Tips Sukses Berbisnis Bersama Teman

Bisnis Bersama Teman – Membuat bisnis bersama teman tentu terlihat mudah dan menyenangkan. Selain karena mengenal satu sama lain, teman mungkin sudah tahu apa kekurangan kita. Berdiskusi, rapat, atau menentukan strategi bisnis pasti berjalan lebih santai dan mulus.

Namun, terlepas dari itu semua, tak jarang bisnis bareng teman gagal dan berhenti begitu saja. Kalau kamu adalah salah satu orang yang berencana membangun bisnis bersama teman, pisahkanlah hubungan pribadi dengan pekerjaan. Jadilah profesional sehingga bisnis bisa berkembang dan tidak mengikuti ego masing-masing.

Selain hal tersebut, berikut ini adalah 7 tips bisnis bersama teman dan bagaimana cara memilih teman sebagai mitra bisnis. Yuk, kita simak!

Tips Bisnis Bersama Teman

  • Adanya Perjanjian Tertulis

Perjanjian tertulis atau kontrak kerja sangat penting kamu buat. Terlepas apakah mitra bisnis adalah teman atau bukan, tetap susun perjanjian kerja sama hitam di atas putih. Pembuatan kontrak kerja sangat bermanfaat untuk mencegah sengketa bisnis di masa depan. 

Dengan perjanjian tertulis ini pula kamu akan memiliki acuan dasar bila sesuatu terjadi pada bisnismu. Aturlah secara rinci baik jabatan, teknik pengambilan keputusan, dan pikirkan segala kemungkinan terburuk. Walau kelihatannya sepele, perjanjian kerja sangat penting dan pasti akan berguna suatu saat nanti. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Partner Bisnis

  • Satukan Persepsi

Persepsi dalam konteks ini adalah visi dan misi perusahaan. Kedua aspek ini sangat penting karena menyangkut perkembangan bisnis yang sedang dan akan kamu jalani. Buatlah visi yang jelas dan selaras antara kamu dan temanmu. 

Visi dan misi juga akan menentukan tujuan bisnis serta cara mencapainya. Dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan, kalian bisa lebih kompak dan mudah dalam mengambil keputusan terutama yang menyangkut masa depan bisnis. 

  • Transparan dan Percaya

Kepercayaan adalah hal paling penting dalam berbinis. Kepercayaan tidak dinilai dari ucapan saja tapi juga dengan transparansi dalam segala hal. Kamu harus terbuka dan jujur dalam menyampaikan pendapat serta alasan dalam mengambil sebuah keputusan. 

Jangan buat mitra bisnis curiga dari ide atau keputusan yang kamu ambil. Transparansi juga penting kamu terapkan dalam setiap pelaporan keuangan bisnis, operasional mingguan, dan lain-lain. Bila kalian sudah saling percaya dan transparan satu sama lain, maka bisnis pasti akan baik-baik saja. 

Baca Juga: 6 Cara Kembangkan Bisnis Online

  • Jangan Termakan Ego

Berdebat saat diskusi adalah hal biasa asal dilakukan untuk kepentingan perusahaan bukan ego masing-masing. Banyak perdebatan yang berakhir dengan permusuhan karena tak ada yang mau mengalah satu sama lain. Ingatlah untuk mengutamakan kepentingan bersama demi tercapainya tujuan bisnis. 

Bila ide memang kurang baik, jangan lanjutkan perdebatan karena gengsi. Turunkan ego dan pilihlah ide terbaik semata-mata untuk kemajuan bisnis. Dengan sifat mau mengalah dan berpikir rasional dalam mengambil keputusan, akan membuat bisnis berkembang dan jadi lebih baik.

  • Tentukan Rasio Untung Rugi

Kalau kamu belum menentukan rasio pembagian untung dan rugi maka siap-siap saja jika bisnis berhenti tengah jalan. Saat bisnis mengalami keuntungan tentukan rasio bagi hasilnya apakah sesuai persentase modal atau indikator lain. 

Tidak hanya keuntungan, kerugian juga harus ditentukan bersama. Jangan sampai ketika bisnis mengalami kerugian, satu pihak tidak menerimanya. Maka itu, alian perlu membuat kontrak kerja saat membangun bisnis bersama. 

Baca juga: 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif

  • Buat Komitmen

Selain percaya dan memiliki sikap transparan, kamu dan mitra bisnis-mu harus komitmen satu sama lain. Komitmen harus konsisten dan terus dipertahankan saat bisnis sedang berjalan. Kalian harus sepakat dan menandatanganinya dalam kontrak tertulis. 

Kalau kalian sudah komit untuk memajukan bisnis bersama-sama, maka kontrak tertulis hanya akan menjadi formalitas belaka saja. Karena pada dasarnya, komitmen lebih penting ketika kamu terapkan dalam kegiatan bisnis sehari-hari bukan hanya tertulis dalam kontrak kerja. 

  • Pembagian Tugas

Saat membangun bisnis, kamu dan mitra bisnis-mu harus membagi tugas secara jelas. Tugas harus sesuai dengan kemampuan sehingga bisa maksimal dan memajukan perusahaan. Bila kamu ahli dalam keuangan, maka uruslah arus kas dan projeksikan keuangan perusahaan. Tetap transparan sehingga kamu dan temanmu bisa saling percaya satu sama lain. 

Bila kalian sudah mengetahui kemampuan masing-masing, transparan, dan saling percaya, maka bisnis bisa berjalan dengan ringan. Selain itu, keputusan pun bisa diambil dengan cepat karena kalian sudah membagi tugas dan percaya akan tanggung jawab masing-masing. 

Baca Juga: Cara Pintar Bangun Relasi dengan Pembeli

Itu dia tips berbisnis bersama teman. Saling percaya, tidak ego, bertindak sesuai rasio, komitmen, dan bersikap profesional adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sehingga bisnis bisa tetap berjalan dalam jangka panjang. Bisnis bersama teman akan sangat menyenangkan dan mudah bila kamu melakukan tips-tips simple di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya! Jangan lupa kunjungi Pusat Seller Tokopedia untuk melihat tips berjualan lainnya!

Belum memiliki toko untuk berbisnis bersama temanmu? Yuk, buka toko di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller