Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Perizinan
  2. Lindungi Pembelimu dengan Tidak Klaim Khasiat Berlebihan

Lindungi Pembelimu dengan Tidak Klaim Khasiat Berlebihan

Ketentuan penulisan klaim khusus produk Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan (OTSK)

Diperbarui 13 May Baca 1 menit

Hai, Seller Tokopedia!

Apakah kamu termasuk Seller yang menjual Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan (OTSK)? Ternyata ada ketentuan khusus dalam menjual produk ini, lho. Salah satunya adalah memberikan informasi yang benar terkait khasiat produk tersebut, sehingga tidak menimbulkan klaim berlebihan dan membuat produkmu berisiko ditarik dari peredaran.

Hal ini sejalan dengan Peraturan BPOM No. 32 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan BPOM No. 8 Tahun 2020 tentang Pengawasan Obat dan Makanan yang Diedarkan Secara Daring. Dalam peraturan tersebut, penjual dan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) wajib menjamin sistem elektronik yang digunakan untuk menginformasikan secara benar mengenai data dan/atau informasi yang dicantumkan pada penandaan/label produk, termasuk OTSK.

Yuk, jualan produk OTSK di Tokopedia!

​Seller, keunikan OTSK adalah produknya bebas diperjualbelikan, namun penggunaannya harus mengikuti aturan pakai agar aman dikonsumsi. Konsumen perlu mengetahui informasi produk yang lengkap agar dapat memutuskan secara pasti dalam memilih dan membeli produk. Selain itu, penting bagi Seller untuk meningkatkan pemasaran produk melalui kreativitas dan promosi agar konsumen lebih tertarik membeli produk OTSK di tokomu.

Kamu bisa memulainya dengan membangun brand serta fokus pada kualitas dan layanan tokomu. Hal ini dilakukan agar dapat menarik perhatian konsumen untuk berbelanja di tokomu. Toko dengan branding dan pelayanan yang baik dapat meningkatkan kredibilitas, lho. 

Baca juga: Semua tentang Brand Identity yang Perlu Kamu Ketahui
Baca juga: Tingkatkan Review Positif Toko Anda dengan 5 Langkah Mudah Ini

Untuk menjaga kualitas dan kredibilitas produk OTSK yang kamu jual, pastikan bahwa produk tersebut dijual serta diterima oleh konsumen dalam keadaan baik, tidak rusak, dan belum kadaluarsa. Seller juga wajib untuk memastikan keamanan, mutu, dan khasiat produk melalui perizinan edar BPOM untuk produk OTSK.

Supaya tidak lupa, kamu bisa gunakan rumus Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa). Produk dan layanan toko yang berkualitas berpotensi meningkatkan transaksi di tokomu, lho.

Perhatikan pula saat melakukan promosi/iklan terkait produk OTSK pada sistem elektronik, media sosial, dan media online lainnya—semua harus sesuai ketentuan. Tujuannya adalah untuk melindungi konsumen dari risiko produk online yang tidak aman, tidak berkhasiat/bermanfaat, dan tidak bermutu.

Selain itu, dengan mengikuti ketentuan, Seller juga bisa terlindungi dari berbagai hal yang tidak diinginkan, lho. Oleh karena itu, yuk simak baik-baik ketentuan di bawah ini:

article

Penting! BPOM tidak pernah memberi izin produk OTSK terkait dengan COVID-19

Seller, perlu diingat bahwa hingga saat ini BPOM tidak pernah memberikan izin terhadap klaim produk OTSK untuk pencegahan dan pengobatan COVID-19. Nah, agar produkmu tidak berisiko ditarik dari peredaran karena memiliki klaim yang berkaitan dengan COVID-19, hindari hal-hal berikut ini:

  1. Klaim untuk cegah, atasi, obati, lawan, tangkal, atau sebagai antivirus COVID-19
  2. Memuat testimoni khasiat/kesembuhan dari COVID-19
  3. Diperankan oleh tenaga kesehatan atau menampilkan seseorang dengan atribut profesi kesehatan
  4. Adanya garansi khasiat/kesembuhan, misalnya sembuh dalam waktu 15 hari

Klaim bersifat berlebihan dan mengarah ke hoaks seperti di atas tidak hanya berlaku untuk COVID-19, tetapi juga penyakit lainnya. Selain di label/kemasan produk, Seller juga dihimbau agar tidak mencantumkannya pada nama, foto, hingga deskripsi produk di halaman produk Tokopedia Seller.

Agar lebih jelas lagi, yuk simak contohnya di bawah ini:

1. Sesuai ketentuan

article

2. Tidak sesuai ketentuan

article

Jadi, apa yang harus diperhatikan sebelum mengisi halaman produk?

1. Pastikan produk yang kamu jual mempunyai NIE.

2. Perhatikan dan cermati informasi yang tercantum di kemasan produk yang mau kamu jual. Cek KLIK di kemasan asli produknya, misalnya informasi tentang klaim khasiat produk, aturan pakai, dan peringatan perhatiannya.

3. Informasi pada kemasan bisa kamu tulis di deskripsi produk. Tapi pastikan informasi yang kamu tulis itu sama dan tidak ditambah atau dilebih-lebihkan sendiri, ya.

4. Berikut adalah informasi yang bisa kamu tulis di deskripsi produk:

  • Nama produk
  • NIE produk
  • Klaim produk
  • Aturan pakai
  • Peringatan perhatian
  • Kadaluarsa produk
  • Informasi lainnya sesuai kemasan penandaan produk

5. Pastikan klaim produk OTSK disesuaikan dengan izin edar produkmu di BPOM. Berikut contoh kalimat klaim kegunaan yang disetujui BPOM pada produk OTSK:

  • Membantu memelihara daya tahan tubuh
  • Membantu memelihara kesehatan
  • Membantu mengurangi lemak tubuh
  • Membantu memelihara stamina pria

Semoga informasi ini membantu, ya, Seller. Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait tata cara menuliskan klaim dalam promosi/beriklan produk OTSK, kamu bisa kontak Call Center BPOM di bawah ini:

Instagram: @jawara_bpom

Chat (WhatsApp): 081283913538

Laman: https://ditwasotsk.pom.go.id/

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Lindungi Pembelimu dengan Tidak Klaim Khasiat Berlebihan

PerizinanDiperbarui 13 MayBaca 1 menit
top description

Seller Wajib Tahu: Jualan Pangan Olahan Terkemas Lebih Aman dengan Mendaftar SPP-IRT

PerizinanDiperbarui 21 AprBaca
top description

Catat, Regulasi Penjualan Benih Sawit di Tokopedia, Pastikan Berizin Resmi

PerizinanDiperbarui 24 MarBaca 1 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual