Begini Lho Cara Jitu Sebar Broadcast Chat Tepat Sasaran!

Pesan akan langsung sampai ke calon pembeli

Hai Seller, mau kirim pesan promosi dengan efektif ke banyak pengguna Tokopedia? Broadcast Chat solusinya!

Broadcast Chat adalah fitur promosi tepat sasaran dengan cara mengirim informasi toko seperti produk atau promosi langsung ke inbox chat pembeli. Penasaran informasi lengkap mengenai Broadcast Chat? Simak dulu video di bawah ini!

Masih butuh penjelasan lengkapnya? Gampang! Simak informasinya di bawah ini!

Kata Seller tentang fitur Broadcast

“Awalnya saya coba pakai Broadcast Chat karena ada gratisan dari Tokopedia, ternyata sangat signifikan kenaikan penjualan saya. Lalu, waktu ada campaign Tokopedia, saya coba pasang Rp100,000 yang saya imbangi dengan TopAds. Ternyata total transaksi saya hingga puluhan juta,” Kelvin Chandra, pemilik toko Tru Goods.

Tampilan Baru Broadcast Chat yang diterima pengguna Tokopedia

Kini tampilan pesan Broadcast Chat yang diterima oleh calon pembeli memiliki perubahan lho. Jadi, calon pembeli lebih mudah untuk mengunjungi toko dan produkmu. Berikut tampilan terbaru Broadcast Chat ke calon pembeli.

Keunggulan Broadcast Chat

1. Cepat dan mudah digunakan

Cukup 4 langkah untuk promosi: upload banner, tulis pesan, atur penerima pesan, lalu kirim.

2.Bebas kirim pesan yang lebih personal

Seller bisa sebarkan pesan promosi langsung ke inbox calon pembeli.

3. Meningkatkan potensi penjualan

Penerima pesan bisa langsung klik banner untuk mengunjungi toko & belanja

3 jenis target penerima Broadcast Chat

  1. Followers: Semua pengguna aktif yang telah mengikuti tokomu.
  2. Pembeli potensial: Semua pengguna yang pernah mengunjungi toko atau memasukkan produkmu ke wishlist/keranjang, serta semua pengguna yang pernah mengunjungi atau berinteraksi dengan tokomu (melalui chat dan diskusi).
  3. Pelanggan: Semua pengguna yang udah pernah belanja di tokomu (walaupun tidak mengikuti toko)

Cara masuk ke halaman Broadcast Chat

Seller, kini kamu bisa membuat pesan promosi Broadcast Chat di beberapa lokasi  yang ada di Halaman Tokopedia Seller lho.

1. Melalui halaman Chat, kamu tinggal buka Halaman Chat lalu klik ikon Speaker 2. Melalui Halaman Iklan & Promosi, kamu tinggal buka Halaman Iklan dan Promosi lalu klik ‘Broadcast Chat’ 3. Dan yang terbaru, pada halaman Daftar Produk. Buka Halaman Daftar Produk kamu, lalu klik ‘Atur’ pada produkmu, lalu klik ‘Buat Broadcast Chat’. 4. Setelah muncul pop up, klik ‘Buat Sekarang’

Cara menggunakan fitur Broadcast Chat via Desktop

1. Setelah kamu memilih salah satu lokasi masuk ke halaman Broadcast Chat, kamu akan diarahkan ke Halaman Broadcast Chat seperti di bawah ini.

2. Buatlah pesan dengan cara upload banner promosi, Label Chat, pilih link banner dan isi pesan.

3. Kamu juga dapat menambahkan Produk dan Voucher Toko di Broadcast Chat. 4. Atur Target Penerima Broadcast Chat. Kamu dapat memilih Follower Toko, Pembeli Potensial, maupun Pelanggan. 5. Atur Biaya sesuai dengan budget promosi toko-mu. Jika kamu mendapatkan kuota gratis Broadcast Chat maka secara otomatis slider akan berada di kuota gratis kamu. 6. Sebelum dikirim ke calon pembeli, cek kembali biaya dan jumlah target di Ringkasan Broadcast. Jika sudah sesuai, kamu bisa langsung klik kirim pesan. Nah, mudah kan Seller? Setelah memahami cara membuat pesan tepat sasaran Broadcast Chat, kini kamu perlu membuat konten yang menarik agar pembeli langsung klik Broadcast Chat dari kamu ya.

Baca juga: Tips Membuat Konten Broadcast Chat yang Menarik

Kapan waktu yang tepat untuk mengirim Broadcast Chat?

1. Periode gajian

Periode gajian membuat pembeli memiliki daya beli lebih sehingga mereka akan lebih tertarik belanja. Di Indonesia, periode gajian berada di antara tanggal 25 hingga 5. Di periode ini, cobalah kirim Broadcast Chat ke Follower dan Pembeli Potensial, yakni golongan target penerima yang lebih mudah diajak belanja karena memang sudah tertarik dengan produkmu. Harapannya, mereka akan checkout lebih dari satu produk.

2. Periode promo toko dan launching produk baru

Ada produk baru dan Voucher Toko tapi transaksi gak kunjung bertambah? Mungkin karena belum banyak yang tau soal promo atau produk baru tokomu. Kasih tau aja infonya ke semua target penerima lewat Broadcast Chat.

3. Saat ada promo Tokopedia

Lagi ada momen spesial atau promo besar-besaran di Tokopedia? Jangan sia-siakan kesempatan emasnya, karena bakalan banyak yang akan buka aplikasi untuk dapetin diskonnya! Begitu ada promo terbaru dari Tokopedia, segera tawarkan produk unggulan di tokomu ke seluruh target penerima melalui Broadcast Chat.  Gimana, udah paham cara lengkap untuk promosi tepat sasaran? Segera siapkan Broadcast Chat-mu sekarang juga!

COBA BROADCAST CHAT

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller