Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

Cara Melakukan Market Research – Dalam menjalankan bisnis online, bukan hanya modal uang, kuota internet, dan gadget saja. Banyak hal lainnya yang harus Anda rencanakan apabila sedang atau ingin memulai bisnis online, salah satunya adalah dengan melakukan riset. Riset sendiri dalam dunia bisnis memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu untuk melihat peluang pasar, mengikuti tren, mengevaluasi keadaan bisnis, merencanakan yang lebih baik untuk bisnis tersebut kedepannya, dan masih banyak manfaat riset lainnya.

Baca juga: Optimalkan Bisnismu dengan Fitur Wawasan Pasar

Untuk melakukan riset yang baik, yuk simak cara melakukan riset pasar untuk bisnis online berikut ini supaya bisnis Anda semakin berkembang!

Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

  • Tentukan Target Market

Target market adalah konsumen atau pelanggan yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah bisnis. Tetapkan terlebih dahulu siapa yang cocok, sesuai dan mempunyai potensi untuk membeli produk Anda. Tentu Anda harus menetapkannya secara detail, mulai dari umur, laki-laki atau perempuan, demografis, dan lain-lain. Karena hal ini akan mempengaruhi banyak aspek, cara Anda berkomunikasi lewat online kepada mereka, harga pada produk Anda, serta jenis produk yang akan dijual. 

  • Siapkan Pertanyaan

Dalam melakukan market research, Anda pasti membutuhkan jawaban yang dapat dijadikan insight untuk strategi bisnis Anda, bukan? Setelah menentukan target market, siapkan pertanyaan seperti pandangan konsumen terhadap nama dan logo toko online Anda, berapa biaya yang akan dikeluarkan konsumen untuk membeli produk Anda, kebiasaan konsumen dalam belanja online, dan lain-lain. Dari pertanyaan-pertanyaan seperti ini Anda dapat mengambil jawaban konsumen sebagai masukan dan saran yang bisa Anda pertimbangkan untuk evaluasi bisnis Anda. 

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Desain Logo Toko

  • Riset Kompetitor

Selain melakukan riset pada calon konsumen, Anda juga perlu mencari tahu terkait kompetitor yang menjual produk sejenis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi pasar dan memicu Anda agar tidak lengah. Bisa saja kalau riset ini tidak dilakukan, Anda merasa toko Anda baik-baik saja padahal toko Anda tertinggal dibandingkan kompetitor. Dengan melakukan riset terhadap kompetitor, Anda bisa menyiapkan strategi untuk bersaing, Contohnya, cari tahu apa produk di toko tersebut, apa yang paling laku dan Anda bisa menjualnya di toko Anda. 

Baca juga: Cara Mengetahui Produk Terlaris dan Paling Diminati di Toko Anda

  • Riset Permintaan Produk

Anda bisa melakukan riset ini dengan cara menyiapkan kata kunci yang berkaitan dengan produk Anda. Dengan menggunakan mesin pencari Anda bisa melihat jenis produk atau brand yang paling sering banyak dicari. Sehingga Anda bisa tahu seberapa besar permintaan pasar pada produk tersebut dan bisa menjadi peluang untuk bisnis Anda. 

Baca juga: Tokomu Lebih Mudah Ditemukan Pembeli dengan SEO, Gratis!

  • Mencari Tren

Sebagai penjual, tentunya kita harus selalu melakukan inovasi agar konsumen tidak bosan dengan keadaan toko yang itu-itu saja. Anda bisa mencari tren yang banyak diburu konsumen sebagai masukan untuk inovasi toko Anda. Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tren ini adalah dengan bantuan Google Trends, yaitu grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. 

Itulah Seller, cara-cara untuk melakukan riset pasar untuk bisnis online. Riset ini bisa Anda lakukan secara online dengan mudah dan cepat, pasti melakukan riset dapat membawa banyak manfaat. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kondisi pasar, jadi persiapan Anda untuk memulai atau mengembangkan bisnis semakin matang, bukan hanya modal dan ketersediaan produk, namun juga strategi! 

Tidak sulit bukan? Dalam menjalankan bisnis semua menjadi mudah ketika ada niat dan komitmen.  Anda sudah siap memulai bisnis? Yuk segera buka toko di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller