Mudahnya Buat Diskon Toko Khusus Official Store

Atur diskon produkmu dengan fitur Diskon Toko

Hai, Seller! Memberikan diskon atau promo kepada pembeli adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik pembeli berbelanja di tokomu. Selain menyediakan Bebas Ongkir, khusus Official Store, kamu juga bisa memberikan diskon per produk melalui fitur Diskon Toko. Dengan fitur Diskon Toko, kamu bisa membuat strategi dan mengelola potongan harga sesuai kebutuhan toko supaya performa penjualan di tokomu makin meningkat.

Baca juga: Upgrade toko jadi Official Store

Temukan panduan lengkap pengaturan fitur Diskon Toko di artikel ini.

  1. Cara membuat diskon per produk
  2. Cara membuat diskon ke banyak produk sekaligus
  3. Cara mengubah stok diskon per produk
  4. Cara mengubah stok diskon ke banyak produk sekaligus

Kemudahan yang didapatkan dari fitur Diskon Toko

Berikut adalah 8 kemudahan yang bisa kamu dapatkan dari fitur Diskon Toko:

  1. Bebas mengatur diskon per produk dalam bentuk harga akhir diskon atau persentase diskon tanpa perlu ikutan Flash Sale terlebih dahulu.
  2. Pengaturan harga bisa lebih bervariasi dengan pilihan mengatur harga diskon sekaligus untuk semua varian produk atau selektif per varian produk.
  3. Dapat mengatur jumlah produk yang dijual dengan mengatur kuota per produk dan kuota maksimum produk diskon yang dapat dibeli per invoice.
  4. Dilengkapi fitur Alokasi Stok Produk yang dapat memantau jumlah stok utama produk dan stok produk Diskon Toko.
  5. Pengaturan diskon langsung ke banyak produk lebih praktis dengan mengunggah file csv yang sudah kamu buat.
  6. Dapat mengatur diskon potongan harga yang berbeda dengan harga Flash Sale dalam waktu bersamaan. Namun, jika kamu mengatur diskon dalam waktu bersamaan, maka prioritaskan Flash Sale terlebih dahulu ya, sehingga status diskon produkmu pada halaman pengaturan diskon akan menjadi ‘Dialihkan’.
  7. Dapat gunakan filter ‘Semua Etalase’ untuk membantu kamu menemukan produk-produk mana yang akan diberi potongan harga.
  8. Dapat gunakan filter ‘Semua Status’ untuk mengetahui produk-produk dengan diskon berstatus ‘Aktif’ atau ‘Akan Datang’.

Yuk atur diskon untuk produkmu sekarang!

Cara membuat diskon per produk dengan fitur Diskon Toko

Berikut panduan membuat diskon dengan fitur Diskon Toko

1. Masuk ke ‘Iklan dan Promosi’ lalu pilih ‘Diskon Toko’ atau akses langsung di sini tokopedia.com/pengaturan-diskon

2. Klik ‘Atur Diskon’ pada produk yang ingin kamu beri diskon

Di halaman ‘Diskon Toko’, kamu bisa melihat produk dengan status produk ON atau OFF. Jika kamu ingin mengatur diskon pada produk yang OFF, kamu harus sudah mengubah status produk menjadi ON di halaman ‘Daftar Produk’ seperti pada gambar di bawah ini.

3. Pada halaman ‘Atur Diskon’, isi harga, persentase (%) diskon, kuota produk untuk Diskon Toko, dan maksimum kuantitas pembelian. Isi periode diskon tanggal mulai dan berakhir. Produk varian dengan stok kosong tidak akan muncul di halaman ‘Atur Diskon’. Untuk memunculkan produk varian tersebut di halaman ‘Diskon Toko’ pastikan stok utama produk varian tersebut lebih dari 0. Setelah selesai, klik ‘Simpan’.

4. Setelah kamu berhasil mendaftarkan produkmu untuk Diskon Toko, status produk di halaman Diskon Toko akan berubah menjadi ‘Akan Datang’.

Perlu diketahui, saat kamu sudah menyimpan Diskon Toko, kuota produk Diskon Toko akan mengurangi stok utama produkmu. Apabila kamu mengalokasikan semua stok utama ke Diskon Toko, maka stok utama produkmu akan menjadi 0 dan status produkmu menjadi OFF, sehingga produk tidak dapat dijual di luar periode Diskon Toko. 

Namun jangan khawatir, jika kamu ingin berjualan di luar periode Diskon Toko kamu tetap bisa menambahkan stok utama produkmu melalui halaman ‘Daftar Produk’.

Baca juga: Cara Tambah Produk Sekaligus Pakai Fitur Tambah Sekaligus

Cara membuat diskon ke banyak produk sekaligus

Selain bisa membuat harga diskon per produk seperti panduan di atas, kamu juga bisa membuat harga diskon ke banyak produk sekaligus. Pelajari panduannya berikut ini.

1. Klik ‘Impor Produk Diskon’ pada Halaman Diskon Toko

2. Download template dengan klik ‘Unduh Template’

3. Buka dokumen spreadsheet di desktop kamu lalu isi atribut produk, seperti produk URL, harga diskon atau persentase diskon, kuota, serta periode diskon, dll

Ketentuan saat mengisi atribut produk:

  1. Masukkan URL masing-masing produk yang terdapat pada halaman produk Tokopediamu
  2. Untuk produk varian mohon masukkan URL per variannya
  3. Isian untuk ‘Harga Diskon’ harus berupa angka biasa, tidak perlu menggunakan format apa pun, contoh: harga akhir diskon produkmu adalah Rp50.000, pada kolom ‘Harga Diskon’ kamu cukup tulis 50000
  4. Cukup isi salah satu untuk kolom ‘Harga Diskon’ atau ‘Persentase Diskon’
  5. Masukkan kuota diskon (minimum 1 dan maksimum 10000)
  6. Jika kolom kuota dikosongkan, sistem akan membaca semua stok utama dialokasikan untuk Diskon Toko
  7. Pastikan maksimum order per invoice tidak 0 (kosong) dan tidak lebih kecil dari minimum order per invoice
  8. Gunakan format tanggal Hari/Bulan/Tahun, contoh: 03/12/18
  9. Gunakan format waktu 24 jam, contoh: 09:00, 12:00, 21:00, 23.59, 00:00
  10. Pastikan waktu mulai lebih awal dari waktu berakhir.
  11. Pastikan format dokumen yang akan diupload adalah text CSV (.csv)

4. Setelah atribut produk selesai diisi, cek kembali dan unggah file tersebut dengan klik ‘Unggah File’ lalu klik ‘Impor File’.

Setelah kamu berhasil mendaftarkan produkmu untuk Diskon Toko, status produk di halaman Diskon Toko akan berubah menjadi ‘Akan Datang’.

Perlu diketahui, saat produk sudah dijadwalkan memiliki diskon, kamu akan melihat fitur ‘Atur Alokasi’ di halaman ‘Daftar Produk’ yang akan membantu kamu memantau jumlah distribusi stok untuk produk utama maupun stok produk Diskon Toko (kuota).

Baca juga: Fitur Alokasi Stok! Langkah Mudah Pantau Stok Produk untuk Diskon Toko

Mudah kan Seller? Selama periode diskon belum dimulai, kamu bisa melakukan perubahan pengaturan lain, seperti mengatur jumlah kuota, jumlah produk, dan jumlah pembelian minimal. 

Cara mengubah stok diskon per produk

Kamu juga dapat mengubah stok diskon atau kuota yang sudah diatur melalui fitur Diskon Toko. Namun perlu diperhatikan, pengubahan stok diskon hanya berlaku pada produk dengan status diskon ‘Akan Datang’, ya. 

Pelajari panduannya berikut ini.

1. Klik ‘Ubah Diskon’ pada produk yang ingin kamu ubah di Halaman Diskon Toko

2. Isi harga, persentase (%) diskon, kuota produk untuk Diskon Toko, dan maksimum kuantitas pembelian sesuai yang ingin kamu ubah. Setelah selesai, klik ‘Simpan’

3. Produk berhasil kamu ubah, kuota akan mengurangi stok utama sesuai perubahanmu yang baru

Cara mengubah stok diskon ke banyak produk sekaligus

Berikut adalah panduan jika kamu ingin merubah stok diskon ke banyak produk secara sekaligus.

1. Klik ‘Impor Produk Diskon’ pada Halaman Diskon Toko

2. Buka dokumen spreadsheet di desktop lalu ubah kuota diskon yang diinginkan. Pastikan tidak melebihi jumlah total stok utama produk ditambah kuota diskon produk sebelumnya

3. Setelah atribut produk selesai diisi, cek kembali dan unggah file tersebut dengan klik ‘Unggah File’ lalu klik ‘Impor File’

4. Produk berhasil kamu ubah. Kuota akan mengurangi stok utama dengan perubahanmu yang baru

 Nah, mudah kan Seller? Yuk, atur diskon produkmu dengan fitur Diskon Toko sekarang.

Atur Diskon Sekarang

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller