Tokopedia

Topik

  1. Uncategorized
  2. Kata Seller #3: Bagaimana Cara Jadi Top Seller?

Kata Seller #3: Bagaimana Cara Jadi Top Seller?

Berawal dari iseng, Top Seller Evan Christian berhasil membuat …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Berawal dari iseng, Top Seller Evan Christian berhasil membuat bisnis online-nya maju dan berkembang berkat kegigihan serta kemauan untuk terus belajar. Sejak mulai berjualan di Tokopedia pada tahun 2015, Evan sudah mendapatkan reputasi Diamond 4, menjual hampir 300.000 produk, dan mempekerjakan setidaknya 4 karyawan untuk membantunya mengelola toko. Pencapaian luar biasa ini berhasil ia raih hanya dalam kurun waktu 3 tahun. Dalam Kata Seller #3, Evan berbagi tips dan trik berjualan pada teman-teman yang ingin mencuri inspirasi dari kisahnya.

Trik Memulai Bisnis Online

For some people, the first step is always the hardest. Dalam pandangan Evan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pelaku bisnis online baru agar memulai berjualan jadi lebih mudah.

Tak Punya Cukup Modal? Ajukan Pinjaman Aja!

Kurangnya modal sering membuat orang ragu untuk memulai bisnis online. Untuk mengatasi hal ini, Evan menyarankan untuk mengajukan pinjaman pada bank atau orang terdekat. Tentunya, pilihlah pihak yang memang dapat dipercaya.

Pilih Platform yang Tepat

Saat ini, sudah banyak sekali platform jualan online alias marketplace yang tersedia di pasaran. Evan sendiri memilih Tokopedia sebagai tempat pertama membuka bisnis online setelah mengetahui Tokopedia memiliki jumlah pengunjung terbanyak di antara marketplace lain, karena faktor ini akan mempengaruhi jumlah penjualan yang ia terima.

Pelajari Platform dengan Baik

Siapa pun yang baru saja membuka toko pasti pernah merasa bingung mengenai fitur-fitur jualan di Tokopedia dan cara memaksimalkannya. Evan pun mengalami hal serupa. Menurutnya, kebingungan tersebut bisa diatasi dengan rajin-rajin browsing di internet dan belajar melalui Seller Center Tokopedia.

Gigih dan Terus Belajar

Bagi Evan, kegigihan adalah faktor utama yang membuat bisnisnya berhasil. Meski diawali dengan keisengan, Evan tak pernah berhenti untuk terus belajar demi memperbaiki kualitas pelayanan. Ia melakukannya dengan sering membaca review pembeli dan menggunakannya sebagai bahan perbaikan di kemudian hari.

Jual Apa yang Customer Butuhkan

Toko Evan dinamakan budgetgadget karena ia mengawali bisnisnya dengan berjualan aksesoris gadget. Seiring waktu, Evan kerap memperhatikan tren menggunakan fitur Wawasan Pasar. Untuk memastikan konsumen terus berdatangan ke tokonya, Evan memasukkan varian produk lain, utamanya yang sedang banyak digemari atau yang sedang viral. Kini, ia tak hanya menjual aksesoris gadget, tapi juga barang-barang unik, keperluan rumah tangga, hingga produk kecantikan.

Trik untuk Menjadi Top Seller

Memiliki bisnis online saja tidak cukup. Pastinya semua pemilik ingin bisnisnya berhasil. Apa trik yang Evan lakukan sehingga ia bisa memperoleh reputasi Top Seller dengan cepat?

Fokus Pada Kepuasan Pelanggan

Menurut Evan, kepuasan pelanggan adalah hal utama yang membuat tokonya bertahan hingga sekarang. Bila seorang pembeli memiliki pengalaman menyenangkan saat bertransaksi di tokonya, kemungkinan besar ia akan repeat order dan menjadi pelanggan setia. Ia pun mungkin akan merekomendasikan toko ke calon pembeli lain.

Berikan Jaminan Garansi

Ketika calon pembeli percaya bahwa produk bisa diretur atau diperbaiki bila ada sesuatu yang tak sesuai, calon pembeli cenderung merasa lebih aman dan bersedia melakukan transaksi. Di Tokopedia, Seller bisa menggunakan fitur Free Returns untuk memberi jaminan garansi pada konsumen.

Pastikan Ketersediaan Stok Barang

Pastikan stok barang selalu tersedia! Apabila harganya cocok namun stoknya kosong ketika dibutuhkan pembeli, maka sia-sia sajalah semuanya. Evan pun memanfaatkan fitur Stock Management di Tokopedia untuk mengantisipasi habisnya stok barang di toko.

Di luar itu, Evan pun turut menekankan ketekunan, kegigihan, serta kekuatan doa sebagai sumber keberhasilannya. Seperti halnya semua pekerjaan lain, bisnis online memang memerlukan sosok yang tak mudah menyerah agar bisa terus bertahan dan memenangkan persaingan.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kini Hadir JNE Online Booking & Cashless, Dapatkan Cashbacknya!

UncategorizedDiperbarui 25 JanBaca 2 menit
top description

BARU! Rekomendasi Kata Kunci! Iklanmu jadi Lebih Gampang Ditemukan

UncategorizedDiperbarui 21 JanBaca 2 menit
top description

Kenali Fitur Baru, Fitur Jaminan Ready Stock untuk Power Merchant, Bebas Biaya!

UncategorizedDiperbarui 19 JanBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan