Cara Jitu Dapatkan Modal Usaha untuk Mulai Bisnis Bulan Ramadan

Modal Usaha Bulan RamadanBulan Ramadan sudah semakin dekat, Untuk anda yang ingin mencoba berbisnis, pastinya bulan Ramadan bisa jadi peluang untuk berbisnis.

Ide bisnis yang sudah ada pasti bisa terealisasi dengan baik karena adanya modal dan niat. Tapi seringkali kita mengurungkan niat untuk memulai karena keterbatasan modal. Tapi anda tidak boleh menyerah dulu! Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis di bulan Ramadan nanti. Yuk, simak cara mendapatkan modal usaha bulan Ramadan.M

Baca juga: Dapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

Cara Mendapatkan Modal Usaha Bulan RamadanPinjaman Modal usaha Online 

Pinjaman Modal usaha Online

Bank merupakan destinasi pertama setiap pelaku bisnis pemula maupun profesional dalam urusan mencari dana modal usaha. Namun, terkadang mengajukan pinjaman modal di Bank dianggap merepotkan, selain karena prosedur yang panjang, diperlukan juga jaminan untuk pinjaman modal yang Anda ajukan. Tapi, untuk yang sudah memiliki toko online di Tokopedia, Anda bisa memanfaatkan Mitra Toppers untuk mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha pada bulan Ramadan.

Lalu, bagaimana untuk yang belum memulai bisnis online di Tokopedia? Anda tetap bisa memanfaatkan layanan pinjaman online Tokopedia untuk dapatkan modal usaha dan memulai bisnis bulan Ramadan-mu di Tokopedia.

Pinjaman Mitra Toppers

Baca juga: Keuntungan dan Kekuranngan Pinjaman Modal Usaha dari Bank

Joint Venture

Bekerjasama dengan rekan, teman, atau saudara untuk merealisasikan ide bisnis bulan Ramadan bisa dilakukan dengan joint venture atau modal kolektif. Penghimpunan modal usaha Joint Venture tergolong cukup menguntungkan karena modal dan pekerjaan dibagi secara merata, termasuk pula kerugian yang ditanggung.

Ajak teman atau kerabat yang sudah anda percaya untuk menjalankan bisnis bersama. Sebelumnya anda perlu memiliki perencanaa yang jelas untuk menarik minat mereka. Dengan menjalankan bisnis bersama rekan, anda bisa berbagi keuntungan, hingga berbagi ide dan strategi dalam menjalankan bisnis. Dengan meminjam modal dari kerabat atau teman, cenderung lebih mudah karena tidak ada beban bunga, dan waktu pelunasannya sudah disepakati bersama.

Selain itu dengan gabungan modal dari anda dan modal bersama teman Anda, akan lebih banyak stok produk dan pastinya dapat berkembang dengan cepat. Apabila mengalami kerugian, kerugian juga dibagi dengan rekan bisnis anda.

Bekerja sama dengan cara ini juga terbagi menjadi dua pilihan, apakah teman Anda hanya ingin memberi modal lalu mendapatkan keuntungan, atau terjun langsung mengatur bisnis dengan Anda. Tentunya keduanya memiliki porsi berbeda untuk pembagian keuntungan.

Menjual Aset

Apabila Anda tidak memiliki tabungan pribadi namun memiliki aset perorangan seperti properti, tanah, emas, kendaraan, dan sebagainya, aset tersebut dapat dijual demi mendapatkan modal usaha online untuk memulai bisnis bulan Ramadan. Anda bisa memanfaatkan platform jual beli online Tokopedia untuk mempermudah penjualan aset yang dimiliki.

Manfaatkan Koneksi

Salah satu cara mendapatkan modal usaha bisnis di bulan Ramadan adalah dengan memanfaatkan koneksi yang Anda miliki. Mulai dari keluarga, sahabat, saudara, dan orang-orang terdekatmu bisa menjadi rekan bisnis pasif dimana mereka membantu memberikan pinjaman modal dan Anda yang menjalankan bisnis tersebut dengan pembagian keuntungan yang telah disepakati.

Crowdfunding

Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah crowdfunding, sebuah metode pendanaan online dimana pengguna internet secara sukarela. Tidak terbatas pada satu orang saja, crowdfunding tidak membatasi jumlah orang yang memberikan donasi. Sebagai timbal balik dari donasi mereka, Anda punya kewajiban untuk memberikan timbal balik berupa produk atau layanan dari bisnis bulan Ramadan yang Anda buat.

Menjual Barang Yang Tidak Terpakai

Anda dapat mendapatkan modal dengan menjual berbagai barang yang sudah tidak terpakai. Selain menjadi tidak mubazir, Anda bisa mendapatkan modal tanpa beban hutang. Anda bisa mengadakan garage sale, atau jika tidak mau membuang waktu dan tenaga, Anda bisa menjual barang-barang ini lewat Tokopedia.

Baca juga: Tips Mengatasi Banyaknya Order di Bulan Ramadan

Sebelum mengumpulkan modal, putuskan jenis usaha apa yang ingin Anda jalani dan rencanakan secara matang. Setiap bisnis membutuhkan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang serta rancangan pengelolaan dana modal yang baik demi keberlangsungan bisnis Anda. Yuk, mulai bisnis sekarang!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller