Aktifkan TokoCabang, Saatnya Jualan Auto-Santai Dilayani Tokopedia!

Semakin sukses bisnismu di Tokopedia, semakin bercabang pula masalah dan tantangan yang kamu hadapi. Misalnya ketika banyak pesanan datang, kamu atau admin tokomu akan mulai kewalahan membalas chat yang masuk. Banyak juga toko yang mulai dapat banyak pesanan dari luar kota, tetapi terkendala ongkos kirim yang mahal dan waktu pengiriman yang lama. Atau saking banyaknya stok produk, gudang jadi tidak terurus dan arus stok tidak terpantau dengan baik.

Apakah kamu mengalami banyak masalah seperti yang disebutkan di atas? Tenang saja! Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu pula berbisnis di Tokopedia. Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, gunakan TokoCabang!

Apa itu TokoCabang?

TokoCabang adalah layanan baru di Tokopedia yang bisa mempermudah Seller dalam proses penerimaan, pengemasan, pengiriman, hingga retur pesanan. Dengan menggunakan TokoCabang, Seller seolah memiliki toko bayangan di daerah lain sehingga bisa melayani pembeli dengan santai.

Keuntungan menggunakan TokoCabang

  1. Pengiriman jadi murah & cepat karena lokasi gudang tersedia di berbagai kota
  2. Stok produk selalu update dan lolos quality control (QC) Tokopedia
  3. Adanya admin yang stand by menjawab chat dari pembeli

Baca juga : Jangkau Lebih Banyak Pembeli di Berbagai Daerah dengan TokoCabang

Syarat dan Ketentuan mendaftar TokoCabang

Sebelum mengetahui syarat dan ketentuan mendaftar TokoCabang, kamu perlu mengetahui sebuah istilah yang dinamakan Red Zone. Red Zone adalah produk-produk yang wajib diperiksa oleh pihak Tokopedia sebelum diloloskan TokoCabang. Produk Red Zone terbagi dalam dua jenis, yakni Produk Bersyarat dan Produk Terlarang.

Produk Bersyarat merupakan produk yang mudah rusak (contoh: gelas), produk yang mengandung cairan (sampo), produk yang berdimensi besar (maksimal 40x28x28 cm).

Sementara Produk Terlarang merupakan produk yang sensitif terhadap suhu, produk dairy, produk farmasi, produk dengan bau menyengat, produk yang dilarang diperjualbelikan di Tokopedia, produk berbahan kimiawi, dan produk bernilai tinggi yang rawan dicuri.

Adapun ketentuan Seller/toko dan produk yang bisa didaftarkan di TokoCabang adalah sebagai berikut:

Cara daftar TokoCabang

  1. Pergi ke halaman Pusat Seller di sini. Kamu akan diarahkan ke halaman ‘TokoCabang’.
  2. Klik tombol ‘Ajukan Pendaftaran’.
  3. Isi data yang diperlukan untuk mendaftar TokoCabang. Jangan lupa baca Syarat dan Ketentuan-nya. Lalu, centang kotak kecil di bagian Syarat dan Ketentuan sebagai tanda persetujuanmu.
  4. Klik tombol ‘Ajukan Pendaftaran’.
  5. Tim TokoCabang dari Tokopedia akan menghubungimu untuk proses selanjutnya.
  6. Jika tokomu sudah resmi terdaftar sebagai TokoCabang, kamu bisa mengisi formulir Advance Shipping Notice (ASN) untuk mengirimkan produkmu ke gudang TokoCabang lain.
  7. Jika formulir sudah lengkap dan disetujui, produkmu siap dikirim deh ke gudang TokoCabang.

Tunggu apa lagi? Ayo daftar TokoCabang sekarang!

Yuk Daftar TokoCabang

 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller