Memulai Bisnis Baru? Hindari Kesalahan Ini!

Kesalahan dalam Memulai Bisnis Baru – Memulai bisnis baru merupakan suatu langkah besar. Setelah itu kalian pasti bingung, langkah apa yang harus kalian tempuh untuk menjadikan bisnis kalian menjadi bisnis yang menjanjikan. Kalian juga pasti tergiur dengan kiprah pebisnis yang sukses. Sabar dulu, karena sebelum mereka meraih itu banyak rintangan dan halangan dalam prosesnya.

Banyak orang  tidak menyadari kesalahan kecil yang mempunyai dampak yang besar bagi bisnis mereka. Oleh karena itu, berikut ini kesalahan yang harus kalian hindari saat memulai bisnis yang akan kalian tekuni.

Cara Hindari Kesalahan dalam Memulai Bisnis Baru

  • Terjun kedalam bisnis yang bukan passion kalian

Jangan pernah kalian terjun kedalam bisnis yang tidak kalian terlalu suka. Banyak orang terjun ke dalam bisnis tersebut karena iming-iming hasil yang menjanjikan atau proses yang dilakukan dalam bisnis tersebut terlihat mudah. Ingat! Semua bisnis yang kalian akan tekuni tidak akan semudah kalian menjentikan tangan.

Semua butuh proses yang sulit untuk tercapainya hasil yang kalian inginkan. Kalau kalian tidak suka dengan bisnis tersebut dan menemukan rintangannya. Apakah kalian sanggup akan bertahan dalam bisnis tersebut?

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

  • Tidak mengenali produk atau jasa bisnis

Terlihat sepele memang, tapi tahukah kalian semakin kalian suka dengan bidang bisnis yang kalian tekuni akan semakin baik pula product knowledge yang akan kalian dapatkan. Jangan sepelekan produk yang akan kalian jual.

Kalian harus tahu betul bahwa produk kalian berbeda dari yang lain dan mempunyai kualitas terbaik. Dari sini kalian akan mengenali kompetitor yang akan kalian temukan dan rencana yang akan kalian tempuh untuk menjalani bisnis tersebut karena dari product knowledge kalian akan terpacu untuk lebih mengetahui keadaan bidang yang  akan kalian tekuni.

  •  Tidak memiliki rencana bisnis yang baik

Setiap kalian melakukan sesuatu, kalian pasti mempunyai rencana agar semua yang diharapkan tercapai bukan? Sama halnya dalam berbisnis. Setelah kalian mencari tahu apa saja masalah yang muncul dalam proses berbisnis, saatnya kalian sekarang membuat rencana untuk menghadapinya. Terlihat mudah bukan? Tapi tidak semudah itu. Kalian harus mempertajam insting kalian, kalian harus merencanakan ide-ide dan inovasi yang akan kalian gagaskan, kalian harus mengetahui pasar yang akan kalian tuju dan sistem pengoperasian bisnis kalian.

  •  Strategi pemasaran yang kurang tepat

Pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa bisnis kalian. Salah strategi pemasaran, kalian akan rugi dan barang kalian tidak akan terjual. Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.

Kalian bisa menggunakan sosial media seperti Instagram dan Twitter dengan kata-kata yang menarik sebagai pendekatan ke pasar sekaligus marketing. Kalian juga harus menjalin hubungan baik dengan pelanggan sehingga hubungan tersebut akan menguntungkan kalian.

Baca juga: Tentukan Target Pasar yang Sesuai dengan Fitur Statistik Toko

  • Tidak menetapkan laba dengan baik

Kalian mungkin takut memasang harga tinggi karena ingin meraih lebih banyak pembeli. Jika memang kalian percaya diri pada kualitas produk kalian, mengapa tidak menggapai segmen yang lebih sempit dengan kemampuan membeli yang lebih besar? Inilah pentingnya rencana bisnis. Kegagalan membuat rencana bisnis membuat kalian menjual produk dengan harga yang tidak layak, sehingga profit kalian pun macet.

  • SOP pada diri sendiri

SOP singkatan dari Standard Operating Procedure, maksudnya adalah kalian harus mempunyai ketegasan dalam diri sendiri. Kalian harus teguh dengan apa yang kalian lakukan. Banyak bisnis yang macet atau terbengkalai akibat kelalaian dan malas dalam mengurus bisnis tersebut.

  • SOP terhadap pegawai

Bagi kalian yang sudah mempunyai pegawai dalam perusahaan dan bisnis kalian, SOP terhadap pegawai sangat diperlukan. SOP terhadap pegawai sangatlah penting dalam berkembangnya suatu bisnis perusahaan. Pegawai kalian adalah ujung tombak kalian yang menyediakan jasa mereka untuk melayani pegawai kalian sehingga terjualnya produk kalian.

Kalian juga harus mengecek untuk peraturan-peraturan yang sudah kalian tetapkan sehingga bisnis kalian berkembang dengan baik dan mempunyai nama yang baik juga.

Sebelum kalian melangkah lebih, pikirkan dan pelajari baik-baik bidang bisnis kalian sehingga kalian tidak rugi atau kandas di tengah jalan. Fokuskan diri kalian ke hal-hal kecil, karena dari hal-hal kecil kalian akan aware dengan hal-hal yang lebih besar dalam berbisnis.

BUKA TOKO SEKARANG

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.