Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan logistik
  2. Cegah Komplain Pengiriman dari Pembeli dengan Langkah Ini!

Cegah Komplain Pengiriman dari Pembeli dengan Langkah Ini!

Menunda mengirim produk akan membuat pembeli dan kurir kecewa lho.

Diperbarui 22 Sep Baca 2 menit

Hai! Pernahkah saat kurir datang untuk pick up barang tapi produk yang kamu serahkan ke kurir tidak sesuai request di awal? Menunda mengirim produk akan membuat pembeli dan kurir kecewa lho.

Jangan sampai kejadian tersebut terjadi padamu ya! Tidak hanya mengecewakan pembeli, banyak dampak negatif lainnya jika kamu sudah klik Request Pick Up namun barang tidak segera diberikan ke kurir.

Dampak barang tidak kunjung dikirim

  1. Pembeli merasa kecewa karena barang tidak kunjung datang. Selain berkali-kali bertanya denganmu, pembeli juga akan memberikan rating rendah pada ulasan produkmu.
  2. Beberapa mitra kurir memiliki SOP (Standard Operational Procedure) untuk membatalkan pick up atas permintaan yang tidak dapat dipenuhi dalam 3x24 jam. Jika resi dibatalkan pihak kurir, transaksimu akan otomatis batal dalam 2x24 jam kecuali dilanjutkan pengiriman menggunakan kurir lain (di mana untuk transaksi Bebas Ongkir akan dikenakan penalti). Apabila kamu adalah Official Store, ada kemungkinan kamu akan dikenakan penalti karena pembatalan order yang terjadi.

Langkah apa yang bisa kamu ambil untuk mencegah hal ini terjadi?

  1. Pastikan stok produk yang ada di etalase masih tersedia dan berada di gudang tempat penjemputan, sehingga pembeli tidak akan membeli barang kosong atau berpotensi perlu menunggu pengiriman dari gudang satu ke gudang lainnya.
  2. Cocokkan label pengiriman dengan order yang ada di menu “Siap Dikirim” untuk memastikan bahwa kamu sudah melakukan pengemasan seluruh transaksi.

article

article

3. Pastikan barang sudah siap dan sudah dikemas sebelum kamu klik request pick up

article

4. Lakukan rekap harian bersama pihak kurir, atas barang yang sudah diserahkan kepada pihak kurir dengan pesanan yang masih ada di tab “menunggu pick up” untuk memastikan semua pesanan sudah diproses. Caranya adalah dengan membandingkan nomor resi/bukti pengiriman dengan label pengiriman yang sudah tercetak dan dikirim

Ketika kurir datang, cocokkan orderan yang sudah diserahkan kepada pihak kurir dengan pesanan yang ada di tab “Menunggu pick up”. Caranya, bandingkan nomor resi/bukti pengiriman dengan nomor yang ada di label pengiriman.

article

5. Jika masih ada paket yang memiliki status “menunggu pick up”, cek bukti pengiriman/ serah terima paket yang diberikan oleh pihak kurir. Jika ternyata kamu belum pernah memberikan paket ke pihak kurir, segera kemas paketmu untuk dikirimkan. Dan infokan ke pembeli bahwa paket masih dalam proses agar pembeli tidak komplain.

Info lengkap mengenai kurir yang melakukan layanan Pick-up ada di sini.

Apakah informasi ini membantu?

Ya
Tidak

Artikel Terkait

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual