Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Materi #SIAPULTAH Tokopedia
  2. Materi 5: Bikin Calon Pembeli Lebih Yakin dengan Video Review Produk

Materi 5: Bikin Calon Pembeli Lebih Yakin dengan Video Review Produk

Promosi dengan video review dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang produk. Simak caranya yuk!

Diperbarui 02 Aug • Baca 3 menit

Hai Seller! Kami mau bagi-bagi tips untuk menarik calon pembeli di momen Ulang Tahun Tokopedia dengan cara yang lebih efektif dan efisien, nih. Kali ini, kami akan bagikan trik mengoptimalkan video review produk dari tokomu.

Video review produk dianggap efektif dan efisien karena dapat memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap sebuah produk. Hal tersebut didukung data yang dilansir dari Smartinsights.com yang mengungkapkan bahwa pada tahun 2020, 92% pemasar mengatakan bahwa video memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran. Angka ini meningkat secara signifikan jika dibandingkan pada 2015 yang hanya mencapai 75% saja.

Selain itu, pesan yang ingin kamu sampaikan juga dapat lebih mudah diterima oleh calon pembeli kamu. Namun, ada beberapa faktor yang membuat promosi dengan video review produk berhasil. Langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

1. Buat konsep dan naskah review produk

Video review produk yang membahas setiap detail tentang produk dapat diolah menggunakan berbagai konsep lho. Konsep yang unik memiliki beberapa fungsi. Pertama, calon pembeli jadi lebih tertarik untuk mencari tahu keunggulan produk kamu, karena dapat dilakukan dengan hanya menonton video review. Kedua, pesan yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan tepat karena penjelasan yang diberikan juga diikuti dengan visualisasi yang pas sehingga mengurangi kemungkinan miskomunikasi.

article

Setelah menyiapkan konsep video review produk, kamu bisa lanjut menyiapkan naskahnya, nih. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat akan membuat naskah video review, di antaranya adalah:

  1. Berikan informasi tentang permasalahan yang dapat diselesaikan dengan produk kamu.
  2. Mengenalkan produk dan deskripsinya secara jelas.
  3. Tentukan gaya bahasa yang sesuai dengan pembeli di tokomu. Kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang santai biar penonton kamu nggak cepat bosan.
  4. Buat storyboard atau panduan gambar untuk mencocokkan antara teks dengan visualisasi yang muncul.

Bagaimana? Proses pembuatan konsep dan naskah video review produk sebenarnya seru lho. Siap untuk mencobanya, Seller?

2. Fokus dengan keunggulan dan fitur utama produk

Dalam membuat video review produk untuk menyampaikan pesan secara efisien dan efektif, kamu bisa langsung fokus pada fitur-fitur utama produk kamu. Ini adalah bagian kunci untuk memberitahu khalayak bahwa produk kamu bermanfaat. Coba deh mulai dengan masalah-masalah yang bisa diatasi dengan produk kamu. Lalu lanjutkan dengan menyebutkan fitur-fitur utama lainnya yang membuat produk kamu ini layak dibeli.

Dalam mempromosikan fitur-fitur produk, ada baiknya jika kamu tidak membandingkannya dengan produk serupa lainnya. Karena tanpa disadari hal ini justru dapat memberikan ruang promosi produk lainnya nih. Masih ingin menggunakan metode perbandingan sebagai pendekatannya? Bisa kok, tapi kami sarankan, gunakan perbandingan yang menunjukkan bagaimana hasil dari sebelum dan sesudah menggunakan produk kamu ya.

article

3. Berikan kualitas gambar dan suara yang terbaik

Saat membuat video review produk tentu kualitas gambar dan suara juga harus kamu prioritaskan. Lewat kualitas video dan suara yang mumpuni, pesan-pesan yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan baik oleh penonton. Nah, kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas gambar dan suara dari video kamu? Simak tipsnya berikut ini ya!

article

4. Peragakan penggunaan produk

Dengan memperagakan penggunaan produk secara langsung, calon pembeli bisa mendapat gambaran yang lebih jelas tentang produk kamu. Nah, biar hasilnya maksimal dan dapat diterima dengan baik oleh calon pembeli, coba deh ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Mulai dengan membuka produk dari kemasannya.
  2. Tunjukkan keseluruhan bagian produk dari berbagai sisi.
  3. Samakan antara narasi yang dibacakan narator dengan visualisasi dari tahap-tahap yang diperagakan.
  4. Tunjukkan before vs after penggunaan produk.
  5. Kamu juga bisa melengkapinya dengan tips cara penyimpanan atau perawatan di bagian akhir.

Wah, video kamu akan jadi video yang informatif dan pastinya penonton pun betah menontonnya karena dilengkapi dengan berbagai informasi penting dari awal sampai akhir. Coba praktikkan deh, Seller!

5. Jangan lupa ajak penonton untuk membeli produk yang kamu promosikan

Nah, di bagian akhir video, kamu bisa menambahkan ajakan atau persuasi agar para calon pembeli yang sudah menonton videomu membeli produk kamu. Kamu bisa memulainya dengan memunculkan rasa butuh dalam diri calon pembeli sebelum mengajak pembeli menentukan pilihannya.

Contoh kalimat persuasif yang efektif:

  1. Jaga terus kesehatanmu dengan mencukupi kebutuhan vitamin sehari-hari. Yuk lengkapi nutrisi dengan Vitamin ACDE!
  2. Pastikan kamu selalu menggunakan masker ke manapun ya, untuk masker yang aman dan nyaman kamu bisa menggunakan Masker Maskur 4 Ply!
  3. Kamu bisa lho dukung produk lokal biar makin terkenal, yuk langsung cek Tokopedia Bangga Buatan Indonesia buat tahu produk-produk lokal terbaik!

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat video review produk yang menarik sekaligus informatif buat para calon pembeli. Dengan video review produk yang informatif, kamu sudah meningkatkan kecepatan proses pembuatan keputusan yang pembeli lakukan sebelum membeli produk kamu.

Untuk tahu cara meng-upload video review produk, cek artikel “Tips Membuat Video Produk Yang Memikat Pembeli!” ya. Yuk langsung tambah video review produkmu di Halaman Produk sekarang juga!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Materi 1: Tips Bikin Produk Menarik dan Langsung Diklik Pembeli

Materi #SIAPULTAH TokopediaDiperbarui 02 AugBaca 5 menit
top description

Materi 2: Bikin Pembeli Nyaman & Tertarik Belanja dengan Atur Tampilan Tokomu

Materi #SIAPULTAH TokopediaDiperbarui 02 AugBaca 3 menit
top description

Materi 3: Tips Menarik Minat Pembeli dari Media Sosial

Materi #SIAPULTAH TokopediaDiperbarui 02 AugBaca 1 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual