasi/fitur
  • Keunggulan produk
  • Kelengkapan produk
  • Garansi produk
  • Warna yang tersedia

4. Berikan harga yang bersaing

Strategi dalam menentukan harga produk yaitu dengan melihat kompetisi harga di pasar. Dengan mengetahui harga dari para pesaing, kamu setidaknya sudah memiliki patokan harga. Ini bukan berarti kamu harus memberikan harga yang sama seperti harga yang ditawarkan pesaing. Namun, jika kamu sudah mengetahui bahwa produk kamu adalah produk yang terbaik kamu dapat menggunakan metode ini. Karena kualitas tidak akan membohongi hasil.

Pembeli dapat diibaratkan sebagai jantung dari bisnis kamu. Maka, penting sekali menjaga hubungan baik dengan pembeli untuk mempertahankan bisnis yang sudah susah payah kamubangun. Menjaga loyalitas pembeli lebih sulit daripada mendapatkan calon pembeli lho Seller.

Dalam menjalankan bisnis di Tokopedia, Seller juga diharapkan dapat mematuhi peraturan yang berlaku. Seperti di bawah ini:

Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Tokopedia, pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar atau konten apapun yang mengandung unsur diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, SARA, bersifat ancaman atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Tokopedia berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun dan lain-lain.

Informasi selengkapnya: https://www.tokopedia.com/terms.pl#konten

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller